telset
spot_img

Pencipta Konsol Nintendo, Masayuki Uemura Meninggal Dunia

Telset.id, Jakarta – Pencipta konsol Nintendo Entertainment System (NES) dan Super NES, Masayuki Uemura meninggal dunia di usia 78 tahun. Pria asal Jepang tersebut adalah sosok yang berjasa dalam eksistensi Nintendo di industri game dunia.

Dilansir Telset dari Gadget NDTV pada Senin (13/12/2021), Masayuki Uemura meninggal dunia pada tanggal 6 Desember 2021 kemarin.

Baca juga: Harga Nintendo Switch di Eropa Turun

Ia berjasa membuat perangkat game asal Jepang ini eksis pada tahun 1980-an di seluruh dunia. Berikut ini profil dari Masayuki Uemura, sang pencipta konsol Nintendo.

Biografi Masayuki Uemura, Pencipta Konsol Nintendo

Masayuki Uemura Nintendo Meninggal Dunia

Uemura adalah pria kelahiran Nara, Jepang 20 Juni 1943. Pendidikan terakhirnya adalah lulusan teknik elektronik dari Institut Teknologi Chiba Jepang dan setelah lulus, ia bekerja untuk Nintendo pada tahun 1972.

Di Nintendo, dirinya mendapat kesempatan dari presiden Nintendo saat itu Hiroshi Yamauchi sebagai manajer Nintendo R&D2. Ia memiliki tanggung jawab atas pengembangan, penelitian, dan produksi berbagai produk perangkat Nintendo.

Tugas pertama Uemura adalah membuat perangkat game, yang memungkinkan konsumen untuk bermain game arcade di TV, sehingga bisa dimainkan di rumah.

Ia menyanggupi tugasnya dan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Jepang Ricoh. Lalu terciptalah game arcade hit Nintendo Donkey Kong dan perangkat game Famicon. Keduanya rilis pada tahun 1983.

Famicon adalah sebuah konsol 8-bit menggunakan sistem kaset game cards cartridge untuk memasukkan game ke dalam konsol. Game cards dapat dicopot dan dipasang kembali, sehingga pemain bisa bermain bermacam-macam game di dalam satu perangkat.

Awalnya Nintendo pesimis terhadap produk tersebut, tetapi siapa sangka di tahun 1984 perangkat tersebut sukses terjual hingga 2,5 juta unit. Penjualan Famicon diperluas sampai ke pasar Amerika Serikat.

Baca juga: Nintendo Switch OLED Dijual Rp 5 Jutaan

Di Paman Sam, Masayuki Uemura memodifikasi perangkat Famicon dan mengganti nama menjadi Nintendo Entertainment System (NES). Pasar Amerika menerima NES, sehingga konsol Nintendo generasi awal ini mendapat penjualan yang bagus disana.

Uemura lalu mengembangkan Super Famicon atau Super Nintendo Entertainment System (SNES), pada tahun 1988. Sebuah perangkat game 16-bit dan Uemura berkolaborasi dengan insinyur dari Sony bernama Ken Kutaragi untuk pengembangannya.

Perangkat dirilis di Jepang dan pasar global pada tahun 1990. Sama seperti Famicon, Super Famicon juga mendapatkan penjualan yang bagus. Jika diakumulasikan dengan Famicon, kedua produk tersebut berhasil terjual 100 juta unit di seluruh dunia.

Sejak saat itu Nintendo terus meluncurkan berbagai produk baru seperti Nintendo DS, Nintendo Switch dan lain sebagainya hingga sekarang. Uemura kemudian pensiun pada tahun 2004 dan ditunjuk sebagai penasihat perusahaan.

Masayuki Uemura juga merupakan pengajar di Universitas Kyoto sejak tahun 2004. Sayangnya kini perusahaan game asal Jepang tidak dapat lagi membuat menerima nasihat dari Uemura, karena dirinya telah tiada. Selamat jalan Uemura! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0