Biar Aman, Begini Cara Pesan Tes GeNose dan Tiket Kereta Online

Telset.id – Salah satu syarat untuk melakukan perjalanan jauh adalah dengan tes swab maupun GeNose. Untungnya, jika Anda ingin bepergian menggunakan kereta api dan pesan tiket lewat aplikasi KAI Access, Anda bisa sekaligus membayar biaya tes GeNose.

Ketika Anda melakukan pemesanan dan pembayaran tiket kereta api di KAI Access, Anda pun dapat membayar biaya tes GeNose juga. Berkat kemudahan ini, pengguna dapat melakukan perjalanan jauh dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru bisa dilakukan di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen. KAI Access berkomitmen untuk menghadirkan fitur tersebut ke stasiun-stasiun lain secara bertahap.

{Baca juga: Kemenristek Kembangkan Alat Deteksi Covid-19 Lewat Nafas}

Nah, berikut ini tim Telset akan memberikan informasi lengkap mengenai cara pesan dan bayar tiket kereta api sekaligus tes GeNose menggunakan aplikasi KAI Access. Yuk disimak!

Apa Itu Tes GeNose?

Tes GeNose adalah salah satu cara untuk deteksi Covid-19 yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Tes ini menggunakan hembusan nafas dari mulut untuk mendeteksi virus corona. Tes GeNose sudah menjadi salah satu syarat sebelum naik kereta api sejak 5 Februari 2021.

Hal ini merujuk pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 7 tahun 2021.

Cara melakukan tes GeNose sendiri cukup mudah. Nantinya, Anda tinggal menghembuskan nafas ke kantong udara yang telah tersedia. Kemudian serahkan kantong udara ke petugas untuk diperiksa oleh perangkat GeNose.

{Baca juga: Cara Pesan dan Bayar Tiket Kereta Api di KAI Access via LinkAja}

Proses pemeriksaan GeNose sangat cepat yakni sekitar 2 menit saja. Jika hasil menunjukan positif Covid-19 maka tiket akan dikembalikan dan Anda dianjurkan ke puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Sedangkan jika hasil menunjukan negatif Covid-19, maka Anda dapat masuk ke peron dan melakukan perjalanan. Hasil tes GeNose sendiri hanya berlaku 3 x 24 jam usai hasil tes keluar.

Cara pesan tiket kereta api tes GeNose KAI Access

Untuk biaya pemeriksaan, KAI Access mematok harga tes Covid-19 lewat GeNose sebesar Rp 30 ribu untuk satu kali tes.

Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access dan Tes GeNose 

Aplikasi KAI Access memudahkan Anda melakukan pemesanan tiket sekaligus melakukan tes GeNose. Proses pemesanan dan pembayarannya sangat mudah sehingga Anda tinggal melakukan tes GeNose di stasiun kereta. Berikut panduannya:

  • Buka Google Play Store atau App Store dan perbarui aplikasi KAI Access di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi KAI Access lalu pilih rute keberangkatan, tanggal, dan jumlah tiket yang dipesan. Setelah itu klik Cari.
  • Pilih jadwal kereta yang tersedia. Di KAI Access, tersedia berbagai pilihan kereta api beserta kelas kursi, jadwal keberangkatan, dan harga tiket.

Cara pesan tiket kereta api tes GeNose KAI Access

  • Selanjutnya, ketikkan identitas penumpang di kolom Detail Penumpang untuk pemesanan tiket dan klik Pilih Kursi. Pilih kursi yang kosong alias berwarna putih, dan tekan Simpan.

Cara pesan tiket kereta api tes GeNose KAI Access

  • Baca rincian pemesanan seperti jadwal keberangkatan dan nama penumpang. Kemudian usai membaca rincian pemesanan silakan, pilih Pesan Layanan Tes GeNose Covid-19 di bagian bawah aplikasi.
  • Baca mengenai informasi GeNose dan harga tes GeNose Covid-19. Setelah itu beri tanda ceklis pada identitas Anda dan klik Pesan.

Cara pesan tiket kereta api tes GeNose KAI Access

  • Nantinya, biaya tes GeNose akan otomatis digabungkan dengan biaya pemesanan tiket. Setelah itu klik Pesan Sekarang dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tersedia pilihan mulai dari lewat ATM, gerai retail, hingga aplikasi LinkAja.

Cara pesan tiket kereta api tes GeNose KAI Access

  • Usai menyelesaikan proses pembayaran, nantinya akan muncul informasi mengenai tes GeNose Covid-19 yang harus dijalani beserta kode tiket di aplikasi KAI Access.
  • Silakan ke stasiun kereta untuk menunjukan bukti pemesanan tes GeNose dan kode tiket kereta kepada petugas untuk melakukan pendaftaran tes GeNose di stasiun.
  • Setelah melakukan tes GeNose di stasiun, hasil dari tes akan muncul pada halaman Test Covid-19 di aplikasi.
  • Pelayanan pemeriksaan GeNose Covid-19 mulai jam 07.00 – 19.00 WIB, atau menyesuaikan kondisi masing-masing stasiun. Pelaksanaan tes GeNose sebaiknya dilakukan 1 hari sebelum keberangkatan.

Demikian informasi mengenai cara pesan dan bayar tiket kereta api dan tes GeNose di KAI Access. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa Anda terapkan saat ingin bepergian menggunakan kereta api. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -