Confirm! Tesla Bakal Pakai Chip 3nm dari TSMC di 2024

Telset.id, Jakarta – Tesla telah mengonfirmasi akan menggunakan chip 3nm buatan TSMC di tahun 2024. Chip akan digunakan di berbagai produk perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.

Rencana Tesla ini secara tidak langsung telah mengisyaratkan lonjakan produksi chip 3nm TSMC, yang dijadwalkan pada tahun 2024. Ini mencerminkan permintaan akan solusi semikonduktor canggih akan terus meningkat.

Sementara itu, Tesla sebagai pelanggan chip N3P TSMC juga menunjukkan keinginannya untuk memanfaatkan teknologi mutakhir TSMC untuk produksi chip penggerak cerdas Full Self-Driving (FSD) generasi berikut.

BACA JUGA:

TSMC sendiri memiliki rencana ambisius untuk proses N3P yang mencakup dimulai produksi chip pada tahun 2024. Dibandingkan dengan proses N3E, N3P bertujuan untuk memberikan peningkatan kinerja sebesar 5%, dan lebih hemat daya 5% hingga 10%.

TSMC juga telah menekankan bahwa metrik kinerja, daya, dan area N3P beserta kematangan teknologi telah berhasil melampaui proses 18A milik intel.

Kolaborasi Tesla dengan TSMC sendiri bukanlah hal baru. Pasalnya, produsen kendaraan listrik tersebut telah melakukan banyak pesanan di masa lalu. Usaha sebelumnya termasuk chip Dojo D1 yang menggunakan proses 7nm dan chip HW 4.0 yang menampilkan proses 5nm.

Penambahan Tesla ke daftar pelanggan N3P dan menjadi perusahaan yang akan menggunakan chip 3nm TSMC juga telah menandai langkah strategis bagi kedua perusahaan.

Para analis memperkirakan kemitraan ini akan mendorong Tesla ke status pelanggan terbesar ketujuh TSMC, dan memberikan momentum baru ke dalam lintasan pertumbuhan pendapatan perusahaan.

BACA JUGA:

Selain itu, keputusan Tesla menggunakan chip TSMC tersebut juga menunjukkan bahwa kemajuan semikonduktor memiliki peran penting dalam membentuk masa depan teknologi kendaraan listrik dan otonom. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI