telset

Samsung Siapkan RAM LPDDR5X, Debut di Galaxy S22 Ultra?

Telset.id, Jakarta – Kalau RAM LPDDR5 kurang bikin HP Android makin ngebut, Samsung kini menghadirkan RAM LPDDR5X yang kabarnya akan dipersiapkan untuk Galaxy S22 Ultra. RAM dengan kinerja jauh lebih kencang itu dibuat dengan proses fabrikasi 14nm.

RAM LPDDR5X buatan Samsung menawarkan kinerja 1,3 kali lebih cepat daripada LPDDR5. Juga, RAM ini memiliki konsumsi daya 20% lebih rendah daripada generasi sebelumnya.

Dilansir dari GizChina, Rabu (10/11/2021), RAM LPDDR5X ini menawarkan kapasitas hingga 16 GB. Tetapi perangkat ini bisa dikombinasikan dengan kapasitas maksimal mencapai 64 GB.

Baca Juga: Samsung Siapkan Tablet dengan Snapdragon 898

Kecepatan transfer datanya mencapai 8,5Gbps, yang mana lebih cepat dari LPDDR5 yang hanya menawarkan kecepatan 6,4Gbps. Mengingat peruntukannya untuk perangkat mobile, kemungkinan besar RAM ini bakal bisa digunakan di smartphone, tablet, laptop dan lainnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, augmented reality (AR) dan metaverse, yang sangat mengandalkan pemrosesan data skala besar yang cepat, telah berkembang pesat,” ujar SangJoon Hwang, SVP and Head of the DRAM Design Team at Samsung Electronics.

Baca Juga: Samsung Galaxy A53 5G Tampil Lebih Tipis

“LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi edge berbasis AI seperti server dan bahkan mobil,” sambungnya.

RAM LPDDR5X akan Debut di Galaxy S22?

RAM LPDDR5X Samsung Galaxy S22 Ultra
Bocoran wujud Samsung Galaxy S22 Ultra

Menyusul kehadiran teknologi RAM baru ini, timbul asumsi yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S22 akan menjadi debut dari RAM LPDDR5X.

Masalahnya adalah laporan terbaru menunjukkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan teknologi RAM baru ini pada bulan Februari.

Pada saat yang sama, model Galaxy S22 diharapkan untuk memasuki pasar lebih cepat. Tapi ada asumsi lain yang menyebutkan bahwa RAM LPDDR5X baru mungkin datang dengan bersama Samsung Galaxy S22 Ultra yang menyusul diluncurkan.

Baca Juga: Bocoran Foto Asli Galaxy S22 Ultra

Sebelumnya beredar gambar yang disebut sebagai Samsung Galaxy S22 Ultra, dan terlihat memiliki layar berlubang dengan tepi melengkung. Hal ini sesui dengan bocoran sebelumnya yang menyebutkan bahwa HP ini akan memiliki desain layar dengan notch bergaya waterdrop.

Gambar juga menunjukkan bahwa Galaxy S22 Ultra juga menyertakan ruang khusus untuk S Pen. Ini menguatkan laporan sebelumnya berdasarkan render awal yang menyebutkan ponsel ini memiliki slot S Pen pada bodinya.

Sayangnya, masih belum ada informasi yang mengungkap besaran RAM dan juga kapasitas memori penyimpanan internal dari calon HP terbaru Samsung tersebut. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0