Cara Menghilangkan Notch di Smartphone Android, Bisa Semua Tipe!

Telset.id – Desain layar dengan notch makin sering digunakan oleh vendor smartphone. Namun, masih banyak pengguna yang tidak menyukainya, sehingga mereka pun mencari berbagai cara untuk menghilangkan notch atau poni di smartphone Android yang digunakan.

Saat ini, model poni di layar smartphone Android tak lagi berukuran besar. Ada banyak varian poni yang menghiasi layar ponsel-ponsel yang beredar di Indonesia. Mulai dari Waterfall, Waterdrop, Dotdrop, Infinity-U, Infinity-V, dan lain sebagainya.

Ada yang suka dengan desain notch dan ada juga yang kurang suka karena merasa “kagok” dengan adanya potongan kecil di bagian atas layar.

Nah, khusus bagi Anda yang kurang suka, kali ini tim Telset akan membagikan cara untuk menghilangkan notch atau poni di smartphone Android. Yuk simak cara lengkapnya!

{Baca juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Recycle Bin Terbaik untuk HP Android}

Cara Menghilangkan Notch di Android (Semua Tipe)

Tips yang akan kami bagikan berikut ini bisa Anda coba di semua tipe smartphone Android. Akan tetapi, ada beberapa seri ponsel dengan sistem operasi Android 10 ke atas yang tidak lagi menyertakan opsi Hide Notch, Display Cutout, dan sejenisnya di Pengaturan atau Settings.

Oleh sebab itu, Anda pun dapat menghilangkan notch di smartphone Android dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Melalui Developer Options

Cara pertama yang akan kami bagikan adalah melalui menu Developer Options. Untuk menggunakan cara ini, Anda diharuskan untuk mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu.

Caranya, masuk ke About Phone dan tap menu Build Number sebanyak 7 kali. Lalu, masuk ke Additional Settings, dan pilih Developer Options.

  • Scroll ke bagian bawah hingga ke bagian Drawing. Di bagian ini, masuk ke opsi Display Cutout.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

  • Opsi ini bertugas untuk menyimulasikan beberapa model notch atau punch-hole yang ada di Android. Anda pun dapat menyembunyikan notch menggunakan cara ini dengan memilih None.

2. Cara Menyembunyikan Notch di Xiaomi

Berbeda dengan merek ponsel Android lainnya, Xiaomi tetap mengizinkan pengguna untuk menghilangkan notch dengan cara yang sangat mudah. Opsi untuk menyembunyikan poni ini juga masih terdapat pada seri smartphone dengan OS MIUI 12 berbasis Android 11. Berikut caranya:

  • Masuk ke Settings dan piih Display.
  • Lalu, tekan Control center & Notification shade dan tap Hide notch.
  • Ada tiga opsi yang tampil, yakni Don’t hideHide without moving status bar, dan Hide and move status bar.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

  • Opsi Hide without moving status bar memberikan bar berwarna hitam di atas dan tetap menampilkan status bar di sana. Sementara Hide and move status bar, memindahkan bar notifikasi di bawah bar hitam yang menyembunyikan notch.

{Baca juga: Cara Root HP Android dengan & Tanpa Bantuan PC, Tips Terbaru 2021}

3. Cara Menyembunyikan Notch di Huawei

Apabila Anda menggunakan ponsel Huawei tipe apapun, Anda masih dimungkinkan untuk menghilangkan notch atau poni dengan cara yang sangat mudah. Berikut panduan lengkapnya:

  • Masuk ke Settings, dan pilih Display & brightness.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

  • Kemudian, masuk ke bagian More display settings dan Cutout.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

  • Ada dua pilihan, Default yang tetap menampilkan notch atau Hide cutout untuk menghilangkan poni ataupun lubang kamera.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

{Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Force Close di Aplikasi Android}

4. Cara Menghilangkan Notch Smartphone Pakai Aplikasi (Semua Tipe)

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa seri smartphone dengan OS Android 10 ke atas yang tidak lagi menyertakan opsi untuk menyembunyikan notch pada layar.

Samsung misalnya. Anda tak lagi bisa menghilangkan poni di dalam pengaturan Full Screen Apps. Sebab, Samsung tidak lagi menghadirkan fitur tersebut pada One UI 3 berbasis Android 11.

Begitu juga dengan Oppo dan Realme. Tak ada lagi opsi untuk menyembunyikan poni pada pengaturan di OS Android terbaru

Oleh karenanya, Anda pun membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Nacho Notch. Berikut cara untuk menghilangkan notch di smartphone Android pakai aplikasi pihak ketiga:

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan install aplikasi Nacho Notch di Google Play Store.

Menghilangkan notch di smartphone

  • Jika sudah, izinkan Display over apps untuk aplikasi. Kemudian, aktifkan opsi Hide Notch.
  • Otomatis poni smartphone akan tertutup dengan bar warna hitam di bagian Status bar.

Cara menghilangkan notch poni di smartphone Android

  • Untuk mengeceknya, buka Google Chrome atau aplikasi lainnya dan lihat apakah notch smartphone telah hilang atau tidak.

Mudah kan caranya, sob? Yuk segera coba jika Anda kurang menyukai notch pada smartphone Anda. (MF)

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -