telset

Qualcomm Bikin Prosesor untuk PC, Siap Tantang Apple M1

Telset.id, Jakarta – Qualcomm menjadi salah satu produsen chipset yang sudah begitu dikenal di industri smartphone. Namun ini tak membuat Qualcomm berpuas diri, kabarnya mereka juga akan segera membuat prosesor Qualcomm untuk PC.

Dilansir dari GizChina, Rabu (17/11/2021), Qualcomm mengumumkan rencana untuk membuat prosesor ARM yang dirancang untuk digunakan oleh PC berbasis Windows.

Baca Juga: Qualcomm Umumkan Tanggal Debut Prosesor Snapdragon 898

Prosesor Qualcomm untuk PC ini dijadwalkan meluncur pada tahun 2021. Nantinya prosesor besutan Qualcomm ini akan bersaing dengan chip seri-M garapan Apple.

Prosesor Qualcomm untuk PC Siap Meluncur 2023

prosesor qualcomm pc

Dr James Thompson, CTO Qualcomm, mengumumkan rencana untuk merilis chip baru di acara investor. Perusahaan telah berjanji untuk memberikan sampel produk baru kepada pelanggannya sekitar sembilan bulan sebelum diluncurkan pada tahun 2023.

Prosesor Qualcomm untuk PC ini akan menjadi tanggung jawab pengembangan tim Nuvia, yang diakuisisi Qualcomm awal tahun ini dengan mahar seharga USD 1,4 miliar.

Baca Juga: Prosesor Snapdragon 778G+, 690, 680 dan 480+ Dirilis

Sebagai informasi, Nuvia didirikan pada 2019 yang lalu oleh tiga mantan karyawan Apple yang sebelumnya bekerja pada SoC seri-A modular yang kini digunakan oleh iPhone dan iPad.

Qualcomm mengatakan chip baru untuk PC ini akan mampu memberikan kinerja tingkat tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

Selain itu, perusahaan telah berjanji untuk meningkatkan kinerja solusi grafis Adreno untuk menghadirkan pengalaman gaming kelas desktop ke produknya.

Bagi Anda yang belum tahu, Qualcomm telah mencoba masuk ke pasar PC di masa lalu dengan chip seperti Snapdragon 7c dan 8cx.

Namun saat itu, kinerja dan efisiensi daya dari solusi ini kalah saing dengan solusi yang ditawarkan oleh Apple pada chip komputer seri-M andalan mereka.

Saat ini Qualcomm masih berfokus dengan beragam chipset smartphone buatannya. Terbaru, mereka baru saja merilis empat chipset sekaligus, Snapdragon 778G+, Snapdragon 690, Snapdragon 680 dan Snapdragon 480+.

Baca Juga: Snapdragon Insiders Resmi Hadir di Indonesia

Selain itu, satu buah chipset high end baru juga disiapkan dan konon akan dinamai Snapdragon 898.

Rumornya, chipset kelas flagship tersebut akan diperkenalkan dalam acara Snapdragon Tech Summit yang bakal digelar pada 30 November sampai 2 Desember 2021. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0