Lebih Gahar! Ini Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro

Telset.id – Asus baru saja merilis Asus ROG 6 Pro ke pasar global. Sebagai penerus ROG Phone 5 Pro, HP gaming Asus ini membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dan fitur baru. Berikut kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro yang perlu Anda ketahui.

Beberapa tahun terakhir, Asus jarang bermain di pasar ponsel standar, karena lebih memilih fokus pada ranah gaming, khususnya laptop dan smartphone gaming.

ROG Phone menjadi andalan Asus di segmen HP gaming. Tahun ini, ROG Phone sudah masuk “jilid” 6. Pada awal pekan ini, Asus baru saja meluncurkan dua seri terbaru, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.

Sesuai namanya, ROG Phone 6 Pro menjadi model tertinggi dari dua model yang diluncurkan. Sebagai penerus ROG Phone 5 Pro, HP gaming Asus ini tentu saja membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dan fitur baru.

Sebagai HP gaming hardcore, tentu saja smartphone ini sudah dibekali dengan spesifikasi gahar dan fitur gaming yang lengkap dan canggih. Ini pasti semua setuju, dan tidak ada perdebatan.

Yang perlu kita ketahui sekarang adalah, apa saja kelebihan dan kelemahan ROG Phone 6 Pro, dibandingkan dengan pendahulunya. Untuk itu, kita akan membahasnya satu per satu. Silahkan simak ulasanya, sob!

BACA JUGA: 

Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro

Sebelum kita masuk ke pembahasan “kelebihan dan kelemahan”, kami akan menginformasikan tentang spesifikasi yang dibawa Asus ROG Phone 6:

  • Rilis: Juli 2022
  • Network: GSM/ CDMA/ HSPA/ EVDO/ LTE/ 5G
  • OS: Android 12
  • Layar: AMOLED 6,78 inci, resolusi layar 1080 x 2448 piksel dan refresh rate 165Hz
  • Chipset: Qualcomm SM8450 Snapdragon 8+ Gen 1
  • CPU: Octa-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 & 3×2.75 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
  • GPU: Adreno 730
  • RAM: 12 GB, 16 GB, 18 GB
  • Memori: 256 GB, 512 GB
  • Dimensi: 173 x 77 x 10.3 mm (6.81 x 3.03 x 0.41 in), 239 g
  • Kamera Utama: 50 MP, f/1.9 (wide), 13 MP, f/2.2 (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan: 12 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 6.000 mAh, Fast charging 65W
  • NFC: Yes
  • Warna: Storm White
  • Harga: Mulai dari Rp 16,3 jutaan.

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro 

Asus ROG Pone 6 Pro

Sebagai seri terbaru dari ROG Phone, pastinya Asus memberikan berbagai pembaruan dalam seri ROG Phone 6 Pro. Dengan begitu, smartphone ini memiliki berbagai keunggulan dibanding seri sebelumnya, atau dengan smartphone gaming milik pesaingnya.

Untuk mengetahuinya secara lengkap, berikut ini kelebihan dari ROG Phone 6 Pro:

1. Chipset Bertenaga Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 

Aspek pertama yang patut disorot adalah chipset. Kelebihan ROG Phone 6 Pro dari sisi jeroannya adalah karena sudah menggunakan chipset terbaru dan tercanggih buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset yang baru dirilis beberapa bulan lalu ini dapat berjalan hingga 3,2 Ghz, atau 200 Mhz lebih tinggi dibandingkan chip Snapdragon generasi sebelumnya. Begitu pun dengan CPU dan GPU yang 10% lebih cepat dan performa 20% lebih baik.

Asus mengkombinasikan Snapdragon 8+ Gen 1 dengan RAM 18 GB dan memori 512 GB, sehingga ROG Phone 6 Pro bukan cuma tangguh, tetapi juga memiliki kemampuan daya simpan aplikasi dan game yang besar.

Kelebihan Kekurangan ROG Phone 6 Pro

2. Refresh Rate Layar 165Hz

Salah satu yang diperhatikan para gamers saat memilih HP gaming adalah kualitas layar. Sebab, kualitas layar berkaitan dengan performa smartphone saat dipakai untuk bermain game-game berat.

Sadar akan hal itu, Asus memasang layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1080 x 2448 piksel. Bukan cuma lebar, layarnya juga mendukung refresh rate yang sangat tinggi hingga 165Hz, sehingga memberikan kualitas gambar yang sangat bagus.

HP ini menjadi yang pertama memiliki layar dengan refresh rate 165Hz, karena biasanya refresh rate layar ponsel pada umumnya hanya mentok di angka 120Hz saja.

Layarnya juga dilengkapi oleh Corning Gorilla Glass Victus sehingga lebih terlindung. Sebuah spesifikasi layar yang sangat tinggi dan tangguh, segingga dapat dipastikan dapat memanjakan mata pengguna.

3. Sistem Pendingin GameCool 6, Lebih Adem

Sistem pendingin di ROG Phone 6 Pro lebih baik dari seri sebelumnya. Asus telah menyertakan sistem pendingin GameCool 6 di kedua HP gaming barunya. Perusahaan mengatakan ini adalah pembaruan terbesar untuk sistem pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone.

Kali ini Asus menghadirkan sistem pendingin CPU 360 derajat yang didesain ulang yang lebih efisien dalam pembuangan panas. Asus mengklaim bahwa kinerjanya ditingkatkan hingga 10 derajat Celcius.

Game Cool 6

4. Sensor Sentuh Ultrasonik AirTrigger6 

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro yang patut diperhatikan berikutnya adalah sensor sentuh Ultrasonik AirTrigger6. Sensor ini berada di sisi kanan dan belakang smartphone. Sensor sentuh ini dapat diprogram sendiri oleh pengguna ketika bermain game.

Dengan begitu, aktivitas gaming di HP terbaru Asus ini semakin nyaman dan dapat membantu pengguna untuk meraih kemenangan dengan mudah saat memainkan game-game berat.

5. Body Bersertifikat IPX4 

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro dapat dilihat dari segi ketahanan bodinya. HP 5G terbaru ini telah mengantongi sertifikat IPX4. Artinya, body smartphone tahan terhadap cipratan air normal dari berbagai arah.

Maksudnya kalau body smartphone tidak sengaja ketumpahan air atau terkena air dengan jumlah yang cukup banyak, maka HP ini masih bisa tetap berfungsi normal. Jadi Anda  tidak perlu khawatir dengan daya tahan ROG Phone 6 Pro terhadap cipratan air hujan.

6. Performa Baterai Luar Biasa 

Asus ROG Phone 6 Pro memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh dengan Hypercharger 65W. HP baterai 6.000 mAh ini memiliki ketahanan 119 jam dalam posisi stand by, 16 jam lebih 8 menit apabila dipakai browsing dan 19 jam lebih 40 menit kalau baterai dipakai untuk memutar video.

Begitu juga untuk durasi pengisiannya sangat cepat. Dengan kapasitas baterainya yang tergolong besar, proses pengisian daya 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu 42 menit saja.

7. Kualitas Foto dan Video Meningkat 

Asus tidak mengabaikan kualitas kamera di Asus ROG Phone 6 Pro. Smartphone ini memiliki komposisi kamera utama Sony IMX766 50 megapiksel, kamera ultrawide 13 megapiksel dengan bidang pandang 125 derajat, dan kamera makro 5 megapiksel.

Sedangkan di depan ada kamera 12 megapiksel untuk selfie dan video call. Hasil jepretan kameranya dinilai bagus untuk pengambilan foto di siang hari atau dalam kondisi cahaya rendah.

Kamera selfie dan kualitas video juga bagus, apalagi adanya teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang membuat pengambilan foto lebih stabil.

BACA JUGA: 

Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro 

Asus ROG Phone 6 Pro
Asus ROG Phone 6 Pro (Foto: Asus)

Selain memiliki seabrek kelebihan, ROG Phone 6 Pro tentu saja tak luput dari kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang menjadi catatan kami, sedikitnya ada 2 kelemahan yang menjadi sorotan para gamers.

Nah, untuk mengetahuinya secara lengkap, berikut ini kekurangan dari ROG Phone 6 Pro:.

1. AeroActive Cooler 6 Dijual Terpisah

Asus ROG Phone 6 Pro didukung oleh perangkat aksesoris AeroActive Cooler 6, yang merupakan pendingin gaya snap-on untuk panel belakang yang dapat membantu perangkat menjaga suhu tetap rendah.

Perangkat nirkabel yang ditempelkan di bagian belakang smartphone ini, diklaim mampu menurunkan suhu smartphone hingga 25 derajat celcius. Perangkat AeroActive Cooler 6 memang dapat membantu suhu perangkat tetap stabil, meskipun dipakai berjam-jam.

Hanya saja AeroActive Cooler 6 adalah perangkat yang dijual terpisah dan belum diketahui harganya. Sangat disayangkan mengapa Asus tidak memasukkan AeroActive Cooler 6, dalam paket penjualan.

AeroActive Cooler 6
Asus melengkapi ROG Phone 6 dengan aksesoris AeroActive Cooler 6 (Foto: Asus)

2. Tidak Ada Slot MicroSD 

Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro berikutnya dari segi kapasitas penyimpanan. Smartphone gaming Asus ini tidak memiliki slot MicroSD, sehingga pengguna tidak bisa menambahkan kapasitas memori.

Mungkin Asus sengaja tidak memberikan slot MicroSD, karena smartphone ini memiliki kapasitas jumbo hingga RAM 18 GB dan memori 512 GB.

Well, itu tadi ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 6. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi, kalau Anda berniat membeli smartphone ini tiba di Indonesia. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0