Apple Putus dengan Epic Games, Fortnite Hilang dari App Store

Telset.id, Jakarta – Apple resmi memutus hubungan dengan Epic Games. Karenanya, Apple menghapus akun Epic Games yang membuat pengguna tidak bisa download game Fortnite dan aneka game lainnya di App Store.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Sabtu (29/08/2020), penghapusan ini membuat pengguna iPhone dan iPad tidak bisa lagi download game dari Epic Games, seperti Fortnite di perangkat mereka.

Dihapusnya Epic Games dari platform Apple dikonfirmasi oleh perusahaan asal Cupertino itu sendiri. Melalui keterangan resmi, penghapusan ini merupakan keputusan yang berat bagi Apple.

{Baca juga: Ada Delapan Game Indie Baru di Epic Games Store}

Kami kecewa karena harus menghentikan akun Epic Games di App Store. Kami telah bekerja dengan tim di Epic Games selama bertahun-tahun dalam peluncuran dan rilisnya,” kata Apple.

Lebih lanjut, Apple melakukannya karena Epic Games selalu melanggar pedoman yang ada. Keputusan tersebut juga didukung dengan rekomendasi dari hakim federal di California yang sempat memperkarakan kasus ini ke meja hijau.

{Baca juga: Epic Games Store Kini Sudah Ada Fitur Cloud Save}

“Pengadilan merekomendasikan Epic untuk mematuhi pedoman App Store sementara kasus mereka berlanjut, pedoman yang telah mereka ikuti selama dekade terakhir sampai mereka menciptakan situasi ini,” tutur Apple.

Sebenarnya Apple telah memberi kesempatan Epic untuk melakukan perbaikan. Sayangnya pengembang game Fortnite itu tidak menggunakan kesempatan tersebut.

“Epic telah menolak. Sebaliknya, mereka berulang kali mengirimkan pembaruan Fortnite yang dirancang untuk melanggar pedoman App Store. Ini tidak adil bagi semua pengembang lain di App Store,” tambah Apple.

Meski demikian, Apple masih memberi “kesempatan kedua” bagi Epic apabila ingin masuk ke platform App Store lagi asalkan mematuhi aturan dan pedoman yang ada.

{Baca juga: Minta Bantuan Hakim, Apple Ogah Fortnite Nongol di App Store}

“Kami berharap dapat bekerja sama lagi di masa mendatang, tetapi sayangnya hal itu tidak mungkin dilakukan hari ini,” tutup Apple.

Pertikaian Apple dan Epic Games bermula saat Fortnite dihapus dari App Store. Penyebabnya, Epic Games meluncurkan sistem pembayaran mandiri di dalam aplikasi.

Padahal, berkat ini, pengguna yang memilih untuk membayar ke Epic Games akan menerima diskon 20 persen untuk pembelian aplikasi.

Epic pun mengambil langkah hukum. Seperti dilansir New York Post, perusahaan itu menggugat Apple menyusul larangan ini. Pasalnya, langkah yang diambil Apple secara efektif melarang unduhan baru Fortnite ke perangkat iPhone atau iPad melalui App Store.

{Baca juga: Gara-gara Sistem Pembayaran, Fortnite ‘Ditendang” dari App Store}

Namun akhirnya pengadilan menolak gugatan tersebut dan akhirnya Fortnite dan Epic Games akhirnya dihapus dari App Store. (NM/MF)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0