Kacamata Pintar Apple Pakai Layar Sony, Kok Bukan Samsung?

Kacamata pintar Apple

Telset.id, Jakarta – Kabarnya Apple sedang menggarap sepasang smart glasses atau kacamata pintar berbasis augmented reality (AR). Namun kali ini Apple tidak mengajak Samsung, melainkan Sony sebagai partner mereka.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Sabtu (24/10/2020), Apple kabarnya sedang mencari pemasok layar untuk kacamata pintar mereka. Dan, Sony tampaknya menjadi pemasok utama pilihan Apple.

Merujuk publikasi media Jepang, Nikkan Kogyo Shimbun, Apple dan Sony sedang dalam pembicaraan. Apple berharap Sony dapat memasok microdisplays OLED untuk digunakan di kacamata cerdas.

Laporan tersebut diperkuat oleh analis industri layar, Ross Young. Ia mengatakan bahwa Apple sedang melakukan pembahasan dengan Sony untuk membicarakan pengadaan layar kacamata pintar AR Apple.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Selama ini, Apple mendapat pasokan layar dari Samsung dan LG untuk iPhone. Karenanya, agak aneh mendengar kabar bahwa Apple justru memilih Sony sebagai pemasok layar untuk kacamata cerdas AR buatan Apple.

Namun, ada yang menyebut bahwa microdisplays OLED ciptaan Sony sangat mutakhir dengan tingkat respons sangat cepat, kontras sangat tinggi, dan gamut yang lebih luas untuk reproduksi warna lebih presisi.

Apple bukanlah perusahaan pertama yang mencoba meluncurkan kacamata cerdas berbasis AR. Google pernah melakukan hal serupa meskipun sedikit gagal. Akankah Apple berhasil menghadirkan kacamata pintar berbasis AR?

Teknologi Canggih di Kacamata Pintar Apple

Sebelumnya dikabarkan, kacamata pintar Apple bakal memancarkan gambar secara langsung ke pupil pengguna. Informasi tersebut terungkap berkat dokumen paten yang diajukan oleh perusahaan ke otoritas.

Perusahaan asal Cupertino sedang melakukan eksperimen lewat ide yang sedikit berbeda tentang bagaimana untuk memungkinkan pengguna melihat gambar atau video di sebuah perangkat yang kompak. Apple telah mengajukannya lewat paten.

Paten Apple menunjukkan cara baru untuk mengirimkan konten video melalui perangkat yang dapat dikenakan. Perangkat itu adalah kacamata pintar.

{Baca juga: Kacamata Pintar Apple Pancarkan Gambar Langsung ke Pupil}

Dokumen paten yang diajukan memperlihatkan Apple sedang berpikir untuk menggunakan proyektor mini yang terpasang di headset, yang kemudian dapat mengirimkan gambar langsung ke pupil pemakai.

Menggunakan teknologi tersebut dapat secara dinamis memengaruhi cara orang memandang gambar saat dipindai ke retina. Teknologi itu juga membantu mengurangi konflik konvergensi-akomodasi.

Namun, belum tahu bagaimana bentuk kacamata pintar ini dan kapan akan dirilis. Belum tahu pula apakah eksplorasi ide itu akan menjadi kenyataan. Apple belum bisa dimintai konfirmasi terkait hal tersebut. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here