Kenang Jerry Lawson, Google Doodle Ajak Warganet Main Game Jadul

Telset.id, Jakarta – Google Doodle hari ini mengenang ulang tahun ke-82 Gerald “Jerry” Lawson, dengan cara yang unik. Bukan cuma menghadirkan gambar animasi saja, Google turut menghadirkan game konsol yang terkesan jadul.

Bukan tanpa sebab, Google mengajak warganet bermain game jadul. Pasalnya Gerald “Jerry” Lawson  adalah salah satu insinyur yang mengembangkan video game konsol dengan sistem kartrid game, sehingga pengguna bermain game di rumah dan berganti-ganti permainan dengan mudah.

“Game interaktif hari ini Doodle merayakan ulang tahun ke-82 Gerald “Jerry” Lawson, salah satu bapak game modern yang memimpin tim yang mengembangkan sistem game video rumahan pertama dengan kartrid game yang dapat dipertukarkan,” tulis Doodle.

Perlu diketahui bahwa Lawson lahir pada 1 Desember 1940 di Brooklyn, New York Amerika Serikat. Dirinya merupakan lulusan Queens College dan City College of New York, serta memulai karirnya sebagai insinyur di Palo Alto, California.

Jerry Lawson mencapai puncak karirnya ketika bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi direktur teknik dan pemasaran departemen video game Fairchild di mana ia memimpin pengembangan sistem game Fairchild Channel F.

BACA JUGA:

Channel F adalah perangkat video game konsol pertama dengan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Jadi secara tidak langsung Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk mendirikan perusahaannya sendiri, bernama VideoSoft. Perusahaan pengembang video game milik orang kulit hitam paling awal.

Jerry Lawson meninggal pada 9 April 2011, dan di atas kontribusinya di dunia game, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai pelopor industri atas kontribusinya pada game.

Begitu pun Google yang turut merayakan hari ulang tahun Lawson, dengan menampilkan wajahnya di Doodle hari ini.

Cara Main Game Jadul di Google Doodle 

Bukan cuma menampilkan animasi Jerry Lawson saja, tetapi juga menghadirkan mengajak warganet untuk bermain game di Google Doodle. Total ada 5 game yang ditawarkan, dan game-game ini adalah game jadul dengan grafis 16-bit. Caranya sangat mudah dan berikut ini tutorial lengkapnya untuk Anda:

BACA JUGA:

  • Buka Google dan klik Doodle Gerald Jerry Lawson di bagian atas halaman.

Game Google Doodle

  • Nantinya Anda akan ditawarkan 5 game yang bisa dimainkan secara gratis. Silakan pilih salah satu untuk memainkannya, dengan mengklik Play.

Google Doodle Jerry Lawson 2

  • Selanjutnya, silakan bermain di smartphone atau PC hingga selesai. Game yang ditawarkan tingkat kesulitannya, tidak terlalu tinggi sehingga Anda bisa bermainnya sambil bersantai di rumah.

cara main game google doodle

  • Apabila sudah selesai Anda bisa mengulang game tersebut, membagikan skor akhir di media sosial atau mencari game lainnya.

Google Doodle Jerry Lawson

Gerald Jerry Lawson adalah sosok yang penting untuk industri game dunia. Tanpa inovasinya, mungkin kita tidak bisa menikmati game konsol di rumah. Terima kasih Jerry Lawson. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0