Apes! Gara-gara Iklan Pixel 4 Palsu, Google Bayar Rp 147 Miliar

Telset.id, Jakarta – Gara-gara iklan Pixel 4 palsu, membuat Google ketiban apes karena harus berurusan dengan otoritas berwajib. Google bahkan harus membayar sebesar USD 9,4 juta.

Iklan Pixel 4, dengan kata lain, membuat Google harus rela mengeluarkan uang setara Rp 147 miliar. Kasus ini melibatkan Google dan DJ radio iHeartMedia.

Dalam siaran DJ radio iHeartMedia, ada obrolan tentang hobi memotret binatang dan hujan meteor menggunakan perangkat keluaran baru Google Pixel 4.

BACA JUGA:

Masalahnya, mereka tidak pernah benar-benar memiliki atau menggunakan ponsel itu. Tujuh negara bagian AS dan Komisi Perdagangan Federal pun beraksi.

Mereka telah mencapai kesepakatan dengan Google dan iHeartMedia atas klaim iklan yang menipu demi program promosi perangkat anyar Google Pixel 4.

Menurut Jaksa Agung California, Rob Bonta, sejumlah tuduhan mengklaim bahwa Google membayar pembawa acara radio untuk mempromosikan Pixel 4.

Seperti Telset kutip dari Gizchina, Google juga meminta kepada penyiar radio untuk berbagi pengalaman pribadi menggunakan HP Pixel 4.

Berdasarkan catatan otoritas setempat, sudah lebih dari 23.000 kali iklan itu ditayangkan di sepuluh pasar media, termasuk Los Angeles dan San Francisco.

iHeartMedia, yang berstatis sebagai stasiun radio terbesar di AS,  akan menerima pembayaran dari Google untuk promosi dan merekomendasikan Pixel 4.

Masalahnya, orang-orang yang mempromosikan tidak pernah menggunakan smartphone Pixel 4 dan sialnya sama sekali tidak disadari beberapa pendengar.

Google hanya mengirim skrip ke influencer. Naskah skenario tersebut harus dibacakan ketika siaran radio. Google lalu memberi kompensasi kepada mereka.

Laporan lebih lanjut, gugatan yang diajukan di Alameda County mengklaim bahwa iHeartMedia tidak pernah mendapatkan smartphone Pixel 4 dari Google.

Influencer kami sejatinya sangat perlu punya perangkat untuk membuat rekomendasi terdengar sangat otentik dan personal,” menurut perwakilan radio.

BACA JUGA:

Komisi Perdagangan Federal mengungkap, setelah Google mengirim lima perangkat, hanya sedikit influencer yang bisa pakai Pixel 4 untuk diuji untuk iklan.

Atas praktik penipuan itu, Google harus membayar lebih dari Rp 147 miliar sebagai denda perdata bersama iHeartMedia untuk menyelesaikan gugatan. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0