10 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Foto dan Video Makin Ciamik!

Aksesoris kamera Smartphone

Telset.id – Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera yang dimiliki ponsel pintar, Anda bisa memaksimalkan kemampuannya dengan beragam aksesoris kamera smartphone.

Perlu diketahui, saat ini pengguna bisa dibilang tak perlu lagi membeli kamera profesional berharga mahal. Sebab, sudah ada smartphone yang makin canggih kualitas serta kemampuan kameranya.

Memang, kualitasnya tidak bisa disamakan dengan kamera DSLR atau mirrorless. Tapi setidaknya, kualitas kamera smartphone sekarang sudah bisa menunjang Anda yang hobi fotografi dan videografi.

Nah, untuk mendukung hobi fotografi Anda, saat ini sudah banyak aksesoris kamera HP yang bisa gunakan. Kehadiran aksesoris ini tentunya bakal semakin memudahkan Anda untuk memotret dari smartphone.

{Baca juga: Ini Lho Timing yang Pas Aktifkan Fitur HDR Saat Memotret}

10 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik

Aksesoris-aksesoris tambahan untuk kamera smartphone sekarang banyak sekali beredar di pasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang aktifitas fotografi kamu.

Berikut ini, kami telah merangkum 10 aksesoris kamera smartphone yang bisa Anda gunakan untuk hasil foto dan video yang lebih maksimal. Ada apa saja? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Tripod

Aksesoris kamera smartphone

Tripod sudah menjadi aksesoris kamera HP yang wajib ada. Tripod memudahkan Anda untuk mengambil gambar dengan lebih stabil, dibandingkan dengan cara memegang smartphone secara langsung.

Tripod yang ada saat ini juga sudah jauh lebih canggih. Yang terbaru, tripod sudah dilengkapi dengan Bluetooth.

Ini memungkinkan penggunanya dapat mengatur pengambilan gambar di smartphone dalam posisi yang lebih jauh dan tidak harus memegang smartphone secara langsung.

2. GorillaPod

Aksesoris kamera HP

Siapa yang tak kenal aksesoris satu ini? Aksesoris kamera smartphone tersebut begitu memudahkan pengguna untuk mengambil gambar di berbagai kondisi dan medan. Tak perlu lagi khawatir mencari bidang datar untuk meletakkan smartphone supaya stabil.

Sekilas, desainnya mirip dengan tripod pada umumnya. Hanya saja, GorillaPod memiliki kaki-kaki yang “berotot” dan bisa diatur sesuai keinginan.

Guna memudahkannya, bisa diletakkan di mana saja. Mulai dari bidang yang tidak rata, hingga digantungkan di dahan pohon.

{Baca juga: Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal}

3. Lensa Makro

Aksesoris kamera

Smartphone baru masa kini sudah dilengkapi dengan lensa makro, yang bisa digunakan untuk mengambil gambar detail objek dari jarak yang sangat dekat.

Namun, apabila smartphone Anda belum memiliki fitur kamera makro, Anda bisa memanfaatkan aksesoris lensa makro yang tersedia di pasaran.

Lensa makro dapat Anda gunakan untuk memotret objek dari jarak yang sangat dekat. Dengan bantuan lensa makro, Anda dapat memperoleh gambar dengan detail fokus yang tinggi meski hanya menggunakan smartphone.

Lensa ini sangat cocok untuk mengabadikan gambar seperti bunga, serangga dan objek berukuran kecil lainnya.

4. Water case

Nah, kalau aksesoris kamera HP satu ini bisa Anda andalkan untuk mengambil foto dalam air. Case ini melindungi smartphone Anda dari air, sehingga dapat leluasa untuk memotret di dalam air.

{Baca juga: Harus Ada, Ini 5 Fitur Wajib Kamera Smartphone Kekinian}

Smartphone high-end biasanya sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang berarti tahan debu dan air.

Nah, walaupun smartphone Anda tidak memiliki IP68, Anda tetap bisa memotret dengan mudah di dalam air dengan bantuan watercase.

5. Shutter Bluetooth

Aksesoris kamera smartphone yang terakhir adalah shutter Bluetooth. Anda tidak perlu repot-repot mencari bantuan orang lain untuk mengabadikan foto bersama keluarga, taman, atau orang terkasih.

Aksesoris ini bisa bekerja dengan maksimal saat dikombinasikan dengan tripod atau GorillaPod.

Sebelum memulai sesi foto, terlebih dahulu Anda harus mengintegrasikan shutter ke smartphone dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Kemudian, tentukan jarak smartphone dengan posisi pemotretan yang Anda inginkan.

Saat posisi dan jarak pemotretan dirasa sudah pas, tinggal tekan tombol shutter untuk membuat kamera smartphone memotret Anda. Sangat mudah bukan?

6. Mic Shotgun Portabel

Untuk mendukung perekaman video yang mumpuni, tidak hanya memerlukan lensa kamera yang canggih, tetapi butuh aksesoris untuk menghasilkan audio terbaik.

Guna menghasilkan audio yang bagus, Anda bisa menggunakan aksesoris mic shotgun portabel. Aksesori kamera HP ini berguna membuat audio jadi lebih fokus dan bersih, serta meminimalisir noise.

7. Earbuds

Saat ini earbuds tidak hanya berguna untuk mendengarkan musik saja. Lebih dari itu, perangkat ini bisa digunakan sebagai mic ketika merekam video melalui smartphone.

Hanya cukup menyambungkan earbuds ke smartphone melalui Bluetooth, Anda sudah bisa menggunakan earbuds sebagai mic untuk mendapatkan kualitas audio yang bagus dan minim noise.

{Baca Juga: 12 Earphone TWS Mirip AirPods, Murah Berkualitas 2021}

8. Lensa Fisheye

Aksesoris kamera HP berikutnya adalah lensa fisheye. Lensa ini memberikan sentuhan cembung yang unik pada hasil foto. Seolah-olah foto dibuat dari sudut pandang mata ikan, maka dari itu disebut lensa fisheye.

Lensa fisheye ini bersifat portable dan universal, sehingga bisa digunakan di berbagai merek smartphone. Aksesoris ini sudah banyak beredar di pasaran dan dijual dengan harga yang terjangkau.

9. Gimbal

Buat Anda yang ingin membuat video ala profesional, aksesoris berikut ini wajib digunakan. Gimbal bakal membuat video yang Anda ambil jadi lebih stabil dan minim getaran.

Saat ini sudah banyak aksesoris gimbal yang tersedia, mulai dari harga terjangkau hingga yang berharga mahal. Tinggal disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

{Baca Juga: 7 Gimbal Smartphone Terbaik, Harga di Bawah Rp 1 Juta}

10. Selfie Light

Aksesoris berikutnya merupakan Selfie Light. Aksesoris ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan pencahayaan lebih ketika mengabadikan foto atau video menggunakan kamera depan.

Penggunaannya juga cukup mudah, karena sifatnya yang plug and play. Jadi pengguna tidak kesulitan ketika mempelajari penggunaan aksesoris satu ini.

Nah, itu dia 5 aksesoris kamera smartphone yang dijamin bakal bikin Anda makin betah bereksplorasi. Aksesoris-aksesoris ini sudah dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Selamat mencoba dan selama berfoto ria! (HR/MF)

Previous articleOppo Hadirkan A74 Series, Sudah Dukung Jaringan 5G
Next articlePasca Banjir Bandang, Operator Diminta Pulihkan Jaringan di NTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here