telset

Samsung Siapkan Tablet Pertama dengan Prosesor Snapdragon 898

Telset.id, Jakarta – Xiaomi 12 boleh saja menjadi salah satu kandidat kuat sebagai HP dengan Snapdragon 898 pertama. Tapi kalau berbicara soal tablet, Samsung dilaporkan bakal menjadi yang pertama dengan prosesor terbaru nan kencang Snapdragon 898.

Menurut laporan yang dikutip dari GizChina, Selasa (9/11/2021), tablet Samsung terbaru dengan model SM-X808U muncul di database Geekbench baru-baru ini.

Data tersebut menunjukkan bahwa perangkat ini dilengkapi chip dengan clock tertinggi mencapai 3 GHz. Berdasarkan laporan sebelumnya, seharusnya tablet Samsung ini akan ditenagai oleh prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 898.

Baca Juga: Samsung Buka Suara Soal Regulasi Baru TKDN 35%

Snapdragon 898 dilaporkan akan dibuat menggunakan proses manufaktur 4nm. Prosesor tersebut terdiri dari tiga kluster, antara lain 1-core Cortex X2 dengan clock-speed 3 GHZ, 2-core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5 GHz, dan 4-core efisien Cortex-A510 dengan clock-speed 1,79 GHz.

Kartu grafisnya mengandalkan GPU Adreno 730 dan X65 (downlink 10Gbps). Dalam hal kinerja, Snapdragon 898 dikatakan sekitar 20% lebih tinggi dari Snapdragon 888.

Hasil Benchmark Snapdragon 898

tablet snapdragon 898

Dengan spesifikasi kelas atas, prosesor Snapdragon 898 memiliki skor benchmark pada single-core sekitar 1.300 poin dan skor multi-core sekitar 4.000 poin.

Sementara dari bocoran tablet Samsung terbaru yang beredar hanya memiliki single-core 1211 dan multi-core 3193, yang terdapat perbedaan besar dalam multi-core.

Saat ini, tidak ada banyak informasi spesifik tentang perangkat tersebut. Namun, ada spekulasi bahwa tablet Samsung itu mungkin akan datang dengan prosesor Snapdragon 898.

Baca Juga: Qualcomm Umumkan Tanggal Debut Prosesor Snapdragon 898

​​Performanya akan lebih rendah dari yang seharusnya. Tetapi untuk perangkat tablet, performanya cukup untuk mendukung penggunaan sehari-hari.

Keunggulan dari tablet biasanya bukan pada segi prosesor. Layar dan baterai mungkin lebih penting untuk tablet daripada prosesor. Namun, ini relatif karena pengguna akan memiliki preferensi yang berbeda.

Baca Juga: Prosesor Snapdragon 778G+, 690, 680 dan 480+ Dirilis

Batch pertama perangkat dengan Qualcomm Snapdragon 898 kabarnya akan diluncurkan sekitar pertengahan Desember 2021. Sebelumnya Xiaomi dikabarkan akan menjadi vendor smartphone pertama yang menggunakan chipset baru ini.

Selain Xiaomi, Vivo pun disebut-sebut akan menjadi HP pertama yang menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm.

Jika kabar mengenai tablet bertenaga Snapdragon 898, maka Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang menggulirkan tablet dengan chipset kelas atas tersebut. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0