Canggih! Peneliti Ciptakan Robot yang Bisa Bermimpi

Robot bisa bermimpi

Telset.id, Jakarta – Anda sering bermimpi saat tidur? Ya, mimpi biasanya dialami oleh manusia ketika mereka sedang tidur. Tapi pernahkah Anda mendengar robot bisa bermimpi ketika sedang “tidur”? Hal inilah yang dilakukan oleh para peneliti di DeepMind, divisi Artificial Intelligence (AI) Google.

DeepMind merintis sebuah teknologi baru yang memungkinkan robot bisa bermimpi seperti yang dilakukan manusia pada umumnya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembelajarannya. Caranya, mereka menyematkan video game jadul seperti Breakout dan Asteroids di dalam mimpi tersebut.

Secara garis besarnya, jika pada manusia sebelum bisa berjalan pasti harus merangkak terlebih dahulu. Namun pada robot, mereka harus “mengalahkan asteroid” terlebih dahulu agar bisa melakukan berbagai hal berguna seperti pendeteksian wajah, dan lainnya.

[Baca juga: Google AI Lebih Cepat Baca Bibir Ketimbang Manusia]

robot-mimpi-1

Saat ini, DeepMind sendiri sedang berusaha untuk lebih meningkatkan kemampuan dari robot tersebut dengan menerapkan game seperti Starcraft atau Labyrinth yang brtujuan untuk membuat robot lebih bisa memvisualisasikan jalur terbaik dan mengulanginya agar nantinya bisa lebih berguna dan ahli dalam melakukan sesuatu.

Dilansir Tim Telset.id dari The Next Web, tujuan utama membuat robot bisa bermimpi adalah memindahkan pembelajaran pada kecerdasan buatan “lebih mirip” seperti manusia, seperti melalui eksperimen atau memungkinkan robot untuk bisa mencari pola sendiri untuk belajar tanpa harus diawasi.

[Baca juga: Upss! Robot Chubby “Marah”, Rusak Jendela dan Lukai Pengunjung]

Meski masih dalam tahap penelitian, para peneliti ini tampaknya sudah sedikit mendapatkan hasilnya karena mereka melaporkan adanya peningkatan 10x kecepatan untuk tingkat pembelajaran. Ya, setidaknya, jika benar-benar terjadi, mungkin saja di masa depan, robot memang akan menjadi “teman” untuk manusia yang bisa melakukan berbagai hal yang bermanfaat. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here