Samsung Galaxy Z Fold3 5G: Spesifikasi, Fitur & Kelebihannya

Telset.id, Jakarta – Samsung Electronics hari ini membuka babak baru inovasi perangkat foldable lewat smartphone lipat terbarunya Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Penerus Galaxy Z Fold2 ini membawa banyak peningkatkan spesifikasi dan fitur yang menarik.

Ada dua smartphone lipat terbaru yang dirilis Samsung, yakni dengan Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G. Kita akan membahas Galaxy Z Fold3 5G terlebih dulu.

Galaxy Z Fold3 5G merupakan smartphone foldable premium yang dirancang dengan craftmanship dan inovasi level flagship yang sudah dinantikan para pengguna Samsung.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold3 5G yang Baru Diluncurkan

Generasi ketiga dari perangkat yang mendefinisikan kelasnya ini menghimpun berbagai pengembangan penting yang telah diimpikan para pengguna foldable Samsung.

Samsung membuatnya lebih tahan lama dan menawarkan pengalaman perangkat foldable yang lebih optimal dari sebelumnya. Dari desain ikonis hingga pengalaman hiburan yang immersive, Z Fold3 memberikan pengguna cara baru dalam bekerja, menonton, dan bermain.

Z Fold3 bisa dikatakan merupakan powerhouse bagi konsumen yang membutuhkan perangkat yang bisa membantu produktivitas dan memberikan hiburan yang immersive berbekal performa dan multitasking tingkat lanjut.

Smartphone lipat terbaru Samsung ini hadir dengan Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci yang bebas disrupsi, dan menjadi perangkat foldable pertama yang dilengkapi S Pen.

“Dengan Galaxy Z Fold3, Samsung sekali lagi mendefinisikan ulang kemampuan yang dapat ditawarkan smartphone foldable bagi pengguna untuk menghadapi dunia yang serba cepat dengan fleksibilitas dan keserbagunaan yang dibutuhkan,” ujar Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Spesifikasi Galaxy Z Fold3

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 dengan clock-speed maksimal 2,84 GHz. Chipset ini didukung juga dengan hadirnya RAM 12 GB, penyimpanan internal 256 GB/512 GB tanpa adanya dukungan slot microSD.

Spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy Z Fold3 ditopang dengan baterai dengan kapasitas yang tergolong kecil, hanya 4.400 mAh saja dengan dukungan fast charging 25W, wireless charging 10W, dan reverse wireless charging 4,5W.

Sementara untuk sistem operasi, HP terbaru Samsung ini berjalan di sistem operasi OneUI 3.1 berbasis Android 11. Samsung Galaxy Z Fold3 sudah disematkan port USB-C, WLAN-ax (WiFi 6), Bluetooth 5.0, NFC, speaker stereo racikan Dolby Atmos, dan tentu saja koneksi 5G.

Smartphone ini pun sudah mendukung S Pen dengan dua pilihan, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya memiliki ujung yang dapat ditarik untuk melindungi layar utama dari Fold3.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Debut, Mulai Pre Order di Indonesia

Ke bagian kamera, Samsung Galaxy Z Fold3 dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat andal. Smartphone lipat canggih ini memiliki total lima kamera.

Di bagian belakang, Samsung menggunakan tiga sensor 12MP yang terdiri dari kamera utama, ultrawide, dan juga telephoto dengan kemampuan optical zoom hingga 2 kali. Khusus untuk kamera utama dan telephoto, telah dibekali dengan OIS atau optical image stabilization.

Menariknya di sini, Samsung akhirnya mengadopsi teknologi Under Display Camera atau kamera di bawah layar utama Galaxy Z Fold3. Kamera ini menawarkan resolusi 4MP dengan bukaan lensa f/1.8. Sementara di bagian luar, ada kamera 10MP.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY Z FOLD3  5G
Rilis 11 Agustus 2021
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, One UI 3.5
Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
GPU Adreno 660
RAM 12 GB
Storage 256 GB/ 512 GB
Dimensi Unfolded: 158.2 x 128.1 x 6.4 mm; Folded: 158.2 x 67.1 x 14.4-16 mm
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X, 7.6 inch 1768 x 2208 pixels, 120Hz, 1200 nits;          Cover display: Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, Corning Gorilla Glass Victus
6.2 inches, 832 x 2268 pixels, 25:9 ratio
Kamera Utama 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 12 MP, f/2.4 (telephoto), OIS, 2x optical zoom
12 MP, f/2.2 (ultrawide)
Kamera Depan 16 MP, f/1.8, under display; Cover camera: 10 MP (wide)
Beterai Li-Po 4400 mAh, Fast charging 25W, Fast wireless charging 11W, Reverse wireless charging 4.5W
Warna Phantom Black, Phantom Silver, Phantom Green
Harga Rp 24.999.000 (12GB+128GB), Rp 26.999.000 (12GB + 512GB

Daya Tahan Lebih Lama

Pengguna Samsung mengharapkan perangkat foldable yang dirancang untuk penggunaan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, generasi terbaru Galaxy Z dibangun dengan craftsmanship yang lebih tangguh.

Pertama dalam sejarah smartphone foldable, Z Fold3 dilengkapi dengan IPX8 untuk ketahanan terhadap air, sehingga pengguna tak perlu lagi khawatir saat terkena hujan.

Smartphone ini juga dibuat dengan Armor Aluminum terbaru dari Samsung, aluminium terkuat yang pernah digunakan untuk sebuah smartphone. Tak hanya itu, ponsek ini juga dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass Victus yang lebih tahan goresan dan benturan saat jatuh.

Baca juga: Pre Order Dibuka, Segini Harga Samsung Galaxy Z Fold3 di Indonesia

Samsung juga melengkapi perangkat ini dengan film pelindung baru berbahan PET yang dapat meregang dan panel layar utama yang lebih optimal sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dibanding pendahulunya.

Galaxy Z Fold3 juga telah melalui tes pelipatan yang ketat, terverifikasi oleh Bureau Veritas, agar tahan dilipat selama 200.000 kali . Smartphone ini juga dilengkapi dengan AP fabrikasi 5nm terbaru yang powerful serta dukungan jaringan 5G.

Kelebihan Galaxy Z Fold3

Pengguna Z Fold3 akan bisa lebih menikmati tampilan film atau konten video layaknya di bioskop pada Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci tanpa gangguan notch maupun punch hole berkat teknologi terbaru kamera Under Display.

Dengan jumlah piksel minimal pada daerah layar yang berada tepat di atas kamera, Z Fold3 menawarkan area tampilan yang lebih luas untuk mengakses tiap aplikasi favorit.

Begitupun untuk kualitas gambarnya lebih berkualitas, berkat penggunaan teknologi layar Eco² terbaru, tingkat kecerahan layar mampu meningkat 29% dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

Fitur Galaxy Z Fold3 5G

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip3 di Indonesia, Mulai Rp 14 Jutaan

Pengguna bisa menikmati pengalaman scrolling yang lebih mulus dan tingkat interaksi dengan layar yang lebih responsif dengan Super Smooth 120Hz, fitur adaptive refresh rate yang kini bisa dinikmati di layar utama maupun maupun Cover Screen.

Untuk pertama kalinya di Galaxy Z series, Samsung membawa teknologi dari Galaxy Note series yang begitu digemari ke Z Fold3, yaitu fungsi S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, cocok untuk penggunaan multitasking yang mobile.

Pada layar utama Z Fold3 yang begitu lapang, pengguna bisa semakin mudah untuk menulis catatan saat melakukan panggilan video atau memeriksa to-do list saat membaca email.

S Pen untuk Z Fold3 hadir dalam dua pilihan, S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya mengusung Pro tip yang telah didesain khusus serta dibekali force limit technology untuk melindungi layar utama saat pengguna sedang memakai S Pen. Ditambah lagi dengan latensi yang lebih rendah.

Para konsumen yang produktif pun juga bisa menikmati fitur Flex Mode yang telah diperbarui di Z Fold3 untuk melakukan banyak hal sekaligus, seperti melakukan panggilan video di bagian atas layar seraya memeriksa catatan di bagian bawah layar.

Lalu, dengan Multi-Active Window terbaru di Z Fold3, membuat Anda bisa mencocokkan jadwak kegiatan dengan lebih mudah.

Baca Juga: Dirilis Resmi, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Flip3

Z Fold3 juga kini memungkinkan pengguna untuk membuka kembali aplikasi di kondisi yang sama saat terakhir kali ditutup dan langsung membuat shortcut berkat pengembangan pada fitur App Pair.

Tak ketinggalan, pengguna juga bisa menggunakan Taskbar baru di Z Fold3 untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat tanpa perlu kembali ke layar utama.

Spesifikasi Galaxy Z Fold3

Pengguna juga kini bisa mendapat akses ke lebih banyak aplikasi yang memaksimalkan teknologi layar lipat, agar pengguna bisa menikmati lebih banyak aplikasi yang didesain khusus sesuai kebutuhan pengguna yang unik.

Salah satu contohnya adalah bagaimana pengguna kini bisa menikmati video chatting pada Microsoft Teams yang telah dioptimalkan sepenuhnya, sehingga saat perangkat dalam kondisi terbuka, pengguna bisa melihat presentasi secara full-screen seraya melihat wajah kolega di bawahnya.

Begitupun saat menggunakan mode dual-pane pada Microsoft Outlook, memungkinkan pengguna untuk membaca email secara utuh sembari melihat preview dari email lain di sisi layar, sama halnya saat kita melihatnya di komputer.

Secara desain, Z Fold3 dibuat dengan desain yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan Galaxy Z Fold2. Samsung menawarkan tiga pilihan warna, Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Di Indonesia, harga Galaxy Z Fold3 varian RAM 12 GB dan internal 256 GB dibanderol Rp 24.999.000. Sementara untuk harga Galaxy Z Fold3 versi RAM 12 GB dan memori penyimpanan 512 GB resmi dibanderol dengan harga Rp 26.999.000. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0