Samsung Lindungi Layar iPhone 14 dengan Proses Inkjet

Telset.id, Jakarta – Laporan terbaru mengungkap bahwa Samsung menggunakan proses pencetakan inkjet tambahan dalam produksi layar jajaran iPhone 14.

Apple telah merilis seri iPhone 14 pada september 2022 lalu, dengan menghadirkan berbagai fitur baru untuk para penggunanya. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah penggunaan layar OLED yang diproduksi LG dan Samsung Display.

Untuk panel layar bertipe OLED yang diproduksi oleh Samsung, diketahui bahwa perusahaan menggunakan proses pencetakan inkjet tambahan.

Proses yang dilewati layar OLED ini melibatkan penggunaan peralatan inkjet setelah proses enkapsulasi film tipis (TFE), yang biasanya digunakan untuk melindungi layar OLED agar terjaga dari kelembapan dan oksigen.

BACA JUGA:

Peralatan inkjet tambahan juga digunakan untuk membuat pemisahan antara lubang di layar dan panel OLED lainnya, serta untuk meratakan area dengan ketinggian yang tidak rata.

Penggunaan peralatan inkjet dengan cara ini merupakan penyimpangan dari metode produksi Samsung sebelumnya yang hanya melibatkan penggunaan peralatan inkjet selama proses TFE.

Diyakini bahwa Apple meminta penggunaan metode pencetakan inkjet untuk menyegel tepi Dynamic Island, fitur layar iPhone 14 Pro. Anak perusahaan Samsung Display, SEMES memasok peralatan inkjet yang digunakan dalam proses tersebut.

Di sisi lain, LG Display yang juga memproduksi layar LED untuk iPhone 14 Pro Max, dikatakan telah menerapkan metode yang sama seperti yang dilakukan oleh rekan senegaranya.

Dilaporkan Gizmochina, LG mengalami beberapa kesulitan dalam memenuhi persyaratan Apple untuk tampilan iPhone 14 Pro Max, tetapi masalah ini tampaknya telah teratasi.

Jajaran iPhone 14 Pro terdiri dari dua model, yaitu Pro yang berukuran 6,1 inci dan Pro Max dengan layar ukuran 6,7 inci. Samsung memasok layar OLED untuk kedua model, sedangkan LG memasok layar untuk model Pro Max 6,7 inci.

Perlu diketahui bahwa Samsung Display sebelumnya telah menggunakan peralatan inkjet untuk menerapkan Micro Lens Array (MLA) ke layar OLED smartphone, termasuk Galaxy S21 Ultra. Namun, diyakini bahwa peralatan ini belum pernah digunakan untuk MLA sejak saat itu, dan mungkin telah digunakan kembali untuk tujuan lain.

BACA JUGA:

Secara keseluruhan, penggunaan peralatan inkjet dalam produksi layar OLED untuk jajaran iPhone 14 Pro menunjukkan perubahan signifikan dalam proses produksi Samsung.

Penambahan peralatan ini dilaporkan, diperlukan untuk memenuhi persyaratan Apple untuk fitur Dynamic Island dan untuk memastikan daya tahan serta masa pakai layar.

Akan menarik untuk melihat apakah metode ini dilanjutkan di model iPhone mendatang atau tetap unik untuk jajaran iPhone 14 Pro. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0