HP Kelas Menengah akan Pakai Kamera 100MP Sony

Telset.id, Jakarta – Sony dilaporkan sedang mengembangkan sensor kamera 100 megapiksel. Kamera 100MP Sony ini ditargetkan akan digunakan untuk HP kelas menengah.

Kamera 100MP ini nampaknya disiapkan Sony untuk bersaing dengan Samsung yang sedang mengembangkan versi terbaru dari kamera 200MP ISOCELL HP3.

Seperti diketahui, perusahaan asal Korea Selatan disebutkan sedang menyiapkan versi terbaru dari kamera 200MP yang mereka sebut ISOCELL HP3 untuk disematkan pada Galaxy S23 Ultra yang diluncurkan pada tahun 2023.

ISOCELL HP3 ini akan menjadi salah satu sensor kamera terbesar yang disematkan di smartphone. Saat ini, beberapa seri smartphone flagship Samsung sudah menggunakan kamera dengan sensor utama 108 megapiksel.

BACA JUGA: 

Sesuai bocoran dari akun Digital Chat Station yang diposting di Weibo, sensor kamera 100 megapiksel Sony ini akan menjadi bagian dari seri IMX8. Bersamaan dengan sensor seri IMX8, Sony juga dikatakan sedang mengerjakan sensor seri IMX9.

Sesuai bocoran, ada sensor 50 megapiksel yang bisa diberi nama IMX989 dan memiliki ukuran mendekati 1 inci. Kabarnya, IMX989 akan memulai debutnya dengan Xiaomi 12 Ultra.

Seperti kita tahu, Sony merupakan pemasok sensor untuk smartphone beberapa vendor ponsel papan atas, seperti Apple, Google, Xiaomi, Motorola, dll. Kualitas kamera Sony sudah tidak diragukan, karena banyak digunakan smartphone flagship yang memiliki kualitas foto dan video terbaik saat ini.

Motorola misalnya telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan smartphone baru yang akan menggunakan kamera 200 megapiksel dan akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1.

Sebuah teaser yang beredar sebelumnya menunjukkan bahwa smartphone Motorola mendatang itu akan menggunakan sensor Samsung ISOCELL HP1 200 megapiksel.

Kualitas kamera smartphone saat ini terus mengalami peningkatan yang signifikan. Para produsen kamera digital (DSLR) mungkin harus mulai waspada, jika tidak ingin tergilas dengan kualitas kamera smartphone.

Hal ini diakui Presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions, Terushi Shimizu, yang memperkirakan kalau kamera smartphone akan mengalahkan kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) di tahun 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Shimizu dalam sebuah acara yang digelar beberapa waktu lalu. Bos Sony ini menyatakan kalau kualitas kamera smartphone telah meningkat setiap tahun.

Penyebabnya adalah kemajuan teknologi sensor, lubang kamera yang lebih besar dan penggunaan teknologi fotografi komputasional. Hal ini yang membuat ia yakin kalau tahun 2024, kamera smartphone akan mengalahkan kamera DSLR.

BACA JUGA: 

Perkataan Terushi ini juga didasari oleh inovasi kamera, yang diberikan oleh vendor smartphone. Misalnya saja fitur AI canggih di kamera Google Pixel, yang diprediksi akan ditiru oleh vendor lain.

“Kami melihat kemampuan fitur AI canggih Google Pixel akan mengarah ke masa depan dengan adopsi serupa oleh pembuat telepon lain,” ungkap Terushi seperti dikutip Telset.id dari News18.

Fakta berikutnya mengenai jumlah megapiksel (MP) dari sensor kamera, di mana Samsung baru-baru ini memamerkan kamampuan kamera ISOCELL HP1. Teknologi kamera canggih dengan sensor 200MP.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0