Gantikan Intel, Apple Siapkan Prosesor ARM untuk MacBook dan iMac

prosesor ARM Apple

Telset.id, Jakarta – Apple dilaporkan sedang mempersiapkan prosesor berbasis ARM pertamanya untuk Apple MacBook dan iMac generasi terbaru. Rencananya, prosesor Apple ini bakal diperkenalkan resmi di acara tahunan mereka, Apple WWDC 2020 yang digelar 22 Juni mendatang.

Apple telah sukses besar lewat prosesor seri A yang mereka gunakan pada iPhone dan iPad. Kini, kesuksesan itu akan dilanjutkan ke laptop dan PC mereka, MacBook dan iMac.

Prosesor berbasis ARM buatan Apple nantinya akan menggantikan prosesor Intel yang selama ini dipakai.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Dilaporkan 9to5Mac, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (10/06/2020), prosesor Apple ini akan dirancang menggunakan fabrikasi proses 5nm. Ketika pengembangannya selesai, prosesor tersebut bakal dipasangkan ke MacBooc 12 inci.

Adapun prosesor ini digadang-gadang akan memiliki performa yang jauh lebih tinggi dan memiliki efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor intel.

Hadirnya prosesor ini tidak hanya mengurangi ketergantungan Apple pada prosesor Intel, tapi juga untuk membuat ongkos produksi menjadi lebih murah. Prosesor berbasis ARM sejauh ini berfungsi dengan sangat baik pada iPhone dan iPad. Maka,  akan sangat menarik apabila diterapkan pada perangkat PC.

{Baca Juga: Apple Bakal Merevolusi Pengambilan Foto Narsis via iPhone?}

Apple sendiri telah menggelontorkan dana yang besar untuk pengembangan prosesor. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut juga menyiapkan akses ke para developer untuk membuat kompatibilitas aplikasi ke platform baru dari prosesor buatan mereka.

Namun, tentunya kabar tersebut masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut ketika penyelenggaraan Apple WWDC 2020 berlangsung. Selain pengumuman prosesor berbasis ARM, kita juga tentunya masih menantikan pengumuman lainnya dari Apple, seperti iOS 14, macOS 10.16, dan watchOS 7. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here