Robot Ini Punya ‘Keseimbangan Tubuh’ yang Luar Biasa

Telset.id, Jakarta – Sebuah robot bernama Atlas memiliki kemampuan keseimbangan tubuh yang luar biasa. Kemampuan tersebut adalah mampu berjalan di atas permukaan atau jalanan yang memiliki banyak rintangan tak terduga atau permukaan yang tidak rata.

Dilansir Tim Telset.id dari situs Mashable, Atlas memang sebelumnya dirancang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika berjalan. Para peneliti yang membuatnya pun meningkatkan kemampuan tersebut agar Atlas bisa melewati jalanan manapun secara random dengan rintangan yang berbeda-beda ukurannya.

Maksud dari random di sini adalah Atlas mampu berjalan di jalanan yang tidak rata dan sama sekali tidak memiliki data masukan seperti rintangan apa, atau model jalanannya seperti apa. Jadi, ketika robot ini berjalan, ia mampu mencari tahu rintangan atau benda asing apa saja yang ada di jalanan tersebut, dan bagaimana cara melewatinya dengan aman.

[Baca juga: Canggih! Peneliti Ciptakan Robot yang Bisa Bermimpi]

Tak hanya itu, Atlas juga dengan otomatis akan menyesuaikan berat dan keseimbangan tubuh robotnya agar bisa melewati rintangan di jalanan tersebut.

Menurut Florida Institute for Human & Machine Cognition Robotics yang merupakan perusahaan pengembang algoritma kontrol untuk Atlas menyebutkan jika robot tersebut menggunakan momentum sudut tubuh bagian atasnya untuk bisa menyeimbangkan diri.

[Baca juga: Canggih! Robot ini Bisa Selesaikan Rubik Kurang dari 1 Detik]

Wah, jika robot Atlas sudah memiliki kemampuan seperti itu, apakah ke depannya robot yang berjalan dan bertindak seperti manusia memang benar-benar akan terlaksana? Kita tunggu saja. (FHP/HBS)

SourceMashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI