telset

Spesifikasi iPhone 12 Terungkap, Begini Bocoran Performanya

Telset.id, Jakarta – iPhone 12 keluaran Apple kemungkinan dilengkapi oleh spesifikasi powerful berupa chipset A14 baru. Harapannya, peningkatan tersebut akan memberi banyak perubahan, terutama dari sisi performa.

Menurut Ubergizmo, dikutip Telset.id, Kamis (27/08/2020), ternyata chipset A14 bakal memberi peningkatan cukup substansial. Klaim itu dikemukakan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company.

TSMC baru-baru ini menerbitkan beberapa detail tentang proses pembuatan chipset 5nm, yang sebagian besar diharapkan menjadi dasar A14. Yang perlu dicatat, jumlahnya mungkin tidak 100 persen sama.

Meski demikian, hal tersebut bisa memberi kita gambaran tentang spesifikasi utama dari iPhone 12, termasuk apa yang bisa diharapkan dari chipset A14 baru. Dari segi tenaga, chipset A14 rupanya akan 30 persen lebih hemat dibanding chipset A13.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Chipset A14 juga akan menawarkan daya hingga 15 persen lebih banyak. Kendati begitu, tidak jelas apakah chipset A14 akan menawarkan nomor yang sama atau tidak.

Bagian yang menarik adalah dalam hal efisiensi daya, terutama menghadapi rumor spesifikasi baterai iPhone 12 yang kemungkinan mengecewakan. Peningkatkan efisiensi daya dapat mengimbangi ukuran baterai iPhone 12.

Dari semua hal yang disampaikan di atas, kita tetap harus menunggu dan melihat sendiri seperti apa performa chipset A14. Atau, jangan-jangan, Apple malah tidak akan menyematkan chipset A14 di iPhone 12?

Spesifikasi iPhone 12

iPhone 12 dikabarkan bakal ditenagai oleh chip bertenaga Apple A14. Apabila benar, tentu ini sesuai harapan para Apple Fanboy yang menginginkan iPhone terbaru tahun ini disematkan prosesor yang jauh lebih kencang dari iPhone 11.

Spesifikasi iPhone 12 lainnya, Apple akan menyematkan RAM lebih besar ke iPhone model lebih tinggi. RAM 6GB akan hadir di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Sementara RAM 4GB, bakal hadir di iPhone 12 lain.

{Baca juga: Fix! iPhone 12 Pro Hadir Tanpa Layar 120Hz}

Konon katanya, iPhone 12 pun bakal ditopang baterai dengan kapasitas sedikit lebih besar dari perkiraan. Kabarnya, iPhone terbaru bakal mengemas baterai berkapasitas 2.227 mAh, 12 Max mengusung baterai 2.775mAh, 12 Pro berkapasitas baterai 2.775mAh, dan 12 Pro Max membekali diri dengan baterai 3.687 mAh.

Bagaimana dengan layar? iPhone 12 akan disematkan spesifikasi layar yang tidak sesuai harapan para Fanboy. Menurut sumber dalam industri Apple bernama Ross Young, ponsel pintar ini akan hadir dengan layar 60Hz, bukan 120Hz.

Melalui cuitan di Twitter, ia mengatakan bahwa Apple masih belum menemukan driver IC yang cocok untuk menopang layar 120Hz di iPhone 12 Pro.

{Baca juga:Dummy iPhone 12 Bocor di Internet, Begini Penampakannya}

Padahal, pihak pemasok yang menangani layar 120Hz mengatakan bahwa panel tersebut sudah aman dan siap untuk diproduksi.

Alih-alih menunggu IC yang tepat, Apple dikatakan malah akan menyematkan layar dengan refresh rate standar alias 60Hz pada iPhone 12 Pro. Perusahaan asal Cupertino ini melakukannya agar peluncuran tidak tertunda.

“Mendengar bahwa Apple bisa mendapatkan panel layar 120Hz, tapi tidak dengan driver IC 120Hz,” kata Ross.

“Kami mendengar rumor bahwa mereka akan menggunakan 60Hz,” sambungnya. (SN/MF)

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0