Cara Bikin Kartu Ucapan Hari Ayah di Google Doodle

Kartu Ucapan Hari Ayah Nasional
Foto: Al Jazeera

Telset.id – Setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Google turut merayakan peringatan tahunan ini dengan fitur yang memungkinkan pengguna membuat kartu ucapan di Google Doodle.

Google memang selalu ikut meramaikan momen-momen penting melalui Google Doodle yang lucu dan menarik.

Namun kali ini, raksasa pencarian itu menampilkan sesuatu yang berbeda. Google tidak hanya menampilkan doddle saja, tetapi mengajak warganet membuat prakarya yang menarik..

Bagi yang penasaran dan ingin mencobanya, berikut ini tim Telset akan memberikan cara membuat kartu ucapan Hari Ayah Nasional di Google Doddle. Yuk disimak!

Cara Buat Kartu Ucapan Hari Ayah Nasional 

Berkat fitur menarik yang hadir di Google Doodle, warganet bisa bebas berkreasi untuk membuat karya seni untuk diberikan kepada ayah tercinta, dan mengunggahnya ke media sosial.

Fitur ini tidak sulit untuk dilakukan. Anda dapat membuat prakarya yang sesuai dengan isi hati terhadap ayah tercinta.

  • Pertama, buka situs pencari Google, dan klik doodle yang tampil di halaman utama. Tampilannya ada variasi warna merah, kuning, dan hijau serta aksesoris gunting, pensil, dan surat.

Selamat Hari Ayah Nasional

  • Anda akan diarahkan menuju ke fitur prakarya. Melalui fitur ini, Anda dapat berkreativitas sesuai keinginan. Google juga menyediakan berbagai emoji lucu seperti hati, kuda laut, bintang, kancing, dan lain sebagainya.

Google Doodle

  • Saat Anda sudah menyelesaikan prakarya, maka pilih Kirim yang berada di bagian kanan bawah. Tombol ini nantinya akan mengarahkan Anda ke tahap selanjutnya.

Kartu Ucapan Hari Ayah Nasional

  • Lalu, Anda bisa menyimpan dan membagikan kartu ucapan selamat Hari Ayah Nasional ke media sosial Twitter dan Facebook. Dengan membagikan ucapan ke ayah, maka Anda ikut merayakan peringatan tahunan ini dengan baik.

Selamat Hari Ayah

  • Cara memposting ke media sosial juga mudah. Saat Anda memilih ingin memposting ke Facebook, maka Anda tinggal memilih tanda Facebook di bagian kiri bawah.

{Baca juga: Cara Ganti Background Google Meet dengan Mudah}

  • Selain itu, Anda juga dapat menandai akun Facebook ayah.

Kartu Ucapan Hari Ayah Nasional

  • Bagi yang ingin melihatnya tinggal mengklik lambang doddle di postingan Anda dan warganet lain dapat melihat berbagai hasil karya di Hari Ayah Nasional.

Google Doodle

Sejarah Hari Ayah

Peringatan Hari Ayah Nasional memiliki sejarah yang cukup panjang, dan juga diperingati oleh banyak negara. Dilansir Telset dari situs Sahabat Kemendikbud, hari ayah telah diperingati sejak abad ke-12.

Tujuan peringatan ini adalah untuk menghormati peran ayah di dalam keluarga serta sebagai bentuk kasih sayang terhadapnya.

Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara di dunia seperti Hongkong, Filipina, Taiwan, Singapura, Malaysia, Pakistan, Belanda, Turki, Jerman, Jepang, Italia, dan Kanada, hari ayah diperingati setiap minggu ketiga di bulan Juni atau sekitar tanggal 21 Juni.

Namun ada juga memperingatinya di tanggal 12 November seperti yang terjadi di Indonesia. Di Indonesia, peringatan tersebut muncul berdasarkan ide dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tahun 2014.

Awalnya PPIP rajin memperingati Hari Ibu salah satunya dengan mengadakan lomba “Sayembara Menulis Surat untuk Ibu” yang mendapat respon positif dari masyarakat.

Melalui sayembara tersebut, PPIP berhasil mengumpulkan 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan. Surat-surat ada yang sempat dibacakan oleh peserta yang merupakan siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa dan juga peserta umum.

{Baca juga: So Sweet! Google Doodle Ikut Rayakan Hari Ayah Nasional}

Momen membaca surat untuk ibu sangat mengharukan karena ada momen dimana anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman kepada ibu-ibu dari panti jompo.

Pada peringatan tersebut, ada momen menarik saat peserta lomba bertanya kapan diadakan “Sayembara Menulis Surat untuk Ayah” dan kapan peringatan hari ayah.

Pertanyaan tersebut membuat PPIP mencari tahu kapan hari yang cocok untuk memperingatinya di Indonesia. PPIP melakukan audiensi ke DPRD Surakarta dan ternyata memang belum ada Hari Ayah Nasional di Indonesia.

Pada akhirnya, di tahun 2016, PPIP menetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Selamat hari ayah untuk para pahlawan keluarga di Indonesia! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here