Qualcomm Siapkan CPU Berbasis ARM 12 Core, Rilis Tahun 2024

Telset.id, Jakarta – Qualcomm telah membuat chipset untuk PC sejak tahun 2021 silam, dikabarkan mereka akan menyiapkan CPU terbaru berbasis ARM 12 core untuk tahun 2024.

Upaya Qualcomm dalam menyiapkan CPU sejauh ini cukup berkembang, walaupun sebagian besar prosesor mereka menggunakan kembali desain dari chipset untuk ponsel.

Sebelumnya juga Qualcomm telah mencoba masuk ke pasar PC di beberapa tahun lalu dengan chipset besutan mereka, seperti Snapdragon 7c dan Snapdragon 8cx.

Menurut sumber terpercaya yang mengetahui informasi tersebut mengklaim bahwa perusahaan berbasis di Amerika Serikat itu akan lebih serius menggarap proyek tersebut  dan akan merilis CPU desktop yang baik.

BACA JUGA:

Laporan tersebut mengklaim bahwa CPU desktop Qualcomm mendatang akan dirilis pada tahun 2024 dengan kode nama “Hamoa”. Kode nama ini setidaknya akan membantu kita untuk melacak perkembangan chip tersebut di masa mendatang.

Dikutip Telset dari GSM Arena, Selasa (08/11/2022), chip Hamoa akan memiliki CPU berbasis 12 core dalam konfigurasi 8+4. Cluster besar terdiri dari delapan core digunakan untuk kinerja, sedangkan empat cluster lainnya hemat energi. Chip ini juga akan mendukung penggunaan GPU diskrit.

Kabarnya, Qualcomm akan menggunakan desain inti dari Phoenix Nuvia, yang dikembangkan oleh mantan insinyur Apple yang telah mengerjakan chipset Apple berbasis ARM saat ini.

Qualcomm sudah mengakuisisi startup Nuvia pada awal tahun 2021 silam dengan mahar USD 1,4 miliar, sehingga tidak mengherankan bahwa perusahaan akan mempekerjakan beberapa arsitektur baru untuk mengerjakan proyek ini.

Sebagai informasi, Nuvia didirikan pada tahun 2019 oleh tiga orang mantan karyawan Apple yang sebelumnya mengembangkan SoC seri-A modular yang kini digunakan oleh Apple untuk perangkat iPhone dan iPad.

BACA JUGA:

Qualcomm juga akan menjanjikan peningkatan kinerja prosesor dari 50% hingga 100% dalam batas 5 watt per inti. Itu tentu saja berdasarkan angka masing-masing dari tahun 2020.

Membaca laporan tersebut memberikan kita sedikit gambaran bahwa kinerja chip desktop Qualcomm mendatang akan sangat menjanjikan. Setidaknya kita bisa mendapatkan pengalaman menggunakan Windows dengan CPU berbasis ARM yang lebih baik. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0