MacBook Pro Touch Bar Segera Masuk Daftar “Barang Antik” per 31 Juli

Telset.id, Jakarta – Apple akan menempatkan model pertama MacBook Pro yang dilengkapi dengan Touch Bar ke dalam daftar “produk vintage” atau barang antik pada akhir Juli nanti.

Apple memang secara teratur menetapkan perangkat kerasnya sebagai produk kadaluwarsa. Sebagian produk lawas masuk rak koleksi barang antik setiap tahun.

Seperti Telset kutip dari Apple Insider, Senin (11/7/2022), produk yang akan masuk daftar barang antik di tahun ini adalah model pertama MacBook Pro yang dilengkapi dengan Touch Bar, mulai 31 Juli 2022 nanti.

Daftar produk yang akan menjadi barang antik Apple di bulan Juli, termasuk MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 15-inci edisi 2016, MacBook 12-inci 2016, serta MacBook Air edisi 2015.

BACA JUGA:

Selain itu, menurut memo internal yang diperoleh MacRumors menyebutkan, bahwa daftar produk vintage Apple itu juga masih akan bertambah dengan dua produk iMac jadul, yakni iMac 21,5 inci 2015 dan iMac Retina 5K 27 inci 2015.

Sementara untuk produk iPad, Apple juga akan memasukan seri iPad Pro 9,7 inci sebagai barang antik pada saat yang sama, lanjut memo itu. Semua produk akan ditetapkan sebagai barang vintage pada 31 Juli.

Lalu, bagaimana Apple menetapkan produk yang sudah harus masuk daftar usang Klasifikasi “vintage” diberikan pada produk yang sudah berusia lima tahun setelah Apple berhenti mendistribusikannya untuk dijual.

Produk vintage biasanya tidak lagi layak untuk diservis, atau tidak semudah item non-vintage. Walaupun kemungkinan masih bisa diservis, tapi sangat jarang terjadi. Hal itu disebabkan karena suku cadangnya sudah jarang tersedia, sehingga tidak lagi memungkinkan untuk diperbaiki.

Biasanya setelah tujuh tahun tidak tersedia, produk dianggap “usang”, dan tidak memenuhi syarat untuk servis perangkat keras di Apple Store, atau melalui pusat perbaikan resmi. Aturan ini diterapkan Apple dengan tanpa pengecualian.

Penambahan model MacBook Pro ke dalam daftar barang antik akan cocok untuk Touch Bar, karena ini adalah fitur yang Apple hampir sepenuhnya tidak lagi memberikan dukungan.

Dari semua model MacBook Pro yang tersedia untuk dijual, MacBook Pro 13 inci adalah produk yang terakhir menggunakan fitur Touch Bar.

BACA JUGA:

Penyematan fitur Touch Bar sendiri dimulai ketika Apple merilis MacBook Pro 2016. Menurut Apple, potongan layar sentuh kecil itu untuk menawarkan kedinamisan.

Pengguna jadi memungkinkan untuk berinteraksi dengan konten di layar utama.  Touch bar juga untuk menambah kemudahan akses ke aplikasi tertentu.

Anehnya, tidak pernah ada pembaruan MacOS yang memperkenalkan fitur terbaru Touch Bar. Apple seolah tidak serius mendukung eksistensi Touch Bar. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0