iPad 2024 Bakal Pakai Layar OLED, Berukuran Tipis dan Ringan

Telset.id, Jakarta – iPad 2024 bakal menggunakan layar OLED, berukuran tipis, dan berbobot ringan. Apple akan menerapkan metode bernama etsa kering.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa iPad 2024 akan menggunakan metode etsa kering, bertujuan untuk menjaga tampilan supaya bisa setipis mungkin.

Menurut laporan itu, Apple akan menggunakan OLED di jajaran iPad dengan kualitas gambar lebih baik. Samsung dan LG Display akan jadi pemasok panel.

Korean ET News, seperti Telset kutip dari Apple Insider, Rabu (13/7/2022), melaporkan hal tersebut meski tanpa sumber jelas serta klaim yang tidak berdasar.

BACA JUGA:

Ada pula klaim bahwa Apple telah mengonfirmasi. Namun, laporan itu cuma terjemahan sehingga patut diragukan mengenai klaim konfirmasi dari Apple.

Publikasi itu mengutip seorang pejabat industri yang tidak disebutkan namanya. Ia mengatakannya sebagai tanggapan terhadap laporan tentang iPad 2024.

Katanya, industri suku cadang dan peralatan domestik memiliki ekspektasi tinggi untuk perluasan pasar iPad dengan layar OLED serta metode etsa kering.

Apple akan menggunakan proses dry etching atau etsa kering OLED untuk iPad meskipun tidak untuk iPhone. Sebab, panel OLED di iPhone berukuran lebih kecil.

Apabila benar menggunakan metode etsa kering, Apple  akan menaikkan biaya unit. Dengan kata lain, harga iPad keluran dua tahun lagi bakal lebih mahal.

Proses penerapan metode tersebut menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan bagian tidak perlu sambil membuat pola rangkaian transistor film tipis.

ET News juga mengungkapkan bahwa Apple sedang mengerjakan beberapa prototipe iPad berlayar OLED. Bisa saja Apple justru tidak akan memproduksinya.

BACA JUGA:

Desas-desus lain adalah jadwal rilis iPad 2024. Namun, Apple pernah memperkenalkan mini-LED ke iPad Pro 12,9 inci sehingga migrasi ke OLED kurang realistis.

Sekali lagi, laporan tersebut masih sumir. Sumber yang dikutip sepertinya kurang sahih. Apalagi, ada klaim bahwa Apple telah memberi konfirmasi tentang itu. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0