Bocoran Akurat Windows 11 Menjelang Peluncuran Resmi

Telset.id, Jakarta – Microsoft kemungkinan besar akan memperkenalkan sistem operasi terbaru yang seharusnya disebut Windows 11. Menjelang peluncuran resmi, muncul bocoran UI dari sistem operasi penerus Windows 10 tersebut.

Tangkapan layar UI Windows 11 pertama kali dipublikasikan di situs asal China, Baidu. Namun sekarang, telah muncul antarmuka pengguna yang baru, tombol Start, dan UI lainnya dari Windows 11 yang disebarkan Tom Warren dari The Verge.

Dilansir Telset pada Kamis (17/6/2021), antarmuka Windows 11 yang baru terlihat sangat mirip dengan bocoran sebelumnya terkait Windows 10X. Asal tahu saja, OS tersebut pada awalnya disiapkan Microsoft untuk perangkat layar ganda.

{Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja PC dan Laptop Windows 10}

Bocoran UI Windows 11

Namun tak cuma mirip Windows 10X saja, sistem operasi Microsoft ini tampilannya mirip dengan macOS besutan Apple. Jelas di sini, Windows 11 memiliki tombol Start dan taskbar yang terletak di tengah.

Letak tombol Start yang diperbarui adalah peningkatan “versi sederhana” yang dibawa oleh OS ini. Kini, tombol tersebut tanpa Live Tiles seperti pada Windows 10.

Semua fitur yang tersemat di sini sudah disederhanakan sedemikian rupa oleh Microsoft. Sebagai contoh, terdapat aplikasi yang sudah diinstall, file terbaru yang dapat diakses, hingga kemampuan untuk Shut down maupun Restart dengan cepat.

Anda sebagai pengguna tak suka tampilan Start Menu dan task bar di tengah? Microsoft memberikan pengaturan yang memudahkan pengguna untuk memindahkan tombol Start dan ikon ke kiri jika mereka tidak menyukai perubahan ini.

Bocoran UI Windows 11

Microsoft juga menggunakan sudut membulat di seluruh sistem operasi terbaru, terutama di menu konteks, sekitar aplikasi, dan File Explorer. Ini membuatnya terlihat lebih dinamis dan “tidak kaku” lagi seperti generasi sebelumnya.

Beralih ke taskbar, terdapat ikon baru di sini yang diberi label Widget. Tombol ini dirancang untuk menampilkan akses cepat ke berita, cuaca, dan konten web yang telah difavoritkan oleh pengguna.

{Baca juga: Cara Lengkap Partisi Hardisk di Windows, Tanpa Harus Install Ulang}

Bocoran UI Windows 11

Microsoft memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna yang kerap mengerjakan lebih dari satu tugas pada perangkat mereka. Melalui Windows 11, raksasa teknologi ini menerapkan tombol agar pengguna dapat membuka hingga empat aplikasi secara berdampingan.

Bocoran lainnya yang terkait Windows 11 adalah, tampilan Store yang lebih segar, kemungkinan adanya platform toko aplikasi pihak ketiga, konfigurasi sistem yang lebih mudah, sampai pengalaman Xbox yang lebih baik.

Windows 11 sendiri mungkin bakal diperkenalkan pada acara khusus yang digelar 24 Juni mendatang. Hal ini pun dikonfirmasi oleh eksekutif Microsoft lainnya yang memberikan teaser lewat ucapan “generasi Windows berikutnya“. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0