Cara Blokir Email di Gmail dan Yahoo Mail, Bersih-bersih Spam!

Telset.id – Cara blokir alamat email di Gmail dan Yahoo Mail wajib Anda ketahui. Apalagi, saat banyak sekali email spam yang Anda terima di kotak masuk email Gmail atau Yahoo Mail.

Email memang masih menjadi salah satu media untuk mengirim dan menerima file pekerjaan, informasi, dan lain sebagainya. Namun demikian, tak jarang banyak sekali email spam yang wajib Anda blokir.

Dengan memblokir alamat email pengirim spam, Anda dapat menghentikan “sampah-sampah” yang masuk ke inbox. Lantas, bagaimana cara blokir email di Gmail maupun Yahoo Mail?

Apa itu Email Spam?

Spam Jahat Google SMS Verifikasi

Sebelum kami memberikan panduan lengkap untuk memblokir alamat email, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu email spam.

Email spam adalah pesan elektronik yang masuk ke inbox, namun Anda tidak mengetahui alamat email tersebut. Anda tidak tahu siapa pengirimnya, dan sama sekali tidak pernah berlangganan newsletter dari alamat tersebut.

Terdapat beberapa jenis email spam. Pertama adalah email promosi. Sesuai namanya, pesan ini biasanya menawarkan iklan dari suatu produk seperti diskon atau peluncuran produk tersebut.

{Baca juga: Cara Memindahkan Email Yahoo ke Gmail}

Kedua adalah email hadiah penawaran. Email ini berbentuk informasi bahwa Anda berhasil memenangkan undian dan mendapatkan sejumlah hadiah. Surat elektronik tersebut patut dicurigai karena dapat mengarah ke penipuan.

Ketiga adalah email phising. Email jenis ini wajib dihindari karena dapat berakibat fatal bagi Anda. Biasanya email tersebut akan mengajak Anda untuk mengunjungi tautan situs tertentu, di mana tanpa sadar data pribadi Anda akan diretas oleh para hacker.

Ketiga jenis email spam tersebut merupakan contoh kecil dari pesan yang sering Anda temui di internet. Oleh karenanya, Anda pun disarankan untuk memblokir alamat email pengirim pesan spam tersebut agar tidak terganggu lagi.

Bagi Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut, kami akan memberikan cara untuk blokir alamat email di Gmail dan Yahoo Mail. Yuk disimak panduan lengkap dari kami!

Cara Blokir Email di Gmail 

Memblokir alamat email di Gmail sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Gmail Anda dan pilih alamat email yang akan diblokir. Caranya dengan membuka kontak masuk dan pilih tanda titik tiga vertikal yang terletak di bagian kanan atas.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

  • Selanjutya pilih Blokir untuk memblokir alamat email yang ingin diblokir.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

  • Lalu, klik Blokir agar email apapun yang dikirim oleh akun terkait akan ditandai sebagai spam.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

Cara Blokir Email di Yahoo Mail 

Buat Anda pengguna Yahoo Mail, berikut ini cara untuk memblokir email di layanan tersebut.

{Baca juga: Cara ‘Bersih-bersih’ Email Lama di Akun Gmail}

  • Buka akun Yahoo Mail Anda dan pilih email yang ingin diblokir. Pilih tanda titik tiga () yang berada di sebelah kanan halaman.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

  • Klik Blokir Pengirim yang terletak di baris ketiga dari bawah.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

  • Silakan verifikasi bahwa Anda ingin memblokir pesan dari pengirim email. Yahoo akan memperlihatkan beberapa opsi pemblokiran yang bisa Anda pilih semua.
  • Seperti memblokir semua email yang dikirim dan hapus semua email yang masih ada di kontak masuk. Setelah itu silakan klik Ok.

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

Demikian informasi mengenai cara blokir alamat email di Gmail dan Yahoo Mail. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencobanya! (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -