Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Telset.id – Kebanyakan ponsel Android tidak memiliki memori internal yang besar, rata-rata memori internal yang disematkan pada ponsel Android berkisar 8-16 GB saja. Aplikasi yang diunduh dan diinstall di Android pun secara default langsung terpasang di memori internal yang otomatis semakin membuat penuh memori internal smartphone kesayangan kita.

Ketika memori internal penuh, terdapat notifikasi yang sedikit mengganggu yaitu “Low Storage” yang juga membuat ponsel kita menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Nah, satu-satunya cara membuat memori internal Anda lega, yaitu dengan memindahkan aplikasi ke SD Card. Nah… berikut ini Tim Telset.id akan memberitahukan cara-caranya.

Sebelum memindahkan aplikasi ke SD Card, Anda harus tahu bahwa beberapa aplikasi yang berjalan di Android tidak semuanya bisa dipindahkan. Biasanya aplikasi tersebut adalah aplikasi default dari vendor smartphone dan juga aplikasi dari Google.

Anda sebenarnya bisa memindahkan aplikasi seperti itu, namun ponsel harus dalam keadaan root terlebih dahulu. Jadi, daripada nge-root dulu, lebih baik pindahkan saja aplikasi lainnya yang bisa ditransfer ke SD Card.

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card sangat sederhana. Tekan Settings dan pilih Application Manager (atau Apps/Applications).

move-apps-to-sd card (4)

Akan terlihat aplikasi yang telah terpasang di ponsel kita. Nah, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan dan akan terlihat detail dari aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang dipilih dapat dipindahkan, seharusnya terdapat tombol Move to SD Card, pilih tombol tersebut dan akan dimulai proses pemindahan. Jika proses sudah selesai, tombol tadi akan berubah menjadi Move to device storage. Nah jika tombol sudah menjadi seperti itu, berarti aplikasi sudah pindah ke SD Card.

move-apps-to-sd card (1)

Selain cara tersebut, ada cara lain untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, bedanya ini menggunakan aplikasi tambahan bernama AppMgr III. Sebenarnya sama saja prosesnya, namun aplikasi ini akan memilah mana aplikasi yang bisa dipindahkan dan yang tidak bisa dipindahkan. Jadi tidak ada salahnya kan mencoba cara lain?

Pertama, install AppMgr III di Google Play Store. Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut, akan terlihat 3 menu yakni Moveable, On SD Card, dan Phone.

move-apps-to-sd card (2)

Pilih Moveable  untuk melihat aplikasi mana saja yang dapat dipindahkan. Klik aplikasi yang ada di daftar itu, dan lakukan proses yang sama ketika memindahkan aplikasi lewat Settings ponsel Anda.

move-apps-to-sd card (3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here