telset

Netflix Games Meluncur dengan 5 Game Mobile untuk Android

Telset.id, Jakarta – Netflix Games resmi diluncurkan dengan menghadirkan lima game mobile ke aplikasinya untuk Android di seluruh dunia. Meski saat ini baru hadir di Android, namun raksasa streaming video ini memastikan akan merilis Netflix Games untuk iOS.

Layanan Netflix Games ini merupakan hasil dari eksperimen yang dilakukan selama beberapa tahun, untuk tidak hanya sekadar menawarkan film dan serial televisi saja.

“Sama seperti serial dan film, kami juga ingin merancang game untuk semua level permainan dan setiap jenis pemain, baik Anda seorang pemula atau gamer,” kata Mike Verdu, VP, Game Development di Netflix, dalam sebuah posting blog.

Baca juga: Film Squid Game Pecahkan Rekor Penayangan di Netflix

Informasi soal hadirnya fitur game di platform streaming video terbesar di dunia itu pertama kali diumumkan pada bulan Juli lalu. Setelah itu, perusahaan kemudian melakukan uji coba yang dimulai pada bulan Agustus.

Dan setelah melakukan uji coba secara terbatas, Netflix pada Selasa (2/11/2021) mengumumkan platform streaming video ini telah siap untuk membawa Netflix Games secara global.

Mulai hari ini, orang yang menggunakan aplikasi Netflix untuk Android di seluruh dunia memiliki akses ke lima game mobile, yakni Stranger Things: 1984, Stranger Things 3: The Game, Shooting Hoops, Card Blast, dan Teeter Up.

Untuk bisa memainkan game Netflix, Anda hanya perlu berlangganan Netflix. Kabar bagusnya, tidak ada biaya tambahan apapun alias gratis, dan tidak menayangkan iklan apa pun atau melakukan pembelian dalam aplikasi untuk menawarkan game melalui platformnya.

Namun “layanan gratisan” ini diduga hanya menjadi langkah perkenalan dulu, karena Netflix pada akhirnya dapat menggunakan game sebagai sumber untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Untuk pengguna ponsel, Anda akan menemukan deretan game khusus dan tab game tempat Anda dapat memilih game apa saja untuk diunduh. Sedangkan untuk tablet, Anda akan melihat baris game khusus atau dapat memilih game dari menu tarik-turun kategori.

Baca juga: Cara Berlangganan Netflix Pakai GoPay

Game ini akan secara otomatis default ke preferensi bahasa yang sudah Anda atur di profil Netflix Anda. Jika bahasa yang diinginkan belum tersedia untuk game tertentu, maka secara default ke bahasa Inggris. Beberapa game Netflix ini bahkan bisa dimainkan secara offline.

Penting juga untuk dicatat bahwa game tidak tersedia di profil Anak. Anda juga akan diminta untuk memasukkan PIN yang telah Anda atur untuk mencegah anak-anak mengakses profil Anda untuk bermain game di perangkat Anda.

Netflix Serius Garap Game

Kabar Netflix ikut terjun ke industri game cukup mengejutkan, karena selama ini mereka dikenal sebagai perusahaan yang fokus ke streaming video. Namun keputusan ini tidak dibuat dadakan, karena perusahaan terlihat sangat serius memasukan game ke platform mereka.

Hal itu dapat dilihat dengan langkah Netflix yang bekerja sama dengan sejumlah studio game indie termasuk BonusXP selama beberapa waktu untuk menghadirkan fitur barunya ini.

Game Netflix Android Streaming video

Baca juga: Netflix Serius Garap Game, Akuisisi Developer Game Oxenfree

Pada bulan September, perusahaan yang berbasis di Los Gatos, California juga mengakuisisi pembuat video game Night School Studio dan meluncurkan lima judul game seluler awal di pasar Eropa untuk menguji fitur baru ini. Bersamaan dengan akuisisi dan kemitraan, Netflix pada bulan Juli mempekerjakan Mike Verdu sebagai kepala divisi gamenya.

Verdu sebelumnya berkolaborasi dengan pengembang di Facebook untuk mengembangkan konten augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), dan juga pernah bekerja di perusahaan game hardcore termasuk Electronic Arts, Zynga, Kabam, Atari, dan Legend Entertainment.

Pada bulan Juli, Netflix secara resmi mengumumkan usahanya ke dunia game. Perusahaan mengatakan kepada investornya saat menyempaikan laporan keuangan di kuartal kedua bahwa mereka melihat game sebagai kategori konten baru lainnya.

Baca juga: Netflix Akuisisi Developer Game Oxenfree

Netflix mungkin dapat meningkatkan keterikatan pada platformnya dengan menawarkan game bersama film dan serial televisi. Namun, belum terlihat bagaimana perusahaan dapat menggunakan game untuk menambah pundi-pundi pendapatannya, disaat mereka juga harus tetap mempertahankan dominasi mereka di pasar streaming video.

Selain itu, masih tidak jelas apakah layanan game secara terbatas pada perangkat ponsel atau TV ini nantinya akan mengharuskan pengguna Netflix menggunakan alat pengontrol game khusus atau semacam joystick untuk bermain game. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0