Diadu Galaxy S7, OnePlus 3 RAM 6GB Keteteran

Telset.id, Jakarta – Salah satu daya tarik OnePlus 3 adalah karena memiliki fitur RAM 6GB, lebih besar dibandingkan smartphone flagship keluaran tahun 2016 yang memiliki standar kapasitas RAM 4GB. Secara teori, OnePlus 3 akan lebih sigap untuk kebutuhan multi-tasking. Sayangnya, itu ternyata hanya teori di atas kertas.

Secara teori, OnePlus 3 memang harusnya lebih cekatan saat digunakan untuk kebutuhan multi-tasking, jika dibandingkan smartphone pesaingnya yang hanya dibekali RAM 4GB. Namun terbukti, dalam sebuh test yang dilakukan belum lama ini, OnePlus 3 malah keteteran saat diadu dengan Galaxy S7 yang memiliki RAM 4 GB dan chip Exynos 8890.

Tes yang dilakukan cukup sederhana, kedua perangkat harus melewati test dalam dua putaran. Test putaran pertama untuk melihat seberapa cepat perangkat yang dapat memuat aplikasi pertama kalinya, sedangkan putaran kedua menunjukkan seberapa baik perangkat menjalankan aplikasi dalam memori.

[Baca juga: OnePlus 3 Resmi Rilis dengan Spesifikasi Premium]

Pada putaran pertama, Galaxy S7 mampu menyelesaikan tugas dalam 61 detik, atau 10 detik lebih cepat dibandingkan OnePlus 3. Tapi di putaran kedua performa OnePlus 3 malah makin keteteran dengan waktu satu menit dan sepuluh detik, sementara Galaxy S7 berhasil melibas semua proses hanya dalam waktu 33 detik.

Seperti yang Anda lihat pada video, OnePlus 3 terlihat butuh waktu untuk reload setiap kali aplikasi di babak kedua, dan bahkan tidak mampu menjaga halaman web dalam Chrome dalam memori.

Kita tidak bisa membayangkan bahwa OnePlus 3 menggunakan semua 6GB RAM dalam tes ini, sehingga biang masalah ini mungkin karena manajemen memori yang banyak digunakan dalam software OnePlus 3.

Tentu saja hasil test ini tidak membuat para engineer di OnePlus merasa gembira. Setidaknya mereka akan menambah jam lembur mereka untuk bisa segera menyiapkan update software untuk OnePlus 3 bisa lebih cekatan menjalankan beragam proses.

[Baca juga: Canggih! Inilah Hasil Jepretan Kamera OnePlus 3]

OnePlus 3 sendiri digadang-gadang sebagai smartphone yang bisa bersaing dengan nama-nama besar seperti Galaxy S7 dan juga nanti iPhone 7. Smartphone yang dijuluki “Pembunuh Flagship” ini memiliki dapur pacu mentereng dengan chipset paling mutakhir Snapdragon 820 dan RAM 6GB. [HBS]

 

SourcePhandroid

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -