Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Telset.id – Xiaomi 12 Lite 5G resmi debut ke Indonesia. Smartphone terbaru ini pastinya bakal diburu oleh konsumen di Tanah Air khususnya Mi Fans karena berbagai fitur yang ditawarkan. Namun, sebelum membeli pastikan dahulu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi 12 Lite 5G.

Xiaomi 12 Lite 5G hadir untuk konsumen yang produktif, serta membutuhkan HP tangguh untuk aktivitas mereka yang padat. Oleh karenanya, HP terbaru Xiaomi ini membawa berbagai peningkatan atau keunggulan dari seri-seri sebelumnya.

Meski menawarkan berbagai keunggulan berkat peningkatan perangkat, Xiaomi 12 Lite 5G bukan tanpa celah. Terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki HP 5G Xiaomi ini, yang patut Anda ketahui.

Oleh karenanya, di artikel ini tim Telset akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G. Informasi yang bisa menjadi referensi sebelum membeli HP ini.

BACA JUGA: 

1. Kamera Utama 108 MP

Kamera Xiaomi 12 Lite 5G

Xiaomi 12 Lite 5G memiliki studio-level camera melalui kamera utama 108 MP, yang mampu menghasilkan foto dengan detail yang sangat tajam walaupun diperbesar beberapa kali.

Kamera 108 MP didukung oleh kamera ultrawide 8 MP dengan sudut bukaan 120 derajat dan kamera makro 2 MP. Perpaduan dua sensor kamera ini mampu menghasilkan foto High Definition (HD), dengan detail yang memukau layaknya studio foto profesional.

Sementara untuk bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP dengan fitur Autofokus yang  membuat foto selfie yang dihasilkan bebas blur.

2. Body yang Tipis dan Ringan

Body Xiaomi 12 Lite 5G

Xiaomi 12 Lite 5G memiliki desain yang slim dan bobot yang ringan. Dimensi HP ini adalah 159,3 x 73,7 x 7,3 mm dengan ketebalan 7,29 mm dan berat 173 gram.

Selain tipis dan ringan, desainnya HP 5G Xiaomi ini juga mempesona dengan penggunaan material bertekstur matte yang membungkus body hingga frame dan pilihan Lite Green, Lite Pink dan Black dengan efek gradasi.

Sedangkan pada bagian belakang, Xiaomi 12 Lite 5G semakin terlihat stylish berkat kehadiran 3 metal halo ring yang mengelilingi kamera.

3. Chipset yang Tangguh 

chipset qualcomm snapdragon 778G

Tidak hanya memiliki desain yang stylish, performa Xiaomi 12 Lite 5G tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya saudara dari Xiaomi 12 Pro ini menggunakan chipset Snapdragon 778G dengan fabrikasi 6nm yang dilengkapi sistem pendingin multi-tier cooling system.

Sistem ini sengaja dipasang untuk memastikan pembuangan panas selalu efisien dan optimal. Sementara itu, chipset Snapdragon 788G dipadukan dengan CPU Octa-core, GPU Adreno 642L dan komposisi RAM 8 GB serta memori 256 GB.

4. Layar Amoled dengan Refresh Rate 120Hz

Layar Xiaomi 12 Lite 5G

Kelebihan Xiaomi 12 Lite 5G berikutnya dari segi layar. Smartphone memiliki komposisi layar yang mewah berupa AMOLED Display berukuran 6,55 inci. Layarnya beresolusi Full HD+ serta didukung oleh teknologi HDR10+ dan Dolby Vision untuk kualitas visual kelas atas.

Layarnya mampu menghasilkan 68 miliar warna, sehingga warna
yang dihasilkan sangat kaya dan akurat, serta perpindahan gambar juga sangat halus berkat refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Untuk kenyamanan mata pengguna, tersedia juga fitur Sunlight mode 3.0, Reading mode 3.0 dan True Display. Layar HP juga kokoh berkat Corning Gorilla Glass 5 yang dipasang.

Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G 

Walaupun memiliki kelebihan yang cukup banyak, bukan berarti Xiaomi 12 Lite 5G tidak memiliki kekurangan. Setidaknya ada 2 kekurangan yang patut menjadi pertimbangan sebelum membeli HP ini.

1. Kapasitas Baterai Kurang Besar 

Baterai HP Kurang Besar

Meski menjadi salah satu ponsel flagship, sayangnya kapasitas baterai Xiaomi 12 Lite 5G tidak terlalu besar. Kapasitas baterai adalah 4.300 mAh, padahal di era sekarang kapasitas baterai berkisar di angka 5.000 mAh sampai 6.000 mAh.

Patut disayangnya mengapa Xiaomi tidak memasang baterai yang besar di HP ini. Untungnya baterai HP ditopang oleh pengisian cepat 67W yang mampu mengisi baterai hingga 50% dalam kurun waktu 13 menit saja.

2. Tidak Ada Teknologi OIS di Kamera

Kelemahan Kamera Xiaomi Terbaru

Kelemahan kedua terdapat dari sektor kamera. Patut disayangkan mengapa Xiaomi tidak memasang teknologi Optical Image Stabilization atau OIS.

Padahal fitur tersebut merupakan salah satu fitur favorit pengguna smartphone, karena mampu memberikan kestabilan saat pengambilan gambar sehingga gambar lebih fokus. Apabila dipasangkan fitur tersebut, sepertinya kamera Xiaomi 12 Lite 5G akan semakin lengkap.

BACA JUGA:

Sekedar informasi kalau penjualan Xiaomi 12 Lite 5G dilakukan mulai hari ini tanggal 20 Juli 2022, dan produk dijual dengan harga Rp 5.799.000. Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi 12 Lite 5G, dan semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda sebelum membeli. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0