Google, Apple, Microsoft dkk Saingan Bikin Kacamata Pintar

Kacamata Pintar

Telset.id, Jakarta – Perusahaan teknologi berskala besar, seperti Microsoft, Google, Apple, sampai Amazon berlomba-lomba untuk bisnis besar berikutnya. Mereka berambisi menciptakan kacamata pintar atau smart glasses yang bisa menggantikan fungsi smartphone.

CNBC melaporkan keempat perusahaan teknologi tadi merupakan beberapa perusahaan yang bakal menghadirkan “komputer” di wajah pengguna. Mereka memproduksi kacamata pintar ala smartphone.

Saat ini, smart glasses dinilai terlalu besar dan berharga mahal. Namun demikian, pada titik tertentu, harganya pun akan berangsur turun. Ukurannya pun bakal mengecil sehingga pantas dan nyaman untuk dipakai sehari-hari.

{Baca juga: Biar Gak “Diintip” Google, Begini Cara Hapus Data Fitbit}

Sebenarnya, Microsoft, Apple, Google, dan Amazon memang sudah pernah atau baru merencanakan kacamata pintar mereka masing-masing.

Microsoft, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (14/11/2019), membuat kacamata pintar HoloLens 2 dan telah diluncurkan pada minggu lalu. Perangkat canggih tersebut sempat diuji oleh Angkatan Darat.

Tak cuma microsoft, Apple akan mengeluarkan headset Virtual Reality (VR) Oculus Quest pada 2022. Pada 2023, Apple akan meluncurkan versi yang lebih kecil dan dapat dipakai sepanjang hari oleh para pengguna.

Amazon pun tidak mau ketinggalan. Perusahaan milik Jeff Bezos tersebut kini memiliki Echo Frames yang berwujud dan fungsi seperti kacamata biasa, tetapi punya speaker dan asisten suara Amazon Alexa built-in.

{Baca juga: Casing CastAway Bisa Bikin Layar Smartphone Jadi Dua}

Akan tetapi, Google lah yang bisa dibilang pertama merilis kacamata pintar. Raksasa pencarian itu meluncurkannya pada 2012 silam bernama Google Glass.

Akan tetapi, produk itu dianggap gagal dan dinilai membahayakan privasi pengguna. Namun, bukan tidak mungkin Google berbenah. Lalu, siapa juaranya? (SN/FHP)

Sumber: New York Post

Previous articlePhotoshop Lewat! Algoritma Ini Jago Ngedit Foto Bawah Laut
Next articleYeayy!! Kini Pengguna Line Bisa Bikin Stiker Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here