Telset Editor’s Choice 2019: Smartphone of the Year

Smartphone of the Year

Telset.id –  Sebutan ‘powerphone’ memang pantas disematkan Samsung pada Samsung Galaxy Note10+. Rasanya wajar karena phablet tersebut memiliki atribut komplit menjadi yang terbaik di level tertinggi. Maka sangat pantas, Galaxy Note10+ berhasil merengkuh gelar “Smartphone of The Year” versi Telset Editor’s Choice 2019.

Ya, gelar bergengsi dari tim redaksi Telset.id ini menjadi pelengkap atas gelar “Best Flagship Smartphone” yang juga kami berikan untuknya di 2019.

Samsung Galaxy Note 10+ mengikuti jejak sang kakak, Galaxy Note 9 yang merengkuh gelar serupa di tahun lalu usai meraih dua gelar lainnya, yaitu “Best Flagship Smartphone” dan “Best Innovative Smartphone”.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Note 10+: Memang Powerphone}

Lantas, apa alasan tim redaksi Telset memilihnya sebagai Smartphone of The Year? Alasan utamanya adalah, Samsung Galaxy Note10+ kami anggap berhasil menjadi senjata utama Samsung atas “serangan” bertubi-tubi dari para kompetitornya dari China, seperti Oppo, Vivo, Realme, dan Xiaomi.

Galaxy Note 10+ seolah menjadi bukti kalau Samsung tak bergeming dengan “serangan” tersebut, dan bisa secara konsisten menghasilkan smartphone terbaik, berkualitas, dan penuh dengan inovasi di tahun ini.

Desain misalnya, Samsung berhasil menjadi merek pembeda dengan mengadopsi desain bernama “New Infinity-O”. Desain lubang kamera di bagian atas layarnya yang berjenis Dynamic AMOLED dan berukuran 6,8 inci serta beresolusi QHD+ itu sukses jadi penyegaran desain membosankan yang penuh dengan notchnotch, dan notch.

“Kami punya layar 90Hz”, “Smartphone kami punya layar 120Hz”, dan klaim lainnya. Boleh lah kalau soal refresh rate, Samsung Galaxy Note 10+ mungkin tertinggal karena punya layar dengan refresh rate 60Hz saja.

{Baca juga: Layar Samsung Galaxy Note 10+ Kualitasnya Terbaik, Ini Buktinya}

Tapi kalau berbicara soal kualitas, layar smartphone ini sudah diakui kualitasnya oleh DisplayMate. Mereka menilai, layar Galaxy Note 10+ memecahkan setidaknya 12 rekor berkat kualitas dan karakteristik performa layarnya yang mengalami peningkatan.

Layar Note 10+ mencetak rekor untuk akurasi warna, kontras, dan akurasi skala intensitas. layarnya punya manajemen warna otomatis yang memastikan profil warna yang pas ketika menampilkan konten ke pengguna.

Kemudian ke bagian belakangnya. Kapan lagi smartphone flagship punya body berwarna gonjreng dengan efek cermin, kalau Samsung tidak menghadirkan warna Aura Glow pada Galaxy Note 10+.

Kemudian spesifikasi. Hadirnya prosesor octa-core Exynos 9825, GPU Mali G76 MP12, RAM 12GB, dan memori internal 256GB/512GB sudah menjadi bukti awal kalau memang ada inovasi dan teknologi baru di dalam smartphone ini.

Dengan dapur pacu tersebut, Galaxy Note10+ sukses mencatatkan skor benchmark di atas rata-rata berdasarkan pengujian yang kami lakukan.

Masih soal inovasi, Galaxy Note10+ sudah ditopang oleh baterai berkapasitas 4,300 mAh. Agar pengguna tak perlu menunggu lama untuk mengisi dayanya, Samsung untuk pertama kalinya menyematkan teknologi Super Fast Charging 45W pada smartphone ini.

{Baca juga: Ini Dia Fitur-fitur Canggih S Pen Samsung Galaxy Note 10}

Belum, belum, inovasinya belum selesai sampai disitu. Bukan Note Series namanya kalau tidak punya S Pen. Dan, S Pen generasi sekarang bukan lagi disebut sebagai “pulpen pintar”, melainkan “pulpen jenius”.

S Pen pada Note 10+ dikemas dalam desain unibody, dan disematkan baterai lithium-titanium berkapasitas 350 uAh. Pulpen ini dibekali dengan sensor 6-axis, berupa tiga sensor kecepatan dan tiga sensor gyroscope.

Nah, berkat sensor tersebut, S Pen seolah punya kemampuan bak “tongkat sihir” ala film Harry Potter. Pengguna dimungkinkan untuk mengontrol smartphone tanpa harus menyentuh layar dengan fitur S Pen Air.

Selain itu, setidaknya ada 6 fitur lain yang disisipkan Samsung ke “powerphone” mereka, seperti Samsung Notes, AR Doodles, Screen off Memo, Screen Recorder, Translate, Air Command, sampai Live Message.

Inovasi lainnya adalah, integrasi langsung dengan Samsung DeX yang benar-benar membuat Note 10+ seperti sebuah PC bertenaga. Khusus PC atau laptop Windows, Samsung DeX membuat transfer data lebih seamless, membuat PC bisa menerima telepon, dan hampir seluruh fungsi dasar smartphone bisa diakses di PC.

Cukup sampai disitu? Tentu tidak. Ada banyak inovasi lainnya yang disematkan Samsung pada Galaxy Note 10+. Desain, spesifikasi, S Pen, sampai Samsung DeX mungkin hanya beberapa di antaranya saja.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Note 10}

Masih ada kamera, mode gamingbuild quality yang jempolan, dan inovasi lainnya yang membuat smartphone ini layak disebut sebagai yang terbaik di tahun 2019. Mungkin untuk lengkapnya, Anda bisa melihat review Samsung Galaxy Note 10+ yang sudah kami tulis sebelumnya.

So, selamat untuk Samsung atas gelar Telset Editor’s Choice 2019: Smartphone of The Year yang diraih oleh Samsung Galaxy Note10+. Terus lanjutkan prestasi ini dengan terus memberikan inovasi, teknologi, dan kualitas terbaik, bukan cuma untuk smartphone flagship saja, tapi untuk seluruh segmen lain yang beredar di Tanah Air. [Tim Redaksi]

Simak Video “Telset Editor’s Choice 2019: Smartphone Terbaik 2019, Siapa Jawaranya?”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here