Widget Google di HP Android Kini Lebih Mudah Disesuaikan

Telset.id, Jakarta – Pengguna yang memakai aplikasi Google versi non-beta (versi 13.40 atau lebih tinggi) di perangkat Android sekarang dapat menyesuaikan widget langsung dari layar beranda.

Widget di Google Search pada perangkat Android terakhir menerima fitur penyesuaian pada 2018 ketika diluncurkannya smartphone Pixel 2 XL dan dirilisnya Android Pie 9.0.

Fitur itu membuat pengguna dapat menyesuaikan widget Google sesuai keinginan mereka. Kini, pembaruan terbaru membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikannya tanpa perlu masuk ke pengaturan aplikasi.

BACA JUGA:

Sekarang para pengguna yang memakai aplikasi Google Search versi non-beta (versi 13.40 atau lebih tinggi) dapat menyesuaikan widget langsung dari layar beranda di HP Android.

Seperti Telset kutip dari Gadgets360, Pixel 7 Pro telah menerima pembaruan yang baru-baru ini ditingkatkan ke versi 13.40.7.29. Pada saat bersamaan, Samsung Galaxy S22 Ultra tidak berjalan di versi 13.38.11.26 (setelah update Play Store) sehingga tak mencerminkan kemampuannya.

Mereka yang pakai versi beta aplikasi Google yang diinstal melalui Play Store akan dapat membuat perubahan di beranda karena update ke 13.40.7.29.

Dengan pembaruan, pengguna sekarang dapat menekan lama di widget Google dan langsung masuk ke mode penyesuaian tanpa buka aplikasi Google.

Silakan Anda ketuk gambar profil, lalu Settings> Search widget> Customise widget, kemudian akses pengaturan penyesuaian atau Customisation Settings.

Pembaruan pada dasarnya membawa Anda ke sana dengan menekan lama widget, yang sekarang menampilkan tombol pengaturan (diwakili oleh pensil).

Mengetuknya akan membawa Anda ke menu Customisation, di mana pengguna dapat mengubah logo Google’atau G, bentuk widget, warna batang.

Tombol baru membuatnya jauh lebih mudah untuk mengakses menu penyesuaian widget, terutama smartphone dari produsen lain selain dari Pixel.

BACA JUGA:

Sebab, smartphone Pixel sudah memiliki widget pencarian berbentuk kapsul (tidak bisa disesuaikan) yang tidak dapat dilepas di bagian bawah beranda.

Sebagai tambahan, mesin tema baru Google secara otomatis mengubah warna widget sesuai palet yang dipilih oleh pengguna untuk tema sistem. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0