Mirip TikTok, YouTube Shorts Memiliki Fitur Menggabungkan Video

Telset.id, Jakarta – YouTube menambah fitur baru di Shorts yang bisa dipakai untuk memotong serta menggabungkan berbagai video di YouTube menjadi video baru. Fitur yang mirip dengan fitur Stitch di TikTok.

Selama ini pengguna atau kreator di Shorts hanya bisa mengambil komponen audio di dalam video panjang, untuk dibuat menjadi video baru di Shorts. Namun saat ini mereka bisa mengambil komponen video untuk dijadikan Shorts.

Baru-baru ini YouTube mengumumkan kalau ada fitur baru di Shorts yang bernama Cut. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk memotong video panjang di YouTube dengan durasi maksimal 1 sampai 5 detik per video.

Baca juga: YouTube Tingkatkan Kemampuan Fitur Penangkal Spam

Dengan fitur ini pengguna bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu video baru di Shorts. Kemudian saat video ditampilkan, YouTube akan memberikan tautan ke video asli.

Tujuannya agar penonton bisa menyaksikan video asli, apabila ingin melihat video secara utuh. Perlu diingat bahwa tidak semua video bisa digabungkan. Video privat dan diklaim sebagai hak cipta, tidak bisa pengguna pakai untuk dijadikan konten.

Rencananya fitur Cut akan diluncurkan di iOS dalam beberapa minggu mendatang. Sedangkan untuk Android, fitur akan tiba pada akhir tahun 2022. Fitur Cut sepintas mirip dengan fitur Stitch di TikTok, yang fungsinya sama.

Baca Juga: Aplikasi Download Video Youtube

YouTube Shorts
Tampilan fitur Cut untuk menggabungkan video (Sumber foto: Gadget 360)

Selain menghadirkan fitur Cut, Google memperluas platform YouTube Shorts di browser dan tablet. Dilansir Telset dari Gadget 360 pada Selasa (19/4/2022), perluasan akses dilakukan agar konten bisa disaksikan oleh pengguna PC, laptop dan juga tablet. Rencananya perluasan layanan akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Baca juga: Ada Fitur Transkrip di YouTube, Begini Cara Menggunakannya

Berbagai inovasi yang dilakukan Google terhadap Shorts, sepertinya bertujuan agar bisa tetap bersaing di industri layanan video pendek. Apalagi industri ini baru saja kedatangan pemain baru yaitu Facebook Reels.

Facebook Reels telah diluncurkan di lebih dari 150 negara, dan memberikan kesempatan aplikasi pihak ketiga untuk memposting video pendek langsung ke Facebook Reels. Platform yang membuat persaingan industri semakin ketat. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0