Home GAMES Awas! 6 Genre Game Ini Jangan Dimainkan, Bisa Batalin Puasa!

Awas! 6 Genre Game Ini Jangan Dimainkan, Bisa Batalin Puasa!

Telset.id – Bermain game di saat puasa memang tidak dilarang. Tapi awas, ada 6 genre game yang bisa batalin puasa. Karena itu sebaiknya hindari untuk memainkannya.

Patut diingat bahwa puasa di bulan ramadan tidak hanya diharuskan untuk menahan haus dan lapar, tapi juga menekan emosi dan hawa nafsu.

Tanpa kita sadari, ternyata ada loh kegiatan yang bisa membuat pahala puasa berkurang atau malah membatalkannya, yaitu dengan bermain game.

Bermain game menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan untuk menghabiskan waktu dan menunggu waktunya berbuka. Namun ada kalanya, bermain game justru membuat puasa kamu batal.

Seperti misalnya beberapa genre game yang bisa memancing emosi kamu, atau ada juga game-game dewasa yang banyak memamerkan aurat. Jika tidak bisa mengontrolnya, beberapa genre game itu sebaiknya kamu hindari.

{Baca juga: 7 Game Android Seru dan Anti Bosan, Yuk Dicoba!}

Saat ini banyak sekali genre game yang bisa dimainkan sesuai selera. Tapi ada beberapa genre game yang “berbahaya”, karena bisa mengganggu ibadah puasa kalian.

Nah, biar puasa kamu tetap aman, berikut ini adalah 6 genre game yang harus kamu hindari karena bisa batalin puasa, atau minimal mengurangi pahala puasa kalian. Yuk simak daftarnya!

1. Game Sepakbola

Game sepakbola menjadi salah satu genre game paling populer di dunia. Sebut saja game sepakbola terbaik Pro Evolution Soccer (PES) atau FIFA. Bahkan game sepakbola kadang lebih seru lagi jika dimainkan bersama teman. Tapi awas, game ini ternyata bisa bikin kamu emosi loh!

Misalnya saat kamu berada dalam posisi kalah atau diejek oleh teman, tidak jarang kata-kata kasar yang keluar dari mulut kamu secara tidak sadar. Kalau sudah begitu, makna dan pahala dari puasa jadi berkurang.

{Baca juga: 10 Game Sepak Bola Terbaik 2021, Android dan iPhone}

2. Game MOBA

Game MOBA juga salah satu genre game yang berpotensi bikin kamu emosi di bulan ramadan. Salah satu game bergenre MOBA yang kerap kali mengundang emosi adalah game Mobile Legends.

Saat ingin menghibur diri atau menghabiskan waktu dengan bermain game, justru kekalahan yang didapat ketika bermain Mobile Legends dan justru membuat emosi. Belum lagi ditambah dengan rekan setim yang menjengkelkan, atau pihak lawan yang memancing emosi dengan mengeluarkan kata-kata kasar.

Maka dari itu, penting untuk mengendalikan diri selama bermain game bergenre ini. Bisa juga dengan mematikan fitur chat, biar kamu tidak terganggu dengan kata-kata provokasi dari lawan atau rekan setim.

{Baca Juga: Tipe Pemain MOBA yang Sering Ditemui, Nomor 3 Bikin Kesel!}

3. Game Memasak

Ingat, dalam berpuasa diharuskan untuk menahan haus dan lapar. Dalam game memasak kita justru diharuskan untuk membuat makanan atau minuman yang menggoda iman. Makanan atau minuman yang dibuat bisa sangat menggiurkan saat berpuasa.

Tanpa disadari, hal tersebut mengundang hawa nafsu dan bisa mengurangi pahala puasa. Jadi kalau kamu tidak kuat menahan godaannya, sebaiknya hindari memainkan game masak-masakan seperti Cooking Mama, Overcooked, dan lain sebagainya.

{Baca juga: 12 Game Memasak Terbaik di Android dan PC, Bisa Masak Krabby Patty!}

4. Game Kekerasan

Berbagai game bertema kekerasan juga bisa bikin pahala di bulan puasa menjadi berkurang. Pasalnya, game bergenre satu ini kerap kali mengundang emosi dari para pemainnya.

Beberapa game yang mengandung kekerasan misalnya, Assassins Creed, PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) dan lain sebagainya. Beragam adegan kekerasan dipertontonkan dalam game ini, yang bisa membuat kamu ikut tersulut emosi. Momen seperti ini yang membuat puasa kita diuji.

{Baca Juga: 5 Game Battle Royale Pesaing PUBG Paling Seru Wajib Coba!}

5. Game Gore

Game bergenre gore juga sebaiknya kamu hindari untuk dimainkan selama bulan puasa. Biasanya selain diisi dengan konten kekerasan, game bergenre gore juga menyimpan adegan-adegan sadis yang mengerikan atau kadang menjijikan.

Beberapa game tersebut seperti misalnya Resident Evil 7 atau Mortal Kombat, yang berisi banyak adegan sadis yang mungkin tak nyaman dilihat semua orang. Adegan-adegan sadis dalam game tersebut sangat berpotensi membuat kamu mual atau bahkan muntah, yang tentunya bisa mengurangi pahala berpuasa.

{Baca Juga: 10 Game Dewasa Android Khusus untuk Usia 18 Tahun ke Atas}

6. Game Dewasa

Kalau game satu ini sudah pasti sebaiknya tidak dimainkan selama bulan puasa. Karena sudah jelas bahwa game dewasa biasa diisi dengan konten kekerasan atau vulgar yang memperlihatkan aurat.

Beberapa game dewasa yang sebaiknya tidak kamu mainkan di bulan puasa seperti Grand Theft Auto (GTA), God of War, Sexy Academy, RapeLay, dll. Biar pahala puasa jadi lebih maksimal, sebaiknya hindari memainkan game dewasa tersebut.

Nah, itulah tadi 6 genre game yang bisa membuat puasa kamu batal jika tidak berhati-hati. Kami anjurkan selama berpuasa, kalian sebaiknya menghindari genre game tersebut untuk sementara waktu. Selamat berpuasa. (HR/HBS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version