Aneh, iOS 14 akan Punya Fitur Rekaman Panggilan?

iPhone OS iOS14 Beta Public

Telset.id, Jakarta  – Lewat iOS 14, Apple kabarnya menghadirkan fitur baru berupa rekaman panggilan. Rumor menyebut, fitur tersebut bernama IT Home. Seperti apakah fungsi dan manfaat fitur baru itu?

Selama ini, Apple konsisten dengan komitmen menjaga privasi pengguna. Soal praktik merekam panggilan, menurut undang-undang, bisa jadi sah atau ilegal tergantung kepada negara di mana Anda berada.

{Baca juga: Fitur Paling Dinanti Apple Fanboy Hadir di iOS 14, Apa Itu?}

Sebagai contoh, beberapa negara bagian di AS memiliki persyaratan hukum persetujuan satu pihak. Artinya, sah untuk merekam panggilan selama salah satu peserta panggilan, semisal Anda, sadar dan menyetujuinya.

Negara-negara lain memiliki persyaratan dimana kedua pihak harus secara eksplisit memberikan persetujuan untuk perekaman panggilan. Dua negara yang menerapkan aturan tersebut adalah Australia dan India.

Dua negara itu melarang rekaman panggilan secara keseluruhan. Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (9/6/2020), dalam fitur khusus di iOS 14 Apple menghadirkan fitur rekaman panggilan yang memungkinkan pengguna untuk merekam panggilan.

Panggilan yang dimaksud ini termasuk layanan suara biasa maupun FaceTime. Meski demikian, pengguna tetap harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu. Artinya, hal tersebut lebih merupakan pedoman daripada persyaratan teknis.

Kalau dipikir-pikir, tidak masuk akal Apple akan menghadirkan fitur itu di iOS 14. Sebab, sekali lagi, Apple adalah perusahaan yang berkomitmen tinggi terhadap privasi pengguna. Apakah Apple berubah komitmen?

Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple belum menghadirkan fitur tersebut ke Safari untuk perangkat iOS.

{Baca juga: iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari}

Memang, tak sedikit pengguna perangkat iOS yang mengaku agak kesulitan menjelajahi situs dalam bahasa lain via Safari lantaran belum ada terjemahan bawaan. Sebentar lagi, berkat iOS 14, mereka tak akan lagi bingung.

iOS 14 bakal menghadirkan fitur terjemahan di perangkat Apple. Menariknya, fitur terjemahan tersebut bersifat default alias bawaan.

Merujuk versi awal iOS 14 yang sebelumnya bocor, fitur terjemahan di Safari bakal mirip dengan yang ada di Google Chrome. Pengguna akan memiliki opsi untuk menerjemahkan secara manual masing-masing situs. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here