WhatsApp Tak Bisa Lagi di iPhone 5 dan iPhone 5c Mulai 24 Oktober 2022

Telset.id, Jakarta – WhatsApp sudah mengumumkan akan segera menghentikan dukungan untuk iOS 10 dan 11. Kabar terbaru menyebutkan, layanan WhatsApp tidak akan lagi bisa digunakan untuk perangkat iPhone 5 dan iPhone 5c pada 24 Oktober 2022.

Menurut laporan sebelumnya, WhatsApp sudah memastikan model iPhone yang berjalan di versi iOS 10 atau iOS 11 akan segera berhenti mendapat dukungan layanan WhatsApp.

Kepastian itu pun terkonfirmasi setelah WhatsApp telah memperbarui persyaratannya di halaman FAQ. Dalam pernyataan itu, WhatsApp mengatakan bahwa layanan WhatsApp tak akan bisa diakses di iPhone 5 dan iPhone 5c per 24 Oktober 2022.

BACA JUGA: 

Dengan begitu, pengguna yang masih menggunakan iPhone model lama harus mengupgrade ponsel mereka ke iPhone dengan iOS 12 atau versi yang lebih baru untuk terus bisa menggunakan WhatsApp.

Langkah ini merupakan strategi Apple untuk dapat “memaksa” pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c untuk mengupgrade ke model iPhone yang lebih baru. Apple sudah memastikan tidak akan memberikan update versi iOS baru pada model iPhone ini.

Hal itu menyebabkan pengguna iPhone 5 dan iPhone 5c akan menghadapi masalah karena tidak lagi mendapatkan peningkatan perangkat keras karena praktis tidak mungkin menginstal pembaruan iOS yang akan mendukung WhatsApp.

Namun, untuk pengguna iPhone 5s atau model yang lebih baru dapat memperbarui ke iOS 12 dan terus menerima dukungan WhatsApp.

WhatsApp sendiri telah memperbarui persyaratan di halaman FAQ terkait perubahan itu. Mereka mengingatkan penggunanya, jika masih ingin aplikasi tetap berjalan di perangkat mereka, maka pengguna iPhone harus pembaruan iOS 12 atau yang lebih baru.

Pembatasan ini sebenarnya hal yang lumrah terjadi. Bahkan di platform Android juga membatasi masa waktu update OS. Sebagai perbandingan, WhatsApp saat ini masih mendukung perangkat yang menjalankan Android 4.1, yang juga sudah terhitung “jadul”.

Pembaruan ini seharusnya tak masalah bagi Apple. Statistik mengklaim bahwa 89 persen pengguna iPhone telah pindah ke iOS 15. Selanjutnya, 82 persen dari semua pengguna Apple telah meningkatkan ke iOS 15.

Hanya empat persen pengguna yang menginstal iOS 13 atau versi sebelumnya. Untuk memperbarui iPhone Anda, Telset coba beri tahu cara paling praktis dan efektif.

Di iPhone Anda, bukalah Settings > General > Software Upgrade, kemudian pilih versi iOS yang ingin diinstal. Cukup lakukan itu, silakan Anda melakukan upgrade iOS.

BACA JUGA: 

Meta selaku pemilik WhatsApp belum memberi penjelasan resmi mengenai kabar penghentian dukungan untuk perangkat dengan versi iOS 10 atau iOS 11 per Oktober 2022.

Namun demikian, bagi pengguna iPhone iOS 10 atau iOS 11yang ingin mengecek informasi tersebut, WhatsApp telah memperbarui persyaratan di halaman FAQ. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0