telset

Jenis-jenis Game Populer, Kelebihan dan Kekurangannya

Telset.id – Bermain game adalah aktifitas menyenangkan yang sering dimainkan oleh berbagai kalangan usia, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Ada jenis-jenis game dengan genre berbeda yang saat ini sangat populer di kalangan para gamers, apa saja itu?

Biasanya aktivitas bermain game dilakukan untuk mengisi waktu luang ataupun untuk melepas stress setelah selesai bekerja atau sekolah.

Perkembangan teknologi telah membuat jenis-jenis game semakin beragam dan menarik untuk dimainkan dengan menggunakan media yang berbeda.

Saat ini sudah banyak jenis-jenis game yang dapat diunduh dan dimainkan. Mulai dari casual game hingga game simulasi.

{Baca juga: 25 Game Balap Mobil Terbaik di Android 2021, Semuanya Gratis!}

Semuanya sama-sama seru dan memiliki ciri khas tersendiri. Kali ini Tim Telset akan memberikan informasi lengkap mengenai 10 jenis game yang perlu kalian ketahui.

Jenis-jenis Game Paling Populer

Jenis-jenis Game

Game memang terus berkembang sehingga memiliki banyak jenisnya. Masing-masing jenis game memiliki penggemar tersendiri dan dapat dimainkan di smartphone, laptop, PC, serta perangkat konsol.

Masing-masing genre game punya penggemar sendiri, dan jenis-jenis game ini punya kelebihan dan kekurangan. Nah, kami akan coba mengulas jenis-jenis game yang saat ini sedang populer.

Berikut semua jenis game yang perlu Anda tahu:

  1. Game Battle Royale 

    Jenis-jenis Game battle royale PUBG
    PUBG

    Jenis game pertama adalah Battle Royale. Game jenis ini sangat populer, dan paling banyak dimainkan. Konsep dari Battle Royale adalah permainan yang mengajak kalian bersaing dengan ratusan pemain lain untuk bertahan hidup dan berperang. Pemenang ditentukan oleh siapa pemain terakhir yang masih bisa bertahan hidup.

    Game ini dapat memincu adrenalin serta mengajak kalian untuk berpikir cepat agar tidak tertembak oleh musuh. Game Battle Royale biasanya bisa dimainkan di Android dan console. Beberapa game Battle Royale yang populer seperti misalnya PUBG Mobile, Fortnite, dan Apex Legends.

  2. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

    Jenis-jenis Game MOBA Mobile Legends: Bang Bang
    Mobile Legends: Bang Bang

    Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA merupakan konsep game pertarungan online antar dua kelompok atau lebih di satu arena. Kedua tim harus berperang dan sekaligus menjaga benteng pertahanan agar tidak dihancurkan musuh.

    Game MOBA biasanya hadir untuk perangkat smartphone Android, iOS, PC atau laptop. Contoh beberapa game  MOBA adalah Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, League of Legends dan masih banyak lagi.

  3. First Person Shooter (FPS)

    Ilustrasi jenis Game FPS
    Ilustrasi Game FPS (Foto: Istimewa)

    First person shooter atau biasa sering disebut game FPS adalah jenis game online yang sangat populer saat ini. Jenis game ini memiliki konsep permainan tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam game jenis ini kamu bisa memilih sendiri karakter yang ingin dimainkan, karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menembak.

    {Baca juga: 10 Game FPS untuk Komputer Paling Seru}

    Memainkan game FPS tentunya kalian tidak bermain sendiri, meskipun kamu tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan lawan main. Biasanya, jenis game ini mewajibkan kamu untuk secepar mungkin melumpuhkan tim lawan. Beberapa contoh game FPS yang populer antara lain, Point Blank, Duke Nuke 3D, Quake Blood, dan Perfect Dark.

  4. Real-Time Strategy (RTS)  

    Game Warcraft III: Reforged
    Game Warcraft III: Reforged

    Real-Time Strategy (RTS) adalah jenis permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi karena kalian dituntut untuk menyusun strategi dengan cepat. Kamu harus menyusun strategi untuk perang sekaligus membangun pertahanan.

    Game jenis ini cocok bagi kalian yang ingin melatih kemampuan menyusun strategi sekaligus melepas penat dengan bermain game. Beberapa game jenis RTS adalah Warcraft III: Reforged, Crusader Kings III, Clash of Clans dan masih banyak lagi.

  5. Vehicle Simulation 

    jenis game simulasi kendaraan Euro Truck Simulator 2
    Game Euro Truck Simulator 2

    Jenis game keempat adalah Vehicle Simulation. Sesuai namanya permainan ini mengajak kalian untuk mengendarai berbagai jenis transportasi mulai dari bus, truk, kapal laut hingga pesawat terbang.

    Kalian diajak untuk menyelesaikan beberapa misi dan mendapatkan sejumlah poin. Contoh dari game vehicle simulation adalah Euro Truck Simulator 2, Bus Simulator 18, X-Plane Flight Simulator, Ship Simulator 2020 dan lain-lain.

  6. Game Casual 

    Game Candy Crush Saga adalah salah satu jenis Game Casual
    Game Candy Crush Saga adalah salah satu jenis Game Casual yang sangat populer (Foto: Istimewa)

    Game casual akan mengajak kalian bermain tanpa misi yang sulit. Genre game ini bisa dimainkan sambil “rebahan” di kasur atau di mana saja. Biasanya game casual adalah game yang tugasnya mencocokan warna, angka atau ukuran untuk mengumpulkan banyak poin.

    {Baca juga: 15 Game Penghasil Uang di Android, Tanpa Modal Dapat Duit!}

    Jenis game Casual ini biasanya banyak hadir di perangkat Android dan iOS. Beberapa diantaranya yang popuer misalnya Candy Crush Saga, Adorable Home, 2048, Angry Birds dan lain sebagainya.

  7. Fighting Games 

    Tekken 7 adalah jenis game Fighting
    Tekken 7 adalah jenis game Fighting yang sangat populer (Foto: Istimewa)

    Jenis game “berantem” atau Fighting Games menjadi salah satu dari macam-macam game favorit. Jenis permainan ini memungkinkan kalian untuk memilih karakter terbaik dan bertarung dengan pemain lain. Kamu harus mampu melayangkan pukulan dan tendangan dengan tepat agar energi lawan cepat berkurang.

    Biasanya penentuan pemenang Fighting Games ditentukan oleh siapa yang pertama kali mampu menghabiskan energi lawan. Contoh beberapa game jenis Fighting Games antara lain, Tekken 7, MORTAL KOMBAT: The Ultimate Fighting Game! dan lain sebagainya.

  8. Life Simulation Game 

    The Sims 4 adalah salah satu game Life Simulation
    The Sims 4 adalah salah satu game Life Simulation (Foto: Istimewa)

    Selain Vehicle Simulation, jenis game Life Simulation juga tak kalah populer. Permainan jenis ini memungkinkan kalian untuk menjalani kehidupan virtual di dalam game. Kamu diberikan kesempatan untuk menciptakan karakter virtual dan berkomunikasi dengan pemain lain secara virtual.

    Life Simulation game bisa dimainkan di berbagai perangkat, mulai di smartphone, PC, konsol Play Station dan Nintendo. Beberapa game yang populer di jenis ini antara lain The Sims 4, Virtual Families, Avakin Life, dan Animal Crossing: New Horizons.

  9. Sport Game 

    sport game Pro Evolution Soccer (PES) 2021
    Pro Evolution Soccer (PES) 2021 salah satu Game Sport (Foto: Istimewa)

    Sport Game adalah jenis game yang memungkinkan kalian untuk mengikuti berbagai kegiatan olahraga, mulai dari sepak bola, bola basket, bola voli hingga atletik.

    Ada banyak game jenis ini yang bisa kalian mainkan di berbagai perangkat, Beberapa contoh Sport Game seperti Pro Evolution Soccer (PES) 2021, Volleyball Champions 3D, NBA Live Mobile dan masih banyak lagi.

  10. Role-Playing Game (RPG)

    jenis game RPG Final Fantasy VII : Remake
    Final Fantasy VII : Remake salah satu game RPG (Foto: Istimewa)

    Jenis game berikutnya adalah Role-Playing Game (RPG). Pada jenis game RPG ini kalian akan berperan dalam satu karakter dan mengikuti alur cerita di dalam game. Biasanya kamu akan dihadapkan dengan misi tertentu yang harus diselesaikan.

    Game RPG adalah salah satu jenis permainan yang saat ini sangat digemari, selain game Battle Royale. Beberapa game RPG terbaik antara lain, Final Fantasy VII : Remake, Ragnarok M: Eternal Love, The Chronicles Inotia 4: Assassin of Berkel dan masih banyak lagi.

  11. Adventure Game

    Legend of Zelda Series
    Legend of Zelda Series

    Sesuai namanya, jenis game yang satu ini memiliki alur cerita petualangan di dalamnya. Ketika kalian memainkan game ini, kamu diwajibkan untuk bisa bertahan di suatu tempat dengan situasi tertentu. Kalian harus bisa melewati berbagai rintangan, karena kalian tidak dapat kembali ke tahap sebelumnya.

    Biasanya pada game adventure akan memiliki sistem butterfly effects. Artinya, apa yang kalian pilih saat itu, akan memengaruhi perjalanan kalian di tahap berikutnya. Jenis game ini sangat cocok untuk kalian yang punya jiwa petualang dan menyukai hal-hal berbau misteri. Beberapa contoh game Adventure yang populer adalah Legend of Zelda Series, Harry Potter.

  12. Racing Game 

    Jenis-jenis GameTerakhir adalah Racing Game. Permainan jenis ini mengajak Kalian untuk adu cepat dengan kendaraan terbaik baik itu mobil ataupun sepeda motor. Racing Game menyediakan mode balap online bersama pemain lain atau offline yang lebih hemat kuota.

    Racing Game adalah jenis game yang sudah ada sejak lama dan dapat dimainkan di smartphone, laptop, PC, Play Station dan Nintendo. Contoh Racing Game antara lain Grand Turismo, Real Racing 3, F1 Mobile Racing, Need For Speed: No Limits dan lainnya.

Game Mobile vs Game Konsol

Jenis-jenis Game
Ilustrasi Game Mobile dan Game Konsol (Foto: Istimewa)

Tak hanya jenis atau genre-genre game di atas, saat ini game juga terbagi menjadi dua jenis yakni game mobile (online) dan game konsol (Console). Game mobile adalah game yang biasanya dimainkan secara online. Game ini membutuhkan jaringan internet untuk dimainkan di perangkat smartphone, baik di Android ataupun iOS.

Sedangkan game konsol adalah game yang dimainkan di perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan video game. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller.

Untuk menyaingi game mobile yang bisa dimainkan di perangkat smartphone, saat ini ada konsol yang berukuran kecil yang disebut konsol portabel, sehingga mudah dibawa ke mana-mana, misalnya PlayStation Portable dan Nintendo DS.

Cara Bermain Game Mobile

Cara bermain game online tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkah untuk bermain game online:

  • Buka smartphone, laptop atau PC Anda dan hubungkan perangkat dengan jaringan internet.
  • Buka Google Play Store, Apple Store dan situs penyedia game untuk mengunduh game yang diinginkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu buka game dari smartphone atau laptop kalian.
  • Buka menu “Tutorial” untuk mengetahui cara bermain game dan pahami cara bermainnya. Jika sudah paham maka kalian bisa mulai bermain game yang diinginkan.

Jenis-jenis Game
Ilustrasi bermain game mobile di smartphone (FotoL Telset)

Kelebihan dan Kekurangan Game Online 

Game online memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan game online:

Kelebihan Game Online 

  • Kalian dapat bermain dengan pemain lain dari seluruh dunia di satu arena permainan.
  • Lebih murah karena banyak game online yang dapat diunduh secara gratis.
  • Mampu meningkatkan keterampilan motorik khususnya saat mampu mencapai level permainan ke tahap yang lebih tinggi.
  • Mampu menghasilkan uang karena pemain bisa mengembangkan karir sebagai atlet eSports atau konten kreator.

Kekurangan Game Online 

  • Sering memunculkan iklan yang terkadang mengganggu permainan.
  • Sering memunculkan fenomena pemain curang atau cheaters.
  • Bermain game online mampu menimbulkan rasa kecanduan yang berlebihan.
  • Dapat menimbulkan gangguan penglihatan karena mata terlalu lama menatap layar smartphone atau laptop.
  • Dapat menimbulkan penyakit obesitas atau gangguan lemak tubuh berlebihan karena terlalu sering bermain game dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

5 Game Mobile Populer

Terdapat ratusan game online yang bisa diunduh di internet. Berikut 5 game online yang paling populer dan bisa kalian coba.

1. PUBG Mobile

PUBG Mobile
PUBG Mobile (Foto: First Post)

PUBG Mobile sudah menjadi game mobile yang “wajib” dimainkan para penggila game online. Game ini memang sangat fenomenal karena diklaim ada lebih dari 200 juta unduhan yang tercatat setelah setahun dirilis.

Dalam game bergenre Battle Royale ini sangat digemari karena menyuguhkan gameplay yang mendebarkan. Semua pemain akan saling bertempur hingga menyisakan seorang pemain yang bakal keluar sebagai pemenang dalam pertempuran.

2. Free Fire 

jenis game online
Free Fire

Free Fire adalah sebuah jenis game Battle Royale yang dapat dimainkan secara online. Game pesaing PUBG Mobile ini bisa mengumpulkan kurang lebih 50 di sebuah arena. Setiap pemain saling membunuh satu sama lain agar bisa bertahan sampai akhir dan jadi pemenang.

3. Call of Duty 

Jenis Jenis Game online
Call of Duty Mobile

Ketiga adalah Call of Duty Mobile adalah game yang dikembangkan Tencent Games dan diterbitkan oleh Activision. Call of Duty tersedia untuk untuk Android dan iOS sehingga dapat dimainkan secara online melalui smartphone.

4. Mobile Legends: Bang Bang

jenis game online
Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang adalah game MOBA yang dirancang untuk dimainkan di ponsel. Kedua tim akan bertarung untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basisnya.

Biasanya setiap tim terdiri dari lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai “hero”, dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut “minions”, bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.

5. Clash of Clans 

Jenis Jenis Game
Clash of Clans

Clash of Clans adalah game yang memungkinkan Kalian untuk membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain. Clash of Clans dikembangkan oleh perusahaan game asal Finlandia Supercell.

Cara Bermain Game Konsol 

Untuk memainkan game konsol, kalian harus menggunakan perangkat konsol seperti PlayStation, Xbox dan Nintendo. Cara bermain game konsol tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkah untuk bermain game konsol:

  • Beli perangkat game konsol, stik game serta kaset gamenya.
  • Hubungkan perangkat game konsol dan stik game dengan perangkat pendukung seperti Smart TV. Aktifkan gamenya serta pasang kaset game di tempat yang tersedia.
  • Game konsol telah aktif dan siap untuk dimainkan.
  • Bagi yang baru pertama kali bermain bisa buka menu “Tutorial” untuk melihat cara petunjuk permainan. Jika sudah paham, Kalian bisa memulai permainannya.

{Baca juga: 17 Game PSP Terbaik 2021, Bisa Dimainkan di Android!}

PS5 Indonesia
Konsol game PS5 (Foto: Eurogamers)

Kelebihan dan Kekurangan Game Konsol 

Game konsol memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan game konsol.

Kelebihan Game Konsol 

  • Dapat dimainkan secara offline karena game konsol juga dapat dimainkan tanpa jaringan internet sehingga hemat kuota.
  • Mampu meningkatkan keterampilan motorik khususnya saat mampu mencapai level permainan ke tahap yang lebih tinggi.
  • Mampu menghasilkan uang karena pemain bisa mengembangkan karir sebagai atlet eSports atau konten kreator.

Kekurangan Game Konsol

  • Biaya bermain cukup mahal karena harga perangkat console, Smart TV serta kaset game dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.
  • Sulit dibawa kemana-mana karena beberapa perangkat game memiliki ukuran yang besar.
  • Bermain game konsol bisa menimbulkan rasa kecanduan yang berlebihan.
  • Dapat menimbulkan gangguan penglihatan karena mata terlalu lama menatap layar TV.
  • Dapat menimbulkan penyakit obesitas atau gangguan lemak tubuh berlebihan karena terlalu sering bermain game dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Contoh Game Console 

Terdapat ratusan game console yang bisa diunduh di internet. Berikut 5 contoh game console yang bisa Kalian coba:

1. Gran Turismo Sport 

Game konsol
Game Grand Turismo

Gran Turismo Sport adalah game console yang dapat dimainkan di PlayStation 4. Gran Turismo Sport menghadirkan visual yang mendekati nyata atau realistis dan Kalian akan diajak untuk beradu kecepatan di sirkuit dan menjadi pemenang.

2. Cyberpunk 2077

jenis Game konsol
Game Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 merupakan game konsol yang lagi digemari. Game yang dikembangkan oleh CD Projekt ini bercerita tentang tentara bayaran bernama V yang hidup di wilayah bernama Night City. Cyberpunk 2077 dapat dimainkan di perangkat PlayStation 4,  Xbox One dan PlayStation 5.

3. Animal Crossing: New Horizons 

Jenis Game konsol
Game Animal Crossing

Ketiga adalah Animal Crossing: New Horizons. Game ini dikembangkan oleh Nintendo pada Maret 2020. Animal Crossing adalah permainan video semulasi kehidupan dan dapat dimainkan di Nintendo Switch.

4. Red Dead Redemption 2

Jenis Game konsol
Game Red Dead II: Redemption

Keempat adalah Red Dead II: Redemption. Game console ini terinspirasi dari kondisi Amerika Serikat pada tahun 1899 dimana Kalian berperan sebagai seorang letnan dari geng Van der Linde.

{Baca juga: 17 Game Perang Offline Seru untuk PC dan Android}

Sepanjang permainan Anda harus menghadapi berbagai tindakan kriminal serta konflik antar geng demi mempertahankan eksistensi kelompok.

5. God of War 

Jenis Game konsol
Game God of War

Terakhir adalah God of War. Game console ini dikembangkan oleh David Jaffe di Sony’s Santa Monica Studio. God of War dapat dimainkan di perangkat konsol Sony PlayStation.

Demikian informasi lengkap mengenai jenis-jenis game dan perbedaan game online dan game konsol. Semoga informasi ini bermanfaat terkait pengetahuan tentang game. Kira-kira jenis game apa yang menjadi favorit kalian? [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0