7 Berita Smartphone Populer Minggu Ini: iPhone 12 Tanpa Charger!

Berita smartphone populer minggu ini

Telset.id – Beragam menarik dan populer terkait smartphone menghiasi berita minggu ini. Kabar pekan ini masih didominasi oleh peluncuran produk terbaru di pasar Indonesia maupun global.

Selain itu, ada pula berita terkait rumor seri smartphone anyar yang akan dirilis dalam waktu dekat, sampai update terkait database mesin CEIR yang dilaporkan penuh.

Nah, oleh karenanya, tim Telset.id akan memberikan rangkuman berita smartphone yang menarik dan populer minggu ini. Yuk simak!

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Mesin CEIR Penuh, Asus ROG Phone 3 Resmi Terblokir

Berita smartphone populer minggu ini

Asus ROG Phone 3 versi resmi yang beredar di Indonesia kabarnya tidak mendapatkan sinyal di SIM 2. Asus pun menyelidiki gangguan tersebut.

Kuat dugaan, masalah itu disebabkan oleh database mesin CEIR yang penuh dan belum ditangani.

Asus memberikan tanggapan resmi melalui lembar pengumuman dari PT Asus Technology Indonesia Batam.

Dikatakan, manajemen Asus Indonesia telah mengetahui bahwa sebagian pengguna ROG Phone 3 mengalami gangguan jaringan di slot SIM 2.

Dugaan awal, gangguan tersebut disebabkan oleh database mesin CEIR atau Centralized Equipment Identity Register yang dikelola pemerintah RI penuh, sehingga Asus ROG Phone 3 versi resmi pun terblokir.

Atas gangguan tersebut, Asus pun memberikan kompensasi berupa perpanjangan garansi khusus selama 6 bulan kepada pengguna yang terdampak. Perpanjangan garansi ini merupakan wujud tanggung jawab Asus kepada pengguna dan mitra distribusi.

{Artikel selengkapnya: Mesin CEIR Penuh, Asus ROG Phone 3 Versi Resmi Terblokir}

Oppo Reno4 F Tiba di Indonesia

Berita smartphone menarik dan populer minggu ini berlanjut soal Oppo Reno4 F yang tiba di Indonesia. Dijual dengan harga Rp 4,2 jutaan, Oppo Reno4 F dibekali spesifikasi yang tergolong lumayan bagus untuk sebuah smartphone kelas menengah di Indonesia.

Oppo Reno4 F dibekali layar Super AMOLED berukuran besar, tepatnya 6,43 inci. Resolusi layarnya Full HD+ dengan aspek rasio cinematic 20 : 9.

Oppo Reno4 F memiliki body yang tipis dengan ketebalan 7,48mm dan bobot 164 gram saja. Ukurannya bahkan 0,22 mm lebih tipis dibandingkan Reno4 yang diklaim sebagai salah satu ponsel Oppo dengan body tertipis saat ini.

Bukan cuma tipis, Reno4 F pun dilapisi oleh konsep warna yang menarik dan terbilang baru. Ada dua pilihan warna elegan yang akan disediakan Oppo, yakni Matte Black dan Metalic White.

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek Helio P95. Dipadukan dengan RAM 8GB, memori penyimpanan 128GB yang dapat diperluas hingga 512GB melalui keberadaan 3 slot kartu, serta baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Oppo Reno4 F dilengkapi total enam kamera dengan spesifikasi dan konfigurasi yang diklaim bisa memenuhi kebutuhan anak-anak muda untuk berkreasi dan tampil dinamis.

Smartphone ini punya dua kamera depan yang disisipkan pada dual punch-hole pada sudut kiri atas layarnya yang berjenis Super AMOLED. Konfigurasinya berupa 16MP lensa utama f/2.4 dan kamera depth 2MP f2.4.

Sementara kamera belakang, terdiri dari kamera utama 48MP f/1.8, ultrawide 8MP f/2.2, makro 2MP f/2.4, dan depth 2MP f/2.4.

{Artikel selengkapnya: Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 F yang Meluncur di Indonesia}

Vendor HP Terancam Gak Jualan Karena Database CEIR Penuh

Berita smartphone populer minggu ini

Berita smartphone menarik dan populer minggu selanjutnya soal vendor smartphone se-Indonesia yang terancam tidak bisa jual produk terbaru. Pasalnya, database mesin CEIR atau Centralized Equipment Identity Register yang penuh tak kunjung ditangani.

Hal ini diungkapkan langsung oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Kepada tim Telset.id, ia menyatakan bahwa mesin CEIR yang penuh bisa berdampak pada bisnis perusahaan ponsel.

Perusahaan terancam tidak bisa jual smartphone terbaru karena IMEI ponsel yang mereka jual tidak bisa didaftarkan ke mesin CEIR yang dikelola pemerintah RI.

“Kita masih bisa jualan powerbank, adaptor, casing, tapi jualan handphone gak bisa karena memang mesin IMEI-nya gak bisa diproduksi,” kata Aryo saat dihubungi pada Minggu (11/10/2020).

Aryo berpendapat, pemerintah harus menangani masalah ini dengan serius. Apalagi, ada laporan yang menyebutkan bahwa beberapa vendor ponsel lokal yang harus merumahkan karyawan mereka dan menutup lini produksi akibat masalah mesin CEIR yang penuh.

{Artikel Selengkapnya: Vendor HP Terancam Gak Jualan Gegara Database CEIR Penuh}

iPhone 12 Diluncurkan Tanpa Charger

Berita smartphone menarik dan populer minggu lainnya adalah iPhone 12 yang resmi diperkenalkan. Apple meluncurkan empat seri iPhone 12 terbaru ke hadapan publik, yakni iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

iPhone 12 mini, iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max hadir dengan ukuran layar OLED Super Retina XDR yang beragam. iPhone 12 mini mengusung layar 5,4 inci dengan ukuran notch yang sama besarnya dengan tiga seri lainnya.

Sementara model standar dan 12 Pro, dilengkapi layar berukuran 6,1 inci. iPhone 12 Pro Max muncul sebagai iPhone dengan layar terbesar dengan ukuran 6,7 inci.

Keempatnya ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful. Tentu saja, prosesor yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm ini sudah mendukung jaringan 5G.

iPhone 12 mini dan model standar mempunyai RAM 4GB dengan kapasitas memori penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, ditopang RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB, 256GB, sampai 512GB.

Sesuai bocoran, Apple memutuskan untuk tidak menyertakan charger dan EarPods di paket penjualan iPhone 12. Alasannya, perusahaan ingin membantu mengurangi emisi karbon sebagai bagian dari inisiatif perusahaan ramah lingkungan.

{Artikel selengkapnya: Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger}

Realme C17 dan Realme 7 Pro Hadir di Indonesia

Berita smartphone populer minggu ini

realme 7 Pro resmi diperkenalkan ke hadapan publik Tanah Air. Menurut, Product Manager realme Indonesia, Felix Christian, realme 7 Pro menjadi smartphone kelas menengah dengan teknologi fast charging terkencang di Indonesia.

realme 7 Pro sudah ditenagai prosesor Snapdragon 720G dari Qualcomm. Chipset itu dikombinasikan dengan RAM 8GB, memori penyimpanan 128GB, dan NFC multifungsi.

Selain itu, smartphone ini sudah ditopang baterai 4,500 mAh yang didukung teknologi 65W SuperDart Charge. Teknologi ini sebelumnya disematkan realme pada seri flagship mereka, X50 Pro.

Realme C17 pun melenggang di Indonesia. Dibanderol dengan harga yang tak lebih dari Rp 3 juta, realme C17 meluncur resmi dengan membawa keunggulan layar 90Hz, baterai 5.000 mAh, dan juga memori penyimpanan 256GB.

{Artikel selengkapnya: Realme 7 Pro Hadir di Indonesia, Bawa Fitur Fast Charging 65W}

OnePlus 8T Rilis dengan Layar 120Hz

OnePlus menambah portofolionya dengan meluncurkan OnePlus 8T. Ponsel cerdas ini hadir dengan layar 120Hz dan empat kamera belakang, serta baterai 4.500mAh yang dapat diisi penuh hanya dalam waktu 39 menit.

OnePlus 8T menjalankan OxygenOS 11 berbasis Android 11. Dilengkapi dengan layar Fluid AMOLED 6,55 inci full-HD + (1.080×2.400 piksel) dengan refresh rate 120Hz, dan aspek rasio 20: 9, serta kerapatan pikselnya mencapai 402ppi.

Dapur pacunya ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865 SoC dan disokong GPU Adreno 650, yang kombinasikan dengan RAM LPDDR4X hingga 12 GB. OnePlus 8T menyediakan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256 GB yang tidak dapat diperluas.

Sedangkan kameranya mengandalkan empat kamera belakang yang mencakup kamera utama 48 MP lensa f / 1.7, kamera ultra wide angle 16 MP f / 2.2, kamera makro 5 MP, dan kamera monokrom 2 MP.

Untuk selfie, Anda akan mendapatkan satu kamera depan 16 megapiksel dengan bukaan lensa f / 2.4 Sony IMX471, yang ditempatkan di lubang di sudut kiri atas layar.

{Artikel selengkapnya: OnePlus 8T Rilis dengan Layar 120Hz dan 4 Kamera Belakang}

Poco X3 NFC jadi Mid-Range Killer Indonesia

Berita smartphone populer minggu ini

Berita smartphone menarik dan populer minggu ini yang terakhir, Xiaomi mendatangkan Poco X3 NFC ke Indonesia. Disebut sebagai The Real Mid-Range Killer, smartphone ini merupakan ponsel cerdas pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 732G.

Poco X3 NFC mengusung layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan dilapisi Gorilla Glass 5. Layarnya pun sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Masuk ke balik kap mesin, Poco X3 NFC dimotori chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 732G. Chipset ini dikombinasikan dengan GPU Adreno 618, RAM 6 GB/8 GB, memori penyimpanan 64 GB/128 GB, dan baterai 5,160 mAh dengan fast charging 33W.

Bagian fotografi smartphone ini mengandalkan komposisi empat kamera di bagian belakang. Terdiri dari kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX682, kamera ultrawide 13 MP, sensor depth 2 MP dan kamera makro 2 MP.

Sedangkan untuk kebutuhan berselfie ria, Xiaomi memberikan kamera depan dengan resolusi 20 MP.

{Artikel selengkapnya: Poco X3 NFC Mendarat di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here