Lebih Gahar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 Series

Telset.id – Oppo Reno8 Series resmi diluncurkan di pasar global beberapa hari yang lalu. Rencananya smartphone bakal masuk ke Indonesia, sehingga bagi Anda yang tertarik dengan Oppo Reno8 Series, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari smartphone tersebut.

Oppo Reno8 Series terdiri dari Oppo Reno8 dan Oppo Reno8 Pro. Peluncurannya pertama kali dilakukan di India, dan akan hadir ke beberapa negara secara bertahap. Varian terbaru dari Reno Series ini menawarkan berbagai peningkatan mulai dari chipset, layar hingga kamera.

BACA JUGA: 

Lalu sepertinya Oppo Reno8 Series, khususnya Oppo Reno8 bakal masuk ke Indonesia. Sebab, HP terbaru Oppo ini sudah mendapatkan sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan sertifikat postel dari Ditjen SDPPI Kominfo.

Jadi, tidak lama lagi Oppo Reno8 akan debut ke Indonesia. Sambil menunggu kehadiran smartphone itu ke pasar Indonesia, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 Series. Selamat membaca!

Kelebihan Oppo Reno8 

Terdapat sejumlah kelebihan dari Oppo Reno8 dan Oppo Reno8 Pro, yang patut kalian ketahui. Berbagai kelebihan ini menyangkut aspek spesifikasi serta performa dari HP yang baru diluncurkan ini.

1. Layar HDR dengan Refresh Rate Hingga 120Hz

Layar Oppo Reno8

Kedua seri ini memiliki layar yang lebar dengan resolusi yang tinggi. Misalnya untuk Oppo Reno8 memiliki layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+, dan refresh rate 90Hz.

Layarnya telah tersertifikasi untuk menampilkan streaming Netflix dan Amazon Prime dengan kualitas HD. Selain itu, layarnya juga cukup kokoh karena dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Sementara Oppo Reno8 Pro memiliki spesifikasi layar yang lebih tinggi. Layarnya berbahan AMOLED berukuran 6.7 inci dengan pelindung Gorilla Glass 5.

Selain layar yang lebar, resolusinya juga tinggi, yakni 1.080 x 2.412 piksel atau Full HD+, dukungan HDR10+ dan refresh rate mencapai 120Hz.

Perpaduan layar yang lebar dengan resolusi tinggi, dan refresh rate tinggi mampu memberikan tampilan visual yang prima. Hal ini membuat Oppo Reno8 Series, cocok dipakai untuk streaming film atau bermain game.

2. Dapur Pacu Lebih Gahar 

Chipset MediaTek Dimensity 8100

Kelebihan Oppo Reno8 Series berikutnya terlihat dari dapur pacu. HP 5G Oppo ini menggunakan chipset dari MediaTek. Oppo Reno8 memakai Dimensity 1300 dengan fabrikasi 6nm, CPU Octa-Core dan GPU Mali-G77 MC9.

Lalu Oppo Reno8 Pro memakai  Dimensity 8100 dengan fabrikasi chip 5nm, didukung CPU Octa-core dan GPU Mali-G610 MC6. Dapur pacu yang mewah ini dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB, serta memori 256 GB.

Alhasil Anda bisa menyimpan file, aplikasi dan game dengan jumlah yang besar karena smartphone ini memorinya tergolong lega.

3. Kualitas Kamera Mumpuni

Kamera Oppo Reno8 Kedua varian ini memiliki spesifikasi kamera yang sama. Keduanya menggunakan kamera utama 50 MP aperture f/1.8, kamera ultrawide 8 MP aperture f/2.2 dan kamera macro 2 MP aperture f/2.4.

Di kamera depan menggunakan kamera selfie 32 MP dengan aperture f/2.4. Meski sensor kameranya tidak besar, tetapi kamera mampu menghasilkan foto dan video yang maksimal.

BACA JUGA: 

Berdasarkan ulasan dari GSM Arena, Kamera Oppo Reno8 Series unggul dalam pengambilan gambar di malam hari, dan kamera selfie. Lalu kamera Reno8 juga dapat diandalkan untuk pengambilan video dengan cahaya rendah, berkat adanya teknologi MariSilicon X.

4. Baterai Tahan Lama 

Baterai Oppo Reno8

Baterai Oppo Reno8 Series berkapasitas 4.500mAh, serta didukung oleh sistem pengisian cepat SuperVOOC 80W. Baterainya tergolong tahan lama, serta mampu mengisi daya dengan cepat.

Masih berdasarkan ulasan dari GSM Aarena, baterai Oppo Reno8 mampu bertahan hingga 105 jam dalam posisi stand by.

Sedangkan apabila HP dipakai untuk browsing dan streaming video maka baterainya mampu bertahan hingga 15 jam lebih 56 menit dan 18 jam lebih 27 menit. Hasil yang tidak jauh berbeda juga ditemukan di Oppo Reno8 Pro.

Smartphone ini mampu bertahan hingga 100 jam dalam posisi stand by. Namun, apabila HP dipakai untuk browsing dan streaming video, maka baterainya mampu bertahan selama 12 jam lebih 40 menit dan 17 jam lebih 27 menit.

Kelemahan Oppo Reno8 Series 

Oppo Reno8

Dengan kelebihan tadi, bukan berarti Oppo Reno8 Series bukan tanpa celah. Terdapat beberapa kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan apabila nantinya ingin membeli smartphone ini.

1. Tidak ada Speaker Stereo 

Aspek audio menjadi sangat penting karena berpengaruh, terhadap kenyamanan pengguna saat menonton film atau bermain game. Sayangnya untuk aspek ini, Oppo Reno8 kurang maksimal karena Reno8 tidak memiliki speaker stereo.

Speaker hanya berada di bagian bawah, sehingga hanya menghasilkan suara tunggal atau mono saja. Posisi speaker yang berada di bawah juga dapat berisiko karena saat smartphone dalam posisi berdiri, biasanya speaker akan tertindih sehingga kualitas yang keluar tidak maksimal.

2. Tidak Ada Slot MicroSD dan Audio Jack 3,5 mm

Kelemahan lainnya adalah tidak ada slot MicroSD di Oppo Reno8 Pro. Hal ini membuat pengguna tidak bisa meningkatkan kapasitas memori, sehingga mereka harus puas menerima memori yang ada saja.

Selain itu tidak adanya port audio jack 3,5 mm menjadi kelemahan, karena headset yang beredar di pasaran masih menggunakan port tersebut. Dampaknya pengguna yang ingin menggunakan headset di Reno8 Pro harus mencari headset dengan port USB Type-C.

BACA JUGA: 

Well, itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno8 Series. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa menjadi pertimbangkan apabila nantinya Reno8 debut di Indonesia dan Anda ingin membelinya. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0