Cara Membatalkan Email yang Sudah Dikirim di Gmail

Telset.id – Mengirim email di Google Mail atau Gmail terkadang terjadi kesalahan yang dapat merugikan kita atau penerima email. Namun, kini Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut karena ada cara untuk membatalkan email yang sudah dikirim di Gmail.

Kegiatan mengirim email pada umumnya bersifat formal, seperti mengirim berkas untuk pekerjaan atau mengirim tugas belajar bagi Anda yang masih berstatus siswa atau mahasiswa.

Hanya saja, dalam praktik sehari-hari kerap kali insiden yang tidak mengenakan ketika kita melakukan pengiriman pesan atau email. Misalnya saja berkas yang dikirim ternyata salah, atau kurang lengkap.

Bahkan bisa jadi, Anda malah mengirimkan email ke alamat yang salah. Berbagai “bencana” tersebut pastinya sangat mengesalkan serta bisa merugikan diri sendiri. Untungnya di Gmail ada fitur yang mampu mengatasi masalah tersebut, yakni fitur Undo Send.

Fitur ini akan muncul ketika Anda mengirimkan email, dan bisa digunakan apabila email yang dikirim ternyata salah. Jadi dengan begitu, email akan otomatis batal dikirim ke alamat penerima.

BACA JUGA:

Cara Membatalkan Pesan yang Sudah Dikirim di Gmail

Tutorial ini cukup mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan saja untuk melakukan tutorial ini.

  • Buka Gmail di PC atau laptop dan login ke akun email Anda.
  • Pilih Settings yang berada di kanan atas, dengan ikon roda bergerigi.

Cara Membatalkan Email

  • Klik See All Settings masuk ke dalam menu menu pengaturan email yang lebih lengkap.

cara membatalkan Gmail

  • Di sana akan banyak sekali pilihan menu, dan Anda pilih Undo Send. Fitur ini akan memberikan akan muncul maksimal beberapa, setelah email dikirim. Nantinya Anda bisa menggunakannya, untuk membatalkan email.┬áSilakan pilih durasi terlama yaitu 30 detik.

Cara Gmail

  • Tekan Save Changes agar fitur tersebut bisa aktif.
  • Sekarang kita coba untuk menggunakan fitur Undo Send. Caranya dengan mengirimkan email seperti biasa. Email bisa berisi hanya tulisan saja, tetapi juga disertai dengan berkas-berkas pendukung.
  • Usai email dikirim, akan muncul fitur Undo yang hanya muncul 30 detik setelah Anda mengirim email. Klik fitur dan email pun batal dikirim.

Cara Batalkan Email Gmail

BACA JUGA:

Oke, itu tadi cara membatalkan email yang telah dikirim di Gmail. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI