telset

7 Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh

Telset.id – Kapasitas penyimpanan Gmail yang penuh akan menjadi masalah, karena dapat menganggu aktivitas bekerja Anda. Terdapat beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

Gmail sudah menjadi layanan surel yang dimiliki oleh banyak orang termasuk Anda. Melalui layanan email buatan Google ini Anda dapat saling mengirim email atau menerima email dengan mudah.

Gmail juga memudahkan Anda untuk membuat akun di aplikasi atau situs tertentu. Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, layanan surel andalan Google ini semakin dibutuhkan karena semua aktivitas dilakukan secara online.

Jika begitu, ruang penyimpanan Anda harus mencukupi. Tapi terkadang saat dibutuhkan muncul masalah ruang penyimpanan penuh sehingga pengiriman email jadi terhambat. Bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh

Cara mengatasi kapasitas penyimpanan Gmail yang penuh sebenarnya tidak sulit. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan di akun masing-masing.

Cara ini bisa diterapkan supaya ruang penyimpanan menjadi lebih lega dan aktivitas bekerja lebih optimal.

{Baca juga: Cara Menjadikan Gmail Sebagai Email Default di iOS 14}

Tim Telset akan memberikan cara mudah mengatasi kapasitas penyimpanan Gmail penuh. Terdapat 7 cara yang bisa Anda coba dengan mudah. Yuk disimak!

1. Hapus Email Promosi

penyimpanan Gmail Penuh
Menghapuskan email promosi bisa diterapkan untuk mengatasasi Gmail penuh (Sumber gambar : Wartaekonomi.co.id)

Cara pertama dengan membersihkan email promosi. Email promosi biasanya dikirim karena Anda memiliki akun atau aplikasi tertentu. Terkadang email promosi dibutuhkan untuk mendapatkan informasi baru tetapi karena jumlahnya cukup banyak jadi membuat Gmail penuh. 

Untuk itu bagi yang ingin membuat Gmail lebih lega silahkan hapus atau kosongkan email promosi Anda. Menghapus email promosi memang cukup memakan waktu tetapi ampuh mengatasi Gmail yang penuh. 

2. Hapus File di Google Photos

penyimpanan Gmail Penuh
Hapus file-file foto di Google Photos supaya Gmail menjadi lebih lega (Sumber gambar: Konfirmasitimes.com)

Solusi berikutnya adalah menghapus file foto di Google Photos. Aplikasi Google Photos berpengaruh terhadap kapasitas Gmail. Hal ini karena kedua aplikasi tersebut memiliki ruang penyimpanan yang sama.

Selain itu kadang Anda tidak sadar kalau file foto atau video sudah terlalu penuh. Untuk itu coba hapus file di Google Photos. Caranya sangat mudah. Anda buka photos.google.com terlebih dahulu lalu pilih Foto.

Selanjutnya pilih centang foto yang berada di bagian kiri atas dan klik ikon “Hapus” di bagian kanan atas dan pindahkan ke menu “Tempat Sampah”. Terakhir silahkan ke menu “Tempat Sampah” dan hapus file secara permanen. 

3. Hapus Email Berukuran Besar 

penyimpanan Gmail Penuh
Hapus email-email yang besar untuk mengatasi Gmail yang penuh (Sumber gambar : TapSmart.com)

Ketiga hapus email berukuran besar. Anda sering sekali mendapatkan email yang berukuran besar. Email tersebut biasanya dilampirkan dengan foto resolusi tinggi sehingga Gmail penuh karena banyak email yang berat. 

Untuk mengatasi masalah tersebut maka Anda harus menghapus email-email yang ukurannya besar. Terdapat tips mudah untuk menghapus email jenis tersebut. Yakni ketik “larger:20m” di kolom pencarian Gmail. 

Nanti akan disaring email-email yang ukurannya lebih dari 20 MB. Ketika sudah disaring maka Anda dapat menghapusnya dengan lebih mudah. 

4. Bersihkan ‘Sampah’ di Gmail 

Sampah Gmail
Bersihkan sampah-sampah di Gmail supaya tidak penuh (Sumber gambar : recode.ID)

Keempat bersihkan sampah di Gmail. Perlu diketahui bahwa email yang sudah Anda hapus tidak otomatis hilang dengan cepat. Email akan berada di folder sampah dan baru akan dihapus secara otomatis dalam kurun waktu 30 hari setelah dihapus. 

Supaya Gmail tidak penuh maka Anda dapat menghapus atau mengosongkan folder sampah di Gmail. Mengosongkan folder Sampah akan membuat email yang ada di dalamnya terhapus permanen dan ruang penyimpanan lebih lega.

5. Hapus Email Lama 

Google
Bersihkan email-email lama (Sumber gambar : Liputan6.com)

Kelima adalah hapus email-email lama. Email biasanya berisi mengenai tugas pekerjaan atau tugas sekolah dan kuliah. Setelah semua tugas telah diselesaikan maka email tidak lagi berguna dan malah memenuhi ruang penyimpanan. 

Maka dari itu silahkan hapus email-email lama yang sudah tidak penting ataupun sudah tugas-tugas lama. Terdapat tips mudah untuk mencari email lama supaya dapat dihapus dengan cepat. 

Caranya adalah dengan mengetik “older_than:5y” untuk mencari email lawas yang berusia lebih dari 5 tahun atau “older_than:2y” untuk email berusia lebih dari 2 tahun di kolom pencarian Gmail. 

Setelah itu akan muncul email-email yang telah disaring berdasarkan rentang usia dan Anda tinggal menghapus email-email tersebut. 

6. Berlangganan Ruang Penyimpanan 

Berlangganan ruang penyimpanan menjadi solusi agar email lebih lega (Sumber gambar : IDN Times)

Keenam adalah membeli ruang penyimpanan. Google saat ini memberi kesempatan kepada pengguna untuk berlangganan ruang penyimpanan supaya ruang menjadi lebih lega.

Harganya mulai dari Rp 269 ribu per tahun hingga Rp 1,35 juta per tahun. Tersedia ruang penyimpanan mulai dari 100 GB hingga 2 TB yang bisa Anda pilih. Opsi berlangganan ruang penyimpanan bisa dicoba untuk mengatasi Gmail penuh. 

7. Hapus File di Google Drive

Bersihkan Google Drive (Sumber gambar : TechTalks)

Ketujuh atau terakhir adalah menghapus file di Google Drive. Gmail, Google Drive dan Google Photos memiliki ruang kapasitas penyimpanan yang sama yakni 15 GB. Untuk itu jika kapasitas Gmail penuh maka diprediksi salah satu penyebabnya adalah file di Drive.

{Baca juga: Gmail Kini Bisa Jadi Aplikasi Email Default di iOS 14}

Daripada kamu tak bisa mengirim email, lebih baik hapus file yang tidak terlalu penting yang ada di Google Drive. Menghapus file-file di Drive membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega dan masalah Gmail penuh bisa teratasi.

Nah, itu tadi tips untuk mengatasi masalah kapasitas penyimpanan di Gmail Anda yang sudah penuh. Caranya sangat mudah, bukan. Selamat mencoba. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0