Fitur Baru iPadOS 16 yang Bakal Hadir di iPad, Ulasan Lengkap!

Telset.id, Jakarta – Apple meluncurkan fitur-fitur baru untuk iPadOS 16 di acara tahunan WWDC 2022. Pembaruan tahun ini berfokus pada peningkatan multitasking dan menghadirkan banyak fitur baru yang datang ke macOS 13 (macOS Ventura) dan iOS 16.

Apple menghadirkan banyak fitur baru di iPadOS 16 yang baru saja diumumkan di event WWDC 2022. Apple menyebut perangkat iPad menjadi lebih versatile berkat iPadOS 16.

Sederet fitur baru yang menarik dihadirkan dalam pembaruan ini. Beberapa diantararnya seperti fitur Collaboration, Stage Manager, Freeform, hingga Reference Mode.

Fitur Collaboration di iPad akan memungkinkan Anda dapat menambahkan orang untuk berkolaborasi secara real-time melalui aplikasi video pihak pertama dan ketiga.

Fitur Freeform baru di iPadOS 16 memungkinkan Anda untuk mencatat atau menggambar di papan tulis virtual, sementara Stage Manager mempermudah bekerja dengan layar eksternal yang terhubung.

BACA JUGA:

Fitur Baru di iPadOS 16

Fitur-fitur baru di iPadOS 16 tampaknya menjanjikan dan dapat mewujudkan gagasan untuk mengubah iPad menjadi pengganti desktop yang lebih ringkas dan ringan sebagai perangkat mobile.

Nah, biar lebih jelas, Telset akan memberikan ulasan singkat tentang fitur-fitur baru yang dibawa iPadOS 16 dan akan hadir di perangkat iPad Anda. Simak selengkapnya!

Collaboration

Collaboration iPadOS 16
Fitur Collaboration di iPadOS 16 (Foto: Apple)

Sesuai namanya Collaboration atau kolaborasi ini memungkinkan Anda untuk dapat lebih mudah berkolaborasi dan mengelola konten yang dibagikan. Fitur ini berada di aplikasi Messages. Anda bisa membagikan beberapa hal melalui Stage Manager, seperti Files, Keynote, Numbers, Pages, Notes, Reminders, Safari.

Yang harus ditahui juga, saat Anda membagikan sebuah konten ke beberapa teman, maka setiap update dari konten terkait akan bisa dilihat oleh orang yang dibagikan. Teman atau orang yang Anda bagikan kontern tersebut dapat ikut berkomentar via chat ataupun langsung memulai FaceTime untuk membahas kontennya.

Selain itu, aplikasi Messages juga sudah mendukung perubahan pesan yang sudah dikirim, mengembalikan pesan yang baru dihapus, dan menandai pesan yang belum dibaca. Anda sekarang juga bisa menggunakan fitur SharePlay lewat aplikasi Messages.

Freeform

Apple menambahkan satu aplikasi bawaan baru di iPadOS 16, yang bernama Freeform. Mungkin kalau dijelaskan secara singkat, aplikasi Freeform ini adalah papan tulis digital yang dapat diedit oleh grup.

Freeform iPadOS 16
Fitur Freeform di iPadOS 16 (Foto: Apple)

Penggunaan aplikasi ini masih ada kaitannya dengan fitur kolaborasi yang tadi sudah dijelaskan. Jadi, aplikasi papan tulis digital ini membebaskan Anda dan orang-orang di dalamnya untuk saling menuangkan ide tanpa ada batasan layout.

Semua orang yang di dalam kelompok bisa mengedit atau menuliskan ide atau pendapat mereka. Menariknya, aplikasi Freeform ini menggunakan format real-time, mendukung FaceTime dan Apple Pencil, yang akan lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Stage Manager

Fitur Stage Manager memungkinkan Anda untuk bisa mengelola aplikasi dan windows di iPadOS 16 dengan lebih mudah dan cepat di perangkat iPad Anda.

Stage Manager
Fitur Stage Manager di iPadOS 16 (Foto: Apple)

Dengan fitur Stage Manager ini, Anda dapat beralih dari satu window atau aplikasi ke aplikasi yang lainnya dengan mudah dan cepat.

Smart Tools di Aplikasi Mail

Pembaruan diberikan untuk aplikasi Mail di iPadOS 16 dengan hadirnya Smart Tools baru. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat jadwal saat akan mengirimkan email, atau membatalkan pengiriman email.

Anda juga bisa menggunakan Smart Tools untuk memindahkan email terkirim ke bagian atas inbox secara cepat. Aplikasi Mail juga ada fitur Remind Later yang dapat memunculkan kembali email, untuk mengecek kembali kelengkapan filenya.

Shared Tab Groups dan Passkeys di Safari

Peramban Safari juga mendapatkan fitur baru dengan Shared Tab Groups dan Passkeys. Melihat namanya, pasti ini masih ada kaitannya dengan kolaborasi.

Dari penjelasan Apple, fitur Shared Tab Groups memungkinkan Anda untuk saling berbagi tab dan bookmark website, serta memulai percakapan langsung di Safari.

Shared Tab Groups
Fitur Shared Tab Groups di iPadOS 16 (Foto: Apple)

Sedangkan Passkeys sendiri dihadirkan sebagai fitur keamanan baru pengganti password, dimana fitur ini dapat mengunci semua akses ke Safari di perangkat Anda. Dengan kata lain, tidak semua orang bisa mengakses Safari di iPad Anda.

iCloud Shared Photo Library

iCloud Shared Photo Library merupakan fitur baru yang hadir di iPadOS 16. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi foto ke teman atau ke sesama pengguna dengan batas maksimal 6 orang.

iCloud Shared Photo iPadOS 16
Fitur iCloud Shared Photo Library di iPadOS 16 (Foto: Apple)

Keenam anggota di dalam iCloud Shared Photo Library bisa melihat koleksi foto dari masing-masing Memories, Featured Photos, dan Photos Widget yang dibagikan. Pengguna dapat membagikan foto lama atau menambahkan foto baru lewat Bluetooth Proximity atau halaman For You.

Live Text Video

Dengan iPadOS 16, Anda sekarang bisa menggunakan fitur Live Text dalam video yang sedang diputar. Cara memakainya dengan cara mem-pause video tertentu dan tab pada bagian yang diinginkan.

Live Text Video
Fitur Live Text Video di iPadOS 16 (Foto Apple)

Display Zoom

Fitur baru berikutnya adalah Display Zoom. Singkatnya, fitur ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kepadatan piksel layar sehingga dapat melihat lebih banyak di aplikasi.

Selain fitur-fitur di atas, sebenarnya masih ada beberapa fitur baru lagi di iPadOS 16, seperti Dictation, Apple News, Notes, Handoff di FaceTime, aplikasi Weather dan pembaruan untuk Game Centers, aplikasi Home, Siri, serta Desktop-class.

iPadOS 16 sudah tersedia dalam versi developer beta dan versi public beta baru akan rilis bulan depan.

BACA JUGA:

Tanggal rilis dan versi beta iPadOS 16

Apple tidak mengumumkan tanggal rilis versi final iPadOS 16 selain petunjuk “akhir tahun ini”. Kemungkinan, iPadOS 16  akan hadir bareng iOS 16.

Beta pengembang iPadOS 16 tersedia selama WWDC. Apple mengindikasikan bahwa versi beta publik iPadOS 16 akan menyusul pada bulan depan.

Daftar Perangkat yang Mendukung iPadOS 16

Apple mengatakan, pembaruan perangkat lunak akan mendukung iPad generasi kelima dan lebih baru serta iPad mini generasi kelima dan lebih baru. Pembaruan perangkat lunak itu bakal pula mendukung iPad Air generasi ketiga dan lebih baru serta semua model iPad Pro.

Berdasarkan kompatibilitas iPadOS 15, artinya iPad Air generasi kedua dan iPad Mini generasi keempat akan kehilangan dukungan iPadOS 16. Berikut adalah model iPad yang akan mendukung iPadOS 16:

  • iPad (5th generation)
  • iPad (6th generation)
  • iPad (7th generation)
  • iPad (8th generation)
  • iPad (9th generation)
  • iPad mini (5th generation)
  • iPad mini (6th generation)
  • iPad Air (3rd generation)
  • iPad Air (4th generation)
  • iPad Air (5th generation)
  • iPad Pro 9.7-inch
  • iPad Pro 10.5-inch
  • iPad Pro 11-inch
  • iPad Pro 11-inch (2nd generation)
  • iPad Pro 11-inch (3rd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch
  • iPad Pro 12.9-inch (2nd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (3rd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (4th generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (5th generation).

Sebagai informasi, meskipun kompatibel dengan banyak model iPad, namun perlu dicatat bahwa beberapa fitur baru di iPadOS 16 mungkin tidak tersedia di semua iPad. Ada beberapa fitur bergantung kepada iPad bertenaga M1. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0