Fitur Baru macOS Ventura untuk Mac Lebih Multitasking, Cek Daftarnya!

Telset.id, Jakarta – Apple memperkenalkan MacOS 13 atau MacOS Ventura ke publik dalam ajang WWDC 2022. OS terbaru itu menawarkan sederet fitur menarik yang berguna untuk pengguna yang suka multitasking.

OS terbaru ini membawa beberapa pembaruan yang cukup besar ke Mac, meskipun akan berlebihan jika menyebut macOS Ventura sebagai perombakan total dari OS.

Pasalnya fitur yang diberikan cukup banyak dan sesuai dengan kebutuhan pengguna MacBook yang kerap melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan atau multitasking.

Pembaruan ini membawa beragam inovasi menarik dan fitur-fitur yang lebih bertenaga. Yang menarik, Anda akan dapat menyinkronkan iPhone ke Mac untuk menjadi webcam.

Selain itu, macOS Ventura memperkenalkan sejumlah pembaruan untuk fitur Messages, Mail, dan Safari. Apple juga melihat masa depan tanpa kata sandi dengan pengenalan Passkeys di Mac.

Perangkat lunak operasi Mac yang baru membawa beberapa pembaruan yang cukup besar ke Mac, meskipun masih belum bisa juga menyebut macOS Ventura sebagai perombakan total OS.

Namun Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple memastikan bahwa macOS Ventura banyak dibekali fitur baru yang lebih inovatif untuk membantu pengguna menikmati Mac secara lebih maksimal.

Misalnya menyelaraskan Mac dengan perangkat Apple lainnya, seperti iPad, yang akan berbagi banyak fitur utama macOS Ventura melalui pembaruan iPadOS 16. Selain itu, Apple juga sudah mengumumkan chip silicon M2 baru.

Pembaruan macOS Ventura ini tidak untuk beberapa Mac lama. Apple tampaknya membedakan antara unit berbasis Intel dan unit dengan chip silicon M2 nya sendiri.

MacOS Ventura beta sekarang tersedia untuk pengembang, dengan beta publik datang bulan depan untuk peserta dalam program beta Apple. Peluncuran penuh macOS Ventura mungkin dapat diharapkan nanti di bulan September, setelah Apple merilis pembaruan macOS.

BACA JUGA:

Fitur Baru macOS Ventura

Pembaruan macOS Ventura sebagian besar berfokus pada peningkatan produktivitas dalam bentuk multitasking baru dan integrasi yang lebih erat dengan iPhone dan iPad.

Berikut adalah daftar terperinci dari semua pembaruan dan fitur baru macOS Ventura yang diumumkan Apple di ajang WWDC 2022:

Stage Manager

Fitur macOS Ventura macOS 13
Stage Manager macOS Ventura (Foto: Apple)

Apple kini memiliki solusi untuk mengatur beberapa jendela dan aplikasi yang terbuka dengan mode tampilan baru bernama Stage Manager. Dengan fitur ini, macOS akan otomatis dapat merapihkan aplikasi dan window yang dibuka, agar Anda tetap bisa fokus pada layar yang sedang dikerjakan, dengan tetap dapat melihat jendela aplikasi lainnya secara cepat.

Jendela aplikasi yang sedang Anda kerjakan akan tampil di tengah layar, dan aplikasi yang sedang tidak digunakan akan tersimpan di sisi kiri secara vertikal untuk dapat tetap diakses. Anda juga bisa mengelompokkan jendela aplikasi sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan secara spesifik.

Anda juga bisa menggunakan fitur Stage Manager berbarengan dengan fitur kelola desktop bawaan komputer Mac yang selama ini sudah dikenal, yaitu Mission Control dan Spaces. Selain itu, Anda juga bisa kembali mengakses dokumen di desktop dengan sekali klik saja.

Continuity Camera

macOS Ventura dibekali fitur Continuity Camera, yang akan “mengubah” iPhone Anda menjadi webcam di Mac. Jadi ketika iPhone didekatkan ke Mac, secara otomatis akan mengenali dan menggunakan kamera di iPhone, tanpa perlu menghubungkannya di Mac.

Jadi, Anda tidak perlu repot mengaktifkan mode pairing, atau instal aplikasi tambahan, dan bahkan tidak perlu menghidupkan layar iPhone terlebih dahulu. Koneksi Mac dan iPhone di Continuity Camera semua dilakukan secara nirkabel, sehingga lebih cepat dan tidak ribet

Selain mengubah iPhone Anda sebagai webcam di Mac, fitur Continuity Camera juga mendukung beragam fitur kamera canggih, seperti Center Stage, Portrait Mode dan Studio Light.

Hal menarik lainnya dari fitur baru ini adalah mode kamera Ultra Wide di iPhone bisa Anda gunakan sebagai fitur Desk View. Fitur ini akan menampilkan wajah Anda saat panggilan video, sekaligus tampilan dari atas yang menyorot meja kerja Anda.

Continuity Camera MacOS Ventura
Continuity Camera MacOS Ventura

Fitur ini akan sangat berguna saat Anda membuat video penjelasan atau video review produk yang membutuhkan kamera yang menyorot ke bawah atau ke meja kerja Anda dengan lebih mudah lewat FaceTime misalnya.

Untuk membuat penggunaan iPhone lebih mudah, dudukan khusus akan memungkinkan Anda menopangnya di Mac. Apple mengatakan stand itu akan diluncurkan akhir tahun ini.

Hal baru lainnya adalah fitur Handoff kini diperluas ke FaceTime. Tujuannya untuk dapat membantu Anda melakukan panggilan FaceTime di perangkat pertama, misalkan iPhone, lalu dipindahkan ke Mac tanpa terputus.

Well, Apple mencoba untuk mengintegrasikan produknya satu sama lain dengan lebih baik dari sebelumnya, dan sepertinya fitur Continuity Camera ini menunjukkan Apple sudah melangkah ke arah itu.

Peningkatan Safari

Safari macOS Ventura
Safari macOS Ventura

macOS Ventura membawa sejumlah fitur baru di Safari. Fitur baru di browser Safari ini lebih banyak mengedepankan mode terhubung ke pengguna lain dan penggunaan yang lebih luas.

Fitur baru di Safari ini memungkinkan Anda dapat berbagi Tab Groups untuk berbagi daftar web favorit dengan teman, keluarga, atau kolega Anda dan saling melihat konten apa yang saat itu diakses secara langsung.

Pengguna juga dapat membuat daftar bookmark bersama dan berinteraksi di Safari melalui Messages atau panggila lewat FaceTime secara langsung di Safari. Fitur ini sangat cocok dipakai untuk kelompok diskusi.

Passkeys

Seperti yang diumumkan pada bulan Mei lalu, Apple beralih dari penggunaan password (kata sandi) ke “passkey” (kunci sandi). Ini adalah kredensial generasi berikutnya yang menggunakan kunci digital unik untuk menjaga keamanan akun.

Safari macOS Ventura
Safari macOS Ventura

Passkeys tetap ada di perangkat dan tidak dibagikan di server web. Mereka tidak dapat di-phishing dan hanya dapat diakses melalui Touch ID atau Face ID dan dapat disinkronkan di seluruh perangkat, seperti Mac, iPhone, iPad, dan Apple TV dengan iCloud Keychain.

Fitur keamanan baru ini juga akan dapat digunakan secara lintas aplikasi dan website, sehingga Anda dapat login di web atau aplikasi yang ada di luar produk Apple.

Perbaikan email

Mail macOS 13
Mail macOS Ventura

Pencarian dalam aplikasi Mail baru saja mengalami perubahan penuh dengan macOS Ventura. Pencarian lebih intuitif dan pengguna dapat mencari dalam email, kontak, dokumen, foto terbaru. Pencarian jauh lebih cepat dan juga akan mengoreksi kesalahan ketik.

Mail juga mendapatkan deteksi otomatis jika dokumen tidak dilampirkan — fitur yang sudah lama dimiliki Gmail. Anda juga dapat menjadwalkan email dan membatalkan email yang baru saja dikirim.

Pembaruan Fitur Messages

Pesan di Mac mendapat beberapa pembaruan penting dengan macOS Ventura, mirip dengan fitur yang datang ke iPad dan iPhone. Anda sekarang dapat mengedit atau membatalkan pesan yang baru saja dikirim, menandai pesan sebagai belum dibaca, atau bahkan memulihkan pesan yang terhapus secara tidak sengaja.

Messages macOS 13
Messages macOS Ventura

Fitur baru lainnya seperti utas pesan gabungan untuk dokumen bersama tertentu. Misalnya, jika Anda membagikan file melalui Messages menggunakan lembar berbagi atau seret dan lepas, mereka dapat memilih untuk membagikan salinan atau berkolaborasi.

Jika mereka memilih untuk berkolaborasi, semua orang di Messages akan ditambahkan secara otomatis. Jika seseorang sedang mengedit dokumen bersama, pembaruan aktivitas muncul di bagian atas utas.

BACA JUGA:

Spotlight

Spotlight di Mac memiliki fitur Quick Look atau “tampilan cepat” yang diperbarui yang memunculkan beberapa informasi kepada Anda untuk pratinjau file. Fitur ini memungkinkan Anda mencari konten foto dari photo library di komputer Mac atau bahkan di web lewat Spotlight.

Menariknya, sasil pencarian gambar yang ditemukan oleh Spotlight akan bisa dipindai oleh Live Text untuk mengambil teks yang ada di gambar tersebut, untuk disalin ke aplikasi catatan.

Spotlight juga sudah mendukung perintah sederhana yang mudah, seperti membuat Timer, membuat catatan dokumen baru, atau menjalankan Shortcut secara cepat. Spotlight juga sekarang menampilkan hasil yang lebih kaya untuk beberapa personalities, seperti artis, film, aktor, olahragawan, dan acara TV.

Spotlight macOS 13
Spotlight macOS Ventura

Peningkatan Fitur Gaming

Apple menjanjikan pengalaman bermain game yang lebih hebat dengan Metal 3 sebagai API baru untuk membantu pengembang mengolah grafis 3D dari game yang didesain untuk seluruh produk Apple. Matal 3 diklaim akan membuat para gamer merasa permainan akan lebih responsif dan grafik yang terlihat memukau.

Para pengembang aplikasi dan games dapat memanfaatkan CPU Apple M series secara lebih maksimal untuk menghadirkan pengalaman bermain games dengan grafis terbaik. Karena seperti diketahui, kekuatan CPU Apple M series memungkinkan setiap Mac baru untuk menjalankan game AAA dengan mudah.

Ini termasuk judul yang akan datang seperti EA’s GRID Legends dan Capcom’s Resident Evil Village. Dan karena CPU Apple M sereis mendukung iPad, pengembang game dapat menghadirkan game AAA ke lebih banyak pengguna, seperti No Man’s Sky dari Hello Games, yang akan hadir di Mac dan iPad akhir tahun ini.

Fitur Baru Lainnya di macOS Ventura

Berikut ini fitu baru lainnya yang dihadirkan dalam pembaruan macOS Ventura:

  • Live Text akan mendukung konten video saat sedang dijeda, dimana Anda dapat menonton video tutorial coding misalnya, lalu menyalin barisan kode yang tampil dalam video ke aplikasi catatan atau pemrograman yang digunakan.
  • Visual Look Up memungkinkan mengenali beragam objek tambahan seperti hewan, burung, serangga, patung dan objek lainnya.
  • Aplikasi Clock dan Weather yang berasal dari iPhone, sekarang juga tersedia untuk Mac.
  • System Settings sebagai pengganti System Preferences dengan desain ulang menjadi lebih fresh, ringkas dan lebih mudah diakses, mirip pengaturan di iPhone dan iPad.
  • Fitur keamanan di macOS yang ditingkatkan dengan mode Rapid Security Response.

Daftar Komputer Mac Mendukung macOS Venture

Berikut ini daftar komputer Mac yang akan mendapatkan dukungan update ke macOS Venture.

  • iMac 2017 atau yang lebih baru
  • iMac Pro 2017
  • MacBook Air 2018 atau yang lebih baru
  • MacBook Pro 2017 atau yang lebih baru
  • Mac Pro 2019 atau yang lebih baru
  • Mac Studio 2022
  • Mac mini 2018 atau yang lebih baru
  • MacBook 2017 atau yang lebih baru

Saat ini macOS Ventura baru tersedia untuk pengembang Apple, yaitu Developer Beta. Bagi Anda sebagai pengguna umum yang ingin mencobanya, harus menunggu hingga versi Public Beta dibagikan pada Juli mendatang.

Apple sendiri berencana akan menggulirkan versi final macOS Ventura pada musim gugur atau sekitar September tahun ini. Itu artinya Anda harus bersabar sampai September untuk bisa mencoba OS mac baru ini. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0