Qualcomm Rilis Snapdragon XR2+ Gen 1, Chipset untuk Headset VR

Telset.id,  Jakarta – Qualcomm meluncurkan chipset Snapdragon XR2+ Gen 1. Chipset yang mendukung perangkat headset Virtual Reality dan Mix Reality (VR/MR), buatan Meta yaitu Meta Quest Pro VR/MR.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Kamis (13/10/2022), Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 1 hadir dengan alur pemrosesan gambar di teknologi VR dengan latensi kurang dari 10ms.

Selain itu chipset Qualcomm untuk VR ini juga mendukung video 8K 60 fps 360 derajat, teknologi  pelacakan kepala, tangan dan pengontrol. Berikutnya teknologi rekonstruksi 3D, pemetaan ruangan otomatis, dan kepadatan piksel tinggi.

Chip ini memiliki kinerja termal yang 30% lebih baik dan daya berkelanjutan 50% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Qualcomm mengatakan beberapa perusahaan teknologi VR telah berkomitmen untuk meluncurkan perangkat yang didukung oleh Snapdragon XR2+ pada akhir tahun ini.

Salah satunya adalah Meta dengan perangkat Meta Quest Pro VR/MR. Adapun perangkat VR ini ternyata tidak hanya ditenagai oleh Snapdragon XR2+ Gen 1.

Perangkat pengendalinya yaitu Meta Quest Touch Pro, memakai chipset Snapdragon 662. Dengan menggunakan chipset tersebut memungkinkan mereka untuk melacak melalui beberapa kamera yang tertanam di perangkat dan menawarkan latensi ultra-rendah ke headset.

BACA JUGA:

Snapdragon W5 Gen 1 dan W5+ Gen 1 Dirilis

Qualcomm Snapdragon XR2+

Sebelumnya pada Juli 2022 lalu, Qualcomm memperkenalkan chipset untuk perangkat wearable terbarunya Snapdragon W5 Gen 1 dan Snapdragon W5+ Gen 1. Kedua chip baru ini merupakan penerus Snapdragon Wear 4100/4100+.

Snapdragon W5 Gen 1 dan W5+ Gen 1 merupakan chip seri terbaru Qualcomm yang akan menggantikan slot Wear 4100/4100+ untuk perangkat wearable mendatang.

Kedua chip baru ini diklaim membawa peningkatan kecepatan yang signifikan hingga 2x dibanding seri sebelumnya. Selain itu, kedua chip ini juga memberikan peningkat masa pakai baterai yang lebih lama hingga 50%.

BACA JUGA:

Peningkatan itu karena Qualcomm menggunakan proses manufaktur semikonduktor 4nm (nanometer) yang lebih canggih dari sebelumnya, dan juga desain chip yang ditingkatkan.

W5+ Gen 1 dilengkapi unit Always-ON (AON) yang dioptimalkan untuk pengenalan suara, pemutaran media, positioning, dan tugas lain yang tidak memerlukan prosesor pusat untuk ON. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0