Cara Mengarsipkan Email di Gmail Lewat Laptop dan HP

Telset.id – Google Mail atau Gmail merupakan layanan email yang banyak digunakan. Untuk itu, pastikan akun Gmail Anda tertata tapi dengan cara mengarsipkan email supaya inbox lebih rapi.

Harus diakui, mengirim email sering dilakukan untuk berbagai tujuan. Mulai dari untuk melamar pekerjaan, mengirimkan tugas sekolah atau kuliah, sampai mengirimkan laporan ke atasan di perusahaan.

Hanya saja, karena kita sering berkomunikasi menggunakan email akan banyak sekali email yang berada di kotak masuk atau inbox. Hasilnya kotak masuk email akan terlihat berantakan karena banyak sekali surat lama di inbox.

Solusinya adalah dengan mengarsipkannya. Gmail memberikan opsi agar pengguna bisa mengarsipkan surat lama mereka di kolom arsip. Buat yang belum tahu caranya, berikut ini cara mengarspikan email di Gmail lewat laptop dan PC.

BACA JUGA:

Cara Mengarsipkan Email di Gmail Lewat Laptop 

Cara ini bisa dilakukan untuk Anda yang sering mengirim dan menerima email, menggunakan laptop. Sebab, biasanya file-file berada di laptop atau PC sehingga banyak yang mengakses Gmail pakai laptop.

  • Buka situs Gmail dan login ke akun Anda.
  • Pilih salah satu email yang ingin masuk ke dalam arsip Gmail, dengan cara mengetuk tanda kotak yang berada di sebelah kiri email.

Mengarsipkan Email Gmail

  • Berikutnya pilih menu Arsip yang berlogo kotak dengan anak panah ke bawah. Letaknya ada di sebelah kanan atas aplikasi.

Mengarsipkan Email Gmail

  • Sedangkan untuk mengembalikan arsip ke inbox, silakan klik menu More di bagian bawah dan pilih All Email.

Arsip Email Gmail

  •  Di sisi kanan, temukan email yang diarsipkan. Pilih email yang diarsipkan dan klik ikon Move to Inbox.

Mengarsipkan Email Gmail Laptop

BACA JUGA:

Cara Mengarsipkan Email di Gmail Lewat HP

Berikutnya menggunakan HP. Cara arsip email di aplikasi Gmail bisa menggunakan HP. Cara ini cenderung lebih praktis, karena prosesnya melalui aplikasi Gmail dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

1. Buka aplikasi Gmail tekan agak lama surat elektronik yang ingin diarsipkan, sampai muncul tanda ceklis.

cara mengarsipkan surat elektronik

  • Tekan ikon Archive dengan ikon kotak dan tanda panah ke bawah.

Arsip Surat Elektronik di Google Mail

  • Pesan pun masuk ke dalam Archive. Untuk yang ingin mengembalikannya ke Inbox, silakan klik garis titik tiga yang berada di sebelah kiri atas aplikasi. Selanjutnya pilih All Email.

Mengarsipkan Email Google Mail

  • Pilih email yang ingin dikembalikan ke Inbox, dan pilih menu Move to Inbox.

Email Google Mail

Well itu tadi cara mengarsipkan email di Gmail, baik menggunakan laptop dan HP. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diterapkan di Gmail Anda. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0