Google Klarifikasi Tensor G2 adalah Chip 5nm, Bukan 4nm

Telset.id, Jakarta – Google mengklarifikasi bahwa chipset Tensor G2 yang mengotaki Pixel 7 series sebenarnya menggunakan teknologi fabrikasi 5nm. Klarifikasi ini disampaikan Google karena beredar rumor yang menyebutkan chipset Tensor generasi kedua itu dibangun pada proses fabrikasi 4nm.

Saat mengumumkan dua seri smartphone anyarnya, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro pada pekan lalu, Google menjelaskan beberapa peningkatan spesifikasi, termasuk chipset Tensor G2.

Nah, setelah peluncurkan itu, beredar rumor chipset ini menggunakan teknologi fabrikasi 4nm. Namun ternyata rumor tersebut salah, Google sudah memberikan klarifikasi bahwa chipset pada Pixel 7 seri menggunakan fabrikasi 5nm.

BACA JUGA:

Menurut Otoritas Android, juru bicara Google sudah mengkonfirmasi bahwa Tensor G2 dibangun pada proses fabrikasi 5nm. Dikatakan bahwa chipset tersebut telah dikembangkan secara khusus untuk peningkatan kinerja dan efisiensi energinya.

Pendekatan ini juga memungkinkan Google untuk menambahkan kemampuan baru sambil mengambil langkah maju dalam pembelajaran mesin menggunakan TPU (Tensor Processing Unit) dan G2 generasi berikutnya.

Jika melihat roadmap Samsung selaku mitra Google dalam memasok chip, ada dua node proses 5nm, yakni 5LPE yang digunakan oleh Tensor asli dan 5LPP berikutnya. Tidak jelas saat ini proses node mana yang sudah digunakan oleh Tensor G2.

Ini seharusnya mengejutkan, karena proses saat ini yang digunakan pada prosesor unggulan yang ada seperti Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Samsung Exynos 220 adalah proses 4nm. Pengurangan ukuran membuat prosesor 4nm ini berpotensi lebih kuat daripada chip 5nm.

Sebagai chipset yang digunakan oleh Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, chipset Tensor G2 memiliki spesifikasi delapan core yang terbagi menjadi 2 core Core-X1 2.85 GHz, 2 core Cortex A78 2.35 GHz, dan empat core A55 dengan clock speed 1.8 GHz. Sedangkan GPU yang dipakai adalah Mali-G710 MP07.

BACA JUGA:

Chipset ini memiliki nilai yang cukup tinggi pada hasil benchmark di Geekbench, dimanan catatan skor untuk single core sebesar 1.068 dan multicore mencatat skor 3.149. Sementara di AnTuTu v9 skor rata-ratanya adalah 80.1116. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0