Selain iOS 16, Ini Produk Baru yang Diumumkan Apple di WWDC 2022

Telset.id, Jakarta – Selain iOS 16, Apple disebutkan akan mengumumkan sejumlah produk baru dan update software di ajang WWDC 2022, yang rencananya akan digelar pada pekan depan.

Dalam laporannya Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan bahwa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan mendapatkan dukungan layar selalu aktif (always-on display) melalui iOS 16.

Versi terbaru dari iOS itu diharapkan akan memulai debutnya di keynote WWDC 2022 minggu depan. iOS 16 dikatakan akan datang dengan dukungan fitur layar yang selalu aktif, dan juga ada pembaruan untuk fitur Messages, seperti jejaring sosial baru.

Bersamaan dengan rilis iOS baru, perusahaan raksasa Cupertino itu dispekulasi akan memamerkan iPadOS, watchOS, tvOS, dan macOS yang diperbarui di keynote WWDC.

Mark Gurman dari Bloomberg dalam buletinnya Power On mengatakan bahwa iOS 16 akan menyertakan dukungan di masa mendatang untuk layar kunci yang selalu aktif yang akan memungkinkan iPhone untuk mengurangi frame rate secara signifikan dan menampilkan “informasi sekilas” saat layar dalam keadaan diam – mirip dengan Apple Watch model terbaru.

BACA JUGA:

Dukungan tersebut diperkirakan akan diaktifkan secara eksklusif di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Apple sebelumnya dikabarkan membawa tampilan always-on display pada model iPhone 13 Pro, meskipun perusahaan pada akhirnya tidak memberikan dukungan itu.

Gurman dalam buletinnya juga menyebutkan bahwa iOS 16 akan hadir sebagai “upgrade yang cukup signifikan” bagi para pengguna iPhone. Itu diklaim memiliki pembaruan untuk fitur notifikasi, Messages dan aplikasi kesehatan baru.

Untuk pembaruan aplikasi Messages, Apple dikatakan akan memperkenalkan fitur baru pesan suara. Versi iOS baru juga dilaporkan memiliki peningkatan layar kunci utama, termasuk wallpaper dan kemampuan seperti widget.

Selain pembaruan untuk pengguna iPhone, Apple diharapkan menghadirkan update besar perangkat lunak di iPad dengan merilis iPadOS 16 di WWDC tahun ini. iPadOS baru akan hadir dengan perubahan besar pada windowing dan multitasking, kata Gurman.

Apple juga dikatakan akan merilis pembaruan watchOS dengan daftar peningkatan yang “mempengaruhi pengoperasian dan navigasi sehari-hari” di Apple Watch.

Sementara untuk aplikasi Kesehatan, Apple juga dilaporkan akan memberikan peningkatan pada fitur pelacakan kesehatan di iPhone dan Apple Watch, meskipun aplikasi tersebut kemungkinan tidak akan diperluas ke iPad dan Mac.

Demikian pula, pengguna Apple TV dapat mengharapkan beberapa peningkatan karena Gurman mengatakan bahwa akan ada lebih banyak terhubung dengan ‘rumah pintar’ atau smarthome yang tersedia melalui versi tvOS baru.

Di sisi lain, pengguna Mac bisa mendapatkan perombakan System Preferences agar tampak mirip dengan Pengaturan yang tersedia di iOS.

Apple kemungkinan tidak akan mengungkap model iPhone baru di WWDC 2022 karena dapat menghadirkan seri iPhone 14 di acara yang berbeda sekitar bulan September. Namun, Gurman memperkirakan bahwa perusahaan asal Amerika itu akan meluncurkan MacBook Air baru dengan chip M2 di konferensi pengembang Apple.

BACA JUGA:

Gurman mengatakan bahwa pengembang melaporkan kepadanya tentang karyawan Apple yang semakin banyak menggunakan model MacBook Air generasi berikutnya dengan aplikasi mereka.

Wartawan sebelumnya mengatakan bahwa di samping opsi MacBook Air baru, Apple akan bekerja untuk meningkatkan Mac mini kelas atas, Mac 24 inci, dan MacBook Pro kelas bawah yang baru.

Keynote WWDC sendiri akan berlangsung secara virtual pada 6 Juni 2022 mendatang. Setelah keynote, konferensi pengembang akan dimulai dan berlangsung hingga 10 Juni 2022. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0