telset

5 Alasan Kenapa Samsung Galaxy S22 Lebih Baik dari iPhone 13

Telset.id – Dua perusahaan teknologi besar, Samsung dan Apple sedang bersiap untuk melahirkan smartphone terbaru mereka. Samsung akan meluncurkan Galaxy S22, sementara Apple bakal merilis iPhone 13.

iPhone 13 bakal menyambangi para Apple Fanboy – fans Apple jelang akhir tahun 2021, tepatnya pada bulan September mendatang. Apple tentu saja menaruh harapan besar pada ponsel terbarunya.

Perusahaan asal Cupertino ini bahkan sangat percaya diri dengan penjualan suksesor iPhone 12 itu. Salah satu buktinya, Apple telah memesan lebih dari 100 juta chip A15 Bionic untuk iPhone 13.

Hal ini pun memberikan sebuah gambaran tentang skala potensial dari penjualan suksesor iPhone 12 ke depannya. Apple bisa dibilang sangat percaya diri kalau ponsel terbarunya akan laris manis di pasaran.

iPhone 13 Wireless Charging
Ilustrasi desain iPhone 13

Hanya saja, harapan Apple terhadap iPhone 13 bisa saja dijegal oleh Samsung dengan seri Galaxy S22 yang juga bakal diperkenalkan.

Dilansir Telset dari Tom’s Guide, Rabu (28/7/2021), smartphone terbaru Samsung itu dirumorkan bakal mengusung sejumlah teknologi, spesifikasi, dan fitur terbaru yang dapat melampaui iPhone 13.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa Samsung Galaxy S22 jauh lebih bagus daripada iPhone 13. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kolaborasi Samsung dan AMD

Samsung Galaxy S22 iPhone 13
Samsung rumornya akan berkolaborasi dengan AMD untuk merancang prosesor Exynos terbaru

Samsung Galaxy S22 kemungkinan bakal ditenagai oleh prosesor Exynos terbaru yang memiliki kartu grafis berbasis AMD RDNA2. Chipset tersebut merupakan hasil kolaborasi strategis yang dilakukan Samsung bersama AMD.

Kartu grafis ini menawarkan ray-tracing dan shading tingkat variabel dan menjanjikan kinerja grafis kelas atas yang belum pernah terjadi sebelumnya di ponsel Android.

Dari bocoran yang beredar, chipset Exynos hasil rancangan Samsung dan AMD memiliki skor benchmark tinggi berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dengan skema Wild Life.

{Baca juga: Bos AMD Konfirmasi Chipset Exynos Terbaru Gunakan GPU AMD Radeon}

Prosesor tersebut meraih skor sebesar 8.134 poin dengan rata-rata frame rate mencapai 50,3 FPS. Sebagai perbandingan, iPhone 12 Pro Max meraih skor 6.618 dan 39 FPS di pengujian yang sama.

Memang belum diketahui seberapa cepat Apple A15 Bionic. Namun setidaknya, kita tahu bahwa prosesor Exynos buatan Samsung dan AMD ini sangatlah kencang.

2. Desain yang Benar-benar Canggih

Samsung Galaxy S22 iPhone 13
Ilustrasi desain Samsung Galaxy S22

Rumornya, iPhone 13 akan memiliki desain yang kurang lebih sama dengan iPhone 13 Series. Bedanya, Apple akan memperkecil ukuran notch atau poni hingga 25%.

Berbeda dengan Samsung, perusahaan asal Korea Selatan itu memiliki rencana yang lebih ambisius untuk ponsel flagship terbarunya.

Ponsel terbaru Samsung ini disebut-sebut akan menampilkan kamera selfie di bawah layar yang membuatnya tampil fullscreen tanpa gangguan. Tentu, itu jauh lebih baik daripada notch iPhone 13.

Samsung juga akan menyematkan teknologi sensor sidik jari di dalam layar pada ponsel flagship-nya. Sementara Apple dilaporkan tidak akan membawa Touch ID sampai seri iPhone 14 pada tahun 2022 mendatang.

3. Kamera Olympus

Samsung Galaxy S22 iPhone 13
Samsung dan Olympus rumornya akan meracik kamera untuk Galaxy S22 Series

Soal kamera, Samsung Galaxy S22 juga diklaim akan lebih baik. Alasannya, smartphone terbaru Samsung itu akan dilengkapi dengan kamera yang diracik oleh Olympus.

Dikabarkan, perusahaan bersama Olympus bakal menjalin kerja sama untuk merancang teknologi kamera pada Galaxy Fold edisi khusus atau Galaxy S22 Ultra.

{Baca juga: Samsung Galaxy S22 Ultra akan Pakai ‘Kamera Monster’ 200 MP}

Di samping kolaborasi dengan Olympus, Samsung tetap harus meningkatkan software kamera dan fotografi komputasional pada Galaxy S22 agar kualitas kameranya bisa melebihi iPhone 13.

Sebab, kabarnya iPhone 13 akan didukung oleh mode mode video portrait terbaru bersama dengan fitur astrofotografi untuk memotret langit malam.

4. Layar 120Hz

Samsung Galaxy S22 iPhone 13
Seluruh seri akan didukung dengan layar 120Hz

Trio Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra dipastikan bakal mengusung layar dengan dukungan refresh rate 120Hz. Lain hal dengan iPhone 13, hanya versi Pro dan Pro Max saja yang akan mendukung ProMotion 120Hz.

Belum lagi, Svarian Ultra melangkah lebih jauh dengan panel LTPO terbaru. Panel layar ini memungkinkan refresh rate turun hingga 10Hz untuk masa pakai baterai yang lebih lama.

5. Fast Charging

Samsung Galaxy S22 iPhone 13
Fast charging 65W jauh melampaui 25W dari iPhone 13

Samsung dirumorkan akan menghadirkan teknologi pengisian daya cepat dengan output 65W pada Galaxy S22 Series. Memang, ini tak secepat fast charging pada ponsel Android lainnya yang bahkan mencapai 120W.

{Baca juga: Trio Samsung Galaxy S22 Bakal Didukung Fast Charging 65W}

Akan tetapi, kecepatan fast charging 65W jauh melampaui kemampuan pengisian daya 25W milik iPhone 13. Ya, ada desas-desus bahwa Apple akan meningkatkan kemampuan fast charging 20W pada iPhone 12 Series ke 25W untuk iPhone generasi terbaru.

Well, kelima alasan mengapa Samsung Galaxy S22 bisa lebih baik daripada iPhone 13 yang tadi kami sebutkan, didasari dari beberapa bocoran yang beredar di internet. Sebaiknya, kita nantikan kehadiran dari dua ponsel flagship tersebut ya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0