Samsung Siapkan Chipset Terbaru, Kolaborasi dengan Google dan AMD

Telset.id, Jakarta – Samsung disebut-sebut sedang mengerjakan chipset terbaru untuk smartphone andalannya yang akan datang. Dalam prosesnya, perusahaan asal Korea Selatan ini menggandeng Google dan AMD.

Kerja sama Samsung dan Google dalam menggarap chip sendiri bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya kedua perusahaan juga telah berkolaborasi membuat chip Google Tensor.

Kini, raksasa teknologi Korea Selatan itu tampaknya telah meningkatkan keterlibatannya dengan Google dan akan berupaya untuk membuat chipset baru untuk smartphone andalannya yang akan datang.

Menurut laporan terbaru, yang berasal dari tipster Connor, Samsung bekerja sama dengan tim Google Tensor dan tim grafis AMD untuk membuat chipset baru yang akan mentenagai Samsung Galaxy S series, kemungkinan besar mulai tersedia tahun 2025.

BACA JUGA:

Dari keterangan tersebut, sebagaimana dilansir GizmoChina, chipset akan terdiri dari dua core Cortex-X yang memiliki kinerja tinggi, empat core lainnya berfokus pada kinerja yang berjalan pada kecepatan clock lebih rendah, dan empat core lainnya untuk penghematan daya.

Diagram yang dibagikan tipster menunjukkan bahwa GPU AMD akan dimasukkan ke dalam chipset untuk memproses tugas-tugas mengolah grafis.

Dalam kerja sama sebelumnya, Google dan Samsung menjadi tim untuk memproduksi chip Google Tensor untuk smartphone seri Pixel.  Chip Tensor pada Google Pixel sendiri dibuat Samsung berdasarkan chip Exynos, tetapi dengan tambahan fitur AI yang dikembangkan oleh tim Google.

Laporan terbaru menyebut kedua perusahaan saat ini sudah mulai mengerjakan chip Google Tensor generasi ketiga, yang diprediksi akan memulai debutnya pada smartphone seri Pixel 8 tahun 2023 mendatang.

BACA JUGA:

Chip Google Tensor generasi ketiga ini dilaporkan akan diberi kode nama Ripcurrent dan akan membawa nomor model S5P9865.

Sebagian besar chip untuk smartphone saat ini diproduksi menggunakan proses fabrikasi 5nm atau 4nm, tetapi mengingat chipset baru untuk ponsel seri Galaxy S mendatang ini baru akan ada dalam beberapa tahun ke depan, proses produksi yang lebih canggih bisa jadi akan diterapkan.

Kemungkinan, Samsung akan menggunakan proses fabrikasi 3nm untuk chipset terbaru ini. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0